3-12 BULAN
12 Oktober 2019

Bayi Tumbuh Gigi atau Sakit? Ini Cara Membedakannya

Lakukan penelitian kecil-kecilan pada gejala yang ditunjukkan bayi
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat bayi mulai menunjukkan kemampuannya, Moms pasti merasa senang sekali. Melihat bayi mulai mengangkat kepalanya, berguling sendiri, duduk, atau bahkan saat dia bertepuk tangan sambil tertawa.

Namun, tidak semua hal yang terjadi pada Si Kecil adalah sesuatu yang menyenangkan saja.

Salah satunya adalah saat bayi tumbuh gigi. Ini akan menjadi tantangan untuk Moms di awal-awal tumbuh kembang bayi. Si Kecil yang biasanya anteng, berubah menjadi rewel, dan tidak menunjukkan rasa nyaman.

Momen bayi tumbuh gigi biasanya terjadi saat Si Kecil berusia sekitar 6 bulan. Kekebalan yang mereka dapatkan dari dalam rahim mulai berkurang.

Namun karena gejala yang diperlihatkan menunjukkan kemiripan, apakah Moms bisa membedakan saat bayi tumbuh gigi atau sedang sakit? Agar Moms tidak salah saat mengantisipasi dan mengobatinya, intip perbedaannya yuk!

Baca Juga: Yuk Kenali 3 Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak!

Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Si Kecil Sakit Atau Tumbuh Gigi Ini Cara Membedakannya -1.jpg

Foto: momjunction.com

Saat bayi tumbuh gigi, dia akan menunjukkan beberapa tanda. Berikut daftarnya.

1. Lebih Rewel dari Biasanya

Bayi tumbuh gigi biasanya menginginkan rasa nyaman, seperti ingin lebih sering dipeluk atau dihibur.

2. Lebih Banyak Memproduksi Air Liur

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, lebih dari separuh bayi tumbuh gigi meneteskan air liur lebih sering. Terkadang air liur tersebut menyebabkan ruam pada dagu, pipi, dan leher.

3. Lebih Sering Mengigit Sesuatu

Ini adalah gejala bayi tumbuh gigi yang paling sering terjadi. Karena gusinya membengkak, bayi membutuhkan sesuatu untuk menghilankan rasa ‘gatal’ pada gusinya. Moms akan lebih sering melihat Si Kecil menggosok gusi atau pipinya.

Michael McKenna, M.D., seorang dokter anak di Indiana University School of Medicine menjelaskan, bagi kebanyakan bayi, terapi nonmedisinal akan menjadi pilihan. “Misalnya dengan mengunyah waslap dingin, teether beku, dan barang-barang semacam itu cukup untuk meringankan rasa sakit,” kata dia.

4. Suhu Tubuh yang Sedikit Meningkat

Demam sering dikaitkan dengan tumbuh gigi, tetapi ternyata tidak benar. Dalam sebuah penelitian 2011, para peneliti Brasil menemukan bahwa bayi mengalami sedikit peningkatan suhu pada hari mulai keluar dari gusi dan sehari sebelumnya. Tetapi hanya hangat saja, karena tidak melewati batas 38 derajat.

5. Kurang Tertarik pada Makanan Padat

Saat bayi tumbuh gigi, hal ini sering terjadi. Tapi Moms tak perlu khawatir jika Si Kecil masih mau minum banyak ASI atau susu formula.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Bayi Tumbuh Gigi

Tanda Bayi Sakit

Si Kecil Sakit Atau Tumbuh Gigi Ini Cara Membedakannya -2.jpg

Foto: istock.com

Berbeda dengan sedang tumbuh gigi, Si Kecil akan menunjukkan tanda-tanda berikut saat tubuhnya sedang sakit.

1. Sangat Rewel

Moms sampai tidak bisa menghiburnya untuk menghentikan tangisannya. Moms dibuat serba salah karena tidak bisa memenuhi keinginannya.

2. Mengalami Demam Tinggi

Jika suhu bayi tetap atau lebih tinggi dari 38 derajat, bisa dipastikan bayi mengalami demam. Megan Chin, D.S, seorang dokter gigi anak di Rumah Sakit Mount Sinai, di New York City mengatakan, jika bayi memiliki suhu tinggi, cepat marah, makan berkurang, tidur meningkat, atau gejala lain seperti muntah, batuk, atau ruam, kecil kemungkinannya tumbuh gigi adalah penyebabnya.

3. Tidak Memiliki Selera untuk Makanan Padat atau Cair

Beberapa bayi menghindari makanan padat saat bayi tumbuh gigi. Tetapi jika Si Kecil mulai menolak untuk menyusui atau minum susu formula, Moms harus segera menghubungi dokter.

4. Hidung Meler, Batuk, Muntah, atau Diare

Tidak ada bukti bahwa tumbuh gigi menyebabkan masalah ini.

5. Memiliki Ruam yang Tidak Hanya di Wajah

Saat bayi tumbuh gigi biasanya menyebabkan ruam di sekitar mulut. Tetapi jika Moms menemukan ruam di anggota tubuh yang lain, bisa jadi itu tanda penyakit lain.

6. Gejala Berlanjut selama Lebih dari Beberapa Hari

“Jika Anda merasa bayi Anda membutuhkan sesuatu yang lebih, Anda harus berdiskusi dengan dokter Anda. Sesuatu yang lebih dari sekadar tumbuh gigi mungkin sedang terjadi,” tambah Michael.

Baca Juga: Mengenal Natal Teeth, Kondisi Bayi Baru Lahir yang Sudah Tumbuh Gigi

Jika Si Kecil mulai menunjukkan gejal-gejala tersebut, ada baiknya Moms lebih teliti dan membedakan antara bayi tumbuh gigi atau sedang sakit.

Ini akan menentukan langkah apa yang harus Moms lakukan agar Si Kecil merasa baikan dan melewati perasaan sakitnya dengan lebih nyaman.

(FAR)

Artikel Terkait