BAYI
2 September 2020

Do and Don’t Saat Bayi Tidur Siang

Pelajari lebih lanjut tentang tidur siang untuk bayi agar Si Kecil memiliki waktu istirahat yang optimal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Biasanya, Moms baru begitu khawatir jika tidur malam bayi terganggu karena sakit, tidak enak badan, atau kolik. Namun, memiliki tidur siang yang baik sama pentingnya dengan tidur malam untuk bayi. Akan tetapi, berapa banyak tidur siang yang dibutuhkan oleh bayi dalam sehari? Jika bayi mulai menangis di tengah-tengah tidurnya, haruskah Moms bergegas masuk?

Tidur siang sangat penting untuk bayi. Menurut Kids Health, tidur siang memberikan peluang untuk pertumbuhan dan peremajaan, yang sangat penting karena banyak perkembangan fisik dan mental terjadi pada anak usia dini. Tidur siang juga mencegah anak-anak menjadi lelah, yang dapat membuatnya lebih sulit tidur di malam hari.

Ketika bayi tidur, Moms juga memiliki waktu untuk beristirahat atau menyelesaikan tugas apa pun di rumah. “Beristirahat membuat orang tua mendapatkan energi yang mereka butuhkan ketika bayi mereka terjaga,” Jodi Mindell, Ph.D., spesialis tidur dan penulis Sleep Deprived No More.

Moms juga disarankan untuk membiarkan bayi tidur siang secara teratur. Mayo Clinic mengatakan bahwa bayi antara usia 4 bulan hingga 1 tahun biasanya perlu setidaknya dua kali sehari (satu di pagi hari dan satu di sore hari). Sebagian besar anak usia 1 tahun ke atas mungkin hanya memerlukan satu tidur siang selama dua hingga tiga jam.

Do and Don't Saat Bayi Tidur Siang

Ini lah beberapa hal yang harus dan jangan dilakukan saat bayi tidur siang:

Do, Lakukan Ini

Do and Don’t Saat Bayi Tidur Siang -1

Foto: Orami Photo Stock

  • Membuat rutinitas sebelum tidur siang. Ini dapat membantu Si Kecil mendapatkan waktu tidur yang optimal. Kim West, penulis pendamping The Sleep Lady's Good Night, Sleep Tight menyarankan melakukan kegiatan santai seperti memijat, membacakan buku, dan membuat lingkungan yang rileks seperti mematikan lampu atau menggunakan mesin white-noise.
  • Letakkan bayi dengan posisi tidur terlentang. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan posisi ini karena mengurangi risiko SIDS (sindrom kematian bayi mendadak). Hal ini harus Moms lakukan pada bayi saat tidur siang atau malam.
  • Gunakanlah pakaian yang nyaman. Tangan dan kakinya harus lebih dingin daripada bagian tengah tubuhnya. Pertahankan kamar bayi sekitar 70 derajat di siang hari dan 60 derajat di malam hari.
  • Ciptakan lingkungan yang gelap. Ketika bayi berusia antara 3 dan 6 bulan, jam internal tubuhnya mulai merespons terang dan gelap.

Don’t, Jangan Lakukan Ini

Do and Don’t Saat Bayi Tidur Siang -2

Foto:

  • Jangan membangunkan bayi sebelum waktunya. Ketika bayi berada di tengah-tengah tidurnya, cobalah untuk tidak membangunkannya. Kecuali jika ada situasi di mana Moms benar-benar harus membangunkannya. Misalnya, jika bayi sudah tidur beberapa jam sejak terakhir makan atau jika hampir tidur satu jam lebih banyak daripada waktu biasa. Konsultan tidur, Donna McLachlan mengatakan, ketika bayi tidur siang berlebihan, akan dapat berdampak pada kualitas tidur di malam hari. “Untuk menghindari hal itu, cobalah konsisten dengan jadwal tidur siang harian bayi,” jelasnya.
  • Jangan biarkan bayi terbiasa digoyang-goyang, dipegang, atau disusui untuk tidur. Banyak Moms mendapati bahwa bayi tertidur lebih cepat ketika diayun, dipeluk, atau disusui. Namun, hal ini dapat menyebabkan bayi tidak dapat tertidur jika hal tersebut tidak dilakukan padanya.
  • Jangan segera menenangkan bayi yang terbangun saat tidur siang. Moms mungkin akan mendengarnya rewel setelah tertidur sebentar. Para ahli merekomendasikan untuk tidak segera bergegas menenagkan. "Anda harus memberi anak kesempatan belajar tidur sendiri," kata Jodi Mindell, Ph.D., spesialis tidur di Children's Hospital of Philadelphia.
  • Jangan biarkan bayi tidur di kursi mobil. Posisi kursi mobil tidak nyaman untuk bayi, yang akhirnya bayi tidak memilii waktu tidur siang yang berkualitas. Perhatikan juga bahwa jok mobil bukan pengganti bassinet atau buaian. Pada Mei 2019, American Academy of Pediatrics (AAP) telah menerbitkan sebuah studi yang menemukan bahwa antara tahun 2004 dan 2014, 3% bayi meninggal saat tidur di perangkat duduk, dengan 63% dari kematian ini terjadi di kursi mobil.

Biarkan bayi tidur siang dengan nyaman agar memenuhi kebutuhan waktu tidurnya dalam sehari.

4 Manfaat Luar Biasa Bayi Tidur Siang

Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Namun sampai sekarang tidak banyak orang tua yang mengetahui hubungan antara tidur dengan tingkat pertumbuhan serta perkembangan selama tahun pertama kehidupan bayi.

Orang tua hanya memastikan bahwa bayi tidur malam dan bayi tidur siang selalu teratur sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Nah, dari sekian banyak manfaat tidur untuk bayi, ternyata manfaat bayi tidur siang sangat luar biasa lho Moms.

Salah satu manfaat dari kebiasaan bayi tidur siang adalah membantu meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat bayi.

1. Tidur Siang Membantu Perkembangan Memori Bayi

tidur siang dapat tingkatkan daya ingat bayi 1

Foto: parenting.firstcry.com

Pada sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti Universitas Sheffield dan Universitas Ruhr Bochum Jerman, menemukan bahwa gagasan ‘tidur seperti bayi’ sangat penting dalam konsolidasi memori deklaratif, seperti mempertahankan fakta, peristiwa, dan pengetahuan.

Penelitian yang diterbitkan Proceeding National Academy of Sciences Amerika Serikat (PNAS), menunjukkan bahwa bayi dalam kategori usia 6-12 bulan yang tidur siang setelah mendapatkan stimulasi dapat mengingat tindakan, informasi dan perilaku baru dengan lebih baik dibandingkan bayi yang tidak tidur siang.

Setelah dilakukan penundaan 24 jam, bayi dalam kelompok tidur siang juga menunjukkan daya ingat yang lebih baik dibandingkan bayi dalam kelompok tidak tidur siang.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Tidur Anak dan Cara Menanganinya

2. Tidur Siang Berhubungan dengan Kemampuan Kognitif dan Pertumbuhan Bayi

tidur siang dapat tingkatkan daya ingat bayi 2

Foto: momjunction.com

Sebuah studi yang dilakukan Lukowski dan Milojevich menunjukkan bahwa variasi normatif dalam kebiasaan tidur bayi sehari-hari sebelum stimulasi bisa memengaruhi memori dari informasi yang dipelajari.

Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan laporan dari orang tua 25 bayi berusia 10 bulan selama 1 minggu sebelum sesi penelitian.

Selanjutnya, selama penelitian, bayi-bayi tersebut disuguhi 6 langkah objek-aksi peristiwa dengan narasi. Daya ingat umum dan kemampuan mengingat kembali diuji setelah 2 jam penundaan.

Hasilnya, bayi yang lebih sering terbangun pada malam hari memiliki daya ingat yang lebih buruk dalam generalisasi memori. Sementara bayi dengan durasi tidur siang yang lebih lama memiliki daya ingat yang lebih baik.

3. Tidur Siang Membantu Tubuh dan Pikiran Bayi Beristirahat

tidur siang dapat tingkatkan daya ingat bayi 3

Foto: arizonababyservices.com

Rebecca Michi, konsultan tidur anak di Inggris mengatakan bahwa bayi membutuhkan lebih banyak tidur dibandingkan orang dewasa.

Selama tidur, tubuh dan otak bayi mengalami perubahan perkembangan yang besar, sehingga tanpa tidur yang cukup bayi menjadi kelelahan.

Bayi tidur siang juga membantu mereka beristirahat dan mengisi ulang energinya untuk stimulasi atau aktivitas selanjutnya.

Setelah bayi tidur siang yang menyegarkan, ia akan menyimpan informasi dengan lebih baik. Maka dari itu memastikan bayi mendapatkan istirahat yang cukup adalah hal yang sangat penting.

Baca Juga: Bayi Tidur Siang, Perhatikan 3 Hal yang Dilarang Berikut Ini

4. Berapa Lama Tidur Siang yang Bermanfaat Bagi Perkembangan Daya Ingat Bayi?

tidur siang dapat tingkatkan daya ingat bayi 4

Foto: ameliahunter.com

Moms hanya perlu menyesuaikannya dengan kebiasaan bayi tidur siang. Umumnya, kurang dari 1 jam masih belum cukup, tetapi jika Si Kecil terbangun dengan ceria dan aktif, maka tidak masalah.

Perhatikan tanda-tanda yang ditunjukkan Si Kecil sebelum tidur. Jika bayi cepat lelah setelah tidur siang pertamanya, bisa jadi ia bangun terlalu cepat.

Itulah Moms, Do and Don't bayi tidur siang dan manfaatnya, semoga bisa tercerahkan ya, Moms!

Artikel Terkait