KESEHATAN
19 September 2019

Tidak Hanya Menyakitkan, Ini 5 Bahaya Masker Wajah dari Arang

Menggunakan masker wajah tidak boleh asal ikut-ikutan tren, alih-alih manfaat, yang datang justru segudang bahaya
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Melakukan perawatan diri dengan cara yang mudah atau sederhana adalah hal yang biasa dilakukan semua wanita.

Salah satunya adalah rutinitas untuk kulit wajah yang lebih sehat dan bercahaya. Beberapa yang sering dilakukan adalah penggunaan bahan alami untuk pembuatan masker wajah.

Gretchen Frieling, MD, Ahli Dermatologi dan CEO GFaceMD, mengatakan bahwa sangat mungkin sekali bagi seseorang untuk menyiapkan resep perawatan kulit dengan cepat dari berbagai bahan di lemari es atau dapur.

Mulai dari oat, madu, minyak biji matahari, dan aneka bahan alami lainnya dapat diolah menjadi masker wajah sesuai kebutuhan kulit masing-masing.

Ini adalah bukti bahwa mendapatkan perawatan untuk mempercantik wajah setingkat spa atau salon, tidak selalu membutuhkan bahan kimia.

"Bahan-bahan alami ini adalah bahan dasar yang efektif dan membuat kulit wajah menjadi lebih relax. Namun, penting bagi Anda untuk mengamati kondisi kulit untuk menentukan produk apa yang akan Anda gunakan," ujarnya.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Manfaat dan Resep Masker Tomat untuk Wajah

Tidak terkecuali arang, bahan alami berwarna hitam ini juga suka dijadikan bahan masker wajah oleh beberapa wanita baik yang instan atau buatan sendiri.

Salah satunya karena kemampuan bubuk arang yang bisa menghilangkan atau detoks kotoran dari kulit.

Namun meskipun memiliki banyak manfaat bagi kulit, bahan dasar arang sebagai masker wajah juga memiliki beberapa risiko yang tidak banyak diketahui.

Berikut ini adalah bahaya atau dampak negatif dari penggunaan masker wajah berbahan arang yang wajib Moms ketahui.

1. Melepaskannya Akan Menyakitkan

melepaskan-masker.jpg

Apabila Moms menonton bagaimana para wanita mencoba mengelupas masker wajah berbahan dasar arang yang mereka gunakan, tentu akan terlihat bagaimana masker tersebut sulit dilepas dan menyakitkan.

Dr. Anne Trussell, Pemilik klinik kesehatan kulit Sei Bella Med Spa., mengatakan bahwa apa pun yang baik untuk kulit seseorang, seharusnya tidak akan membuatnya menjadi sakit.

"Seharusnya, tidak ada hal yang menyakitkan disini. Bahkan kulit terkelupas pun tidak akan menimbulkan rasa sakit seperti itu."

2. Menyebabkan Infeksi

infeksi-wajah.jpg

Tidak selalu sesuai yang diharapkan, masker wajah dari arang justru dapar benar-benar membuat kondisi kulit Moms menjadi lebih buruk dan bahkan memunculkan jerawat.

Alih-alih menggunakan masker wajah dari arang, dokter lebih menyarankan masker dan strip jerawat yang diatur Food and Drug Administration (FDA).

"Mungkin berbahaya. Anda dapat benar-benar mengupas lapisan kulit yang berharga karena melakukan hal ini. Masker ini dapat menyebabkan jaringan parut dan infeksi," ujar Dr. Seth Forman, seorang dokter kulit di Tampa, Florida.

Baca Juga: 6 Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah

Bukan hanya kulit dan minyak yang terangkat oleh masker wajah berbahan arang, tetapi Moms juga akan kehilangan bulu halus di wajah seperti rambut vellus tipis dan bulu lainnya yang lebih tebal.

3. Bukan Komedo yang Dihilangkan

comedo.jpg

Apakah Moms tahu sesuatu yang tampak seperti komedo dan ada di hidung Moms? Itu bukanlah komedo seperti yang Moms pikir, melainkan filamen sebaceous yang seharusnya memang ada di sana.

Andy Millward, anggota British Association of Beauty Therapy and Cosmetology sekaligus Ahli Perawatan Kulit, mengatakan bahwa melihat semua 'komedo' yang terangkat itu adalah hal yang menarik.

Sebagian besar yang ditarik itu adalah filamen sebaceous dan benar-benar dibutuhkan oleh kulit serta akan terganti dengan sendirinya dalam waktu 30 hari. Ini adalah proses pada kulit wajah untuk memastikan keseimbangan kulit yang sehat.

"Pori-pori yang tersumbat sama sekali berbeda dengan pori-pori sebum. Selain itu, menggunakan masker wajah dari arang akan membuat kulit cenderung pulih tanpa masalah. Akan tetapi ketika terus digunakan, masker wajah ini akan menghilangkan minyak alami kulit dan mengiritasi kulit. Ini akan menimbulkan masalah kulit sekunder," ujarnya.

4. Infeksi Mata

infeksi-mata.jpg

Jika masker wajah dari arang yang Moms oleskan mengenai mata, maka ini dapat menyebabkan infeksi mata.

Inilah sebabnya mengapa sangat disarankan untuk berhati-hati ketika menggunakan produk berbahan dasar arang untuk wajah serta memastikannya tidak bersentuhan dengan area sensitif seperti mata.

Baca Juga: Gampang Dibuat, Ini 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak

5. Tidak Ada Dukungan Ilmiah

riset-ilmiah.jpg

Banyak berita di mana-mana tentang bagaimana arang bekerja untuk kulit wajah, baik dalam bentuk sabun batang, pembersih, dan masker wajah.

Konon masker wajah arang bisa secara aktif mendetoksifikasi dan membersihkan kulit.

Namun hal ini belum terbukti secara medis dan meskipun manfaatnya mungkin benar berdasarkan pengalaman atau hasil dari pemakainya, itu mungkin masih menimbulkan risiko pada kulit karena tidak 100% didukung oleh ilmu pengetahuan.

(RIE/ERW)

Artikel Terkait