RESEP
16 Juli 2019

Beda Arti, Ini Penjelasan Tanggal-Tanggal di Label Kemasan Makanan!

Jangan sampai Moms membeli bahan makanan yang sudah kedaluwarsa ya.
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat Moms melakukan belanja bulanan, baik di supermarket besar maupun kecil, hal yang pertama kali kita inginkan pasti bahan makanan yang segar dan masih bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Tidak semua makanan yang ada di supermarket merupakan makanan yang segar lho Moms. Terkadang ada juga bahan makanan yang sudah kedaluarsa, namun lupa ditarik dan tetap diletakkan pada lemari produk makanan yang dijual.

Di sinilah fungsi berbagai tanggalan pada kemasan makanan yang sering kita temui. Makanya sebelum membeli, Moms harus jeli memperhatikan apakah makanan tersebut masih baik untuk dikonsumsi atau tidak.

Namun biasa tanggalan ini sangat banyak sehingga kita jadi bingung apa beda dan kegunaan masing-masing tanggal di label kemasan makanan ini. Supaya tidak bingung, yuk kita cari tahu kegunaan dari masing-masing penanggalan ini Moms.

Baca Juga: 3 Bahan Makanan Simpel Ini Ternyata Sehat dan Bergizi

1. Best Before

Best Before - Beda Arti, Ini Penjelasan Tanggal-Tanggal di Label Kemasan Makanan! 01.jpg

Foto: dailymail.uk

Tanggalan best before atau dalam bahasa Indonesianya "baik digunakan sebelum" menunjukkan berapa waktu barang atau makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi/digunakan, sebelum tanggal yang tercantum pada kemasan.

Namun bila tanggal di label kemasan makanan sudah terlewat jauh, sebaiknya produk tersebut tidak digunakan/dikonsumsi. Contoh produk yang sering menggunakan best before adalah makanan ringan, perlengkapan mandi, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

2. Sell By Date

Beda Arti, Ini Penjelasan Tanggal-Tanggal di Label Kemasan Makanan! 02.jpg

Foto: times.postech.ac.kr

Tanggal pada kemasan yang bertuliskan sell by date bertujuan untuk memberitahu pada konsumen tanggal terakhir suatu barang direkomendasikan untuk dijual.

Jadi walaupun telah melewati tanggal tersebut, produk masih memungkinkan untuk disimpan dan tetap bisa digunakan di rumah.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Waktu Kedaluarsa Alat KB IUD, Fatal Akibatnya pada Organ Reproduksi

3. Use by Date

Use By Date - Beda Arti, Ini Penjelasan Tanggal-Tanggal di Label Kemasan Makanan! 03.jpg

Foto: liberaldictionary.com

Tulisan use by date pada tanggal di label kemasan makanan memberitahukan tentang keamanan suatu produk. Kode ini menunjukan batas waktu maksimal produk tersebut dapat dikonsumsi.

Jika lebih dari tanggal yang tercantum, maka produk itu sudah tidak aman bagi tubuh. Jadi begitu sudah melewati batas, jangan memakan produk tersebut, buang saja langsung ke tong sampah.

4. Production Date

Production Date - Beda Arti, Ini Penjelasan Tanggal-Tanggal di Label Kemasan Makanan! 04.jpg

Foto: inspection.gc.ca

Production date atau tanggal produksi merupakan tanggal/bulan yang menunjukkan waktu barang tersebut diproduksi.

Umumnya pada kemasan produk akan disebutkan berapa bulan/tahun barang tersebut boleh digunakan. Contoh dari production date adalah mie instan yang menyebutkan "Gunakan 2 tahun setelah tanggal produksi”.

Baca Juga: Yuk, Pahami Istilah Pada Label Kemasan Makanan Anak

5. Manufactured by

Manufacture Date - Beda Arti, Ini Penjelasan Tanggal-Tanggal di Label Kemasan Makanan! 05.jpg

Foto: scoopwhoop.com

Biasanya disingkat dengan kode P/M atau MFD/MFG. Tanggal di label kemasan makanan ini menunjukkan tanggal berapa produk tersebut dibuat di pabrik. Misalnya di kemasan tertera MFD 010219, itu berarti barang tersebut diproduksi tepat pada tanggal 1 Februari 2019.

6. Pack Date

Packaging Date - Beda Arti, Ini Penjelasan Tanggal-Tanggal di Label Kemasan Makanan! 06.jpg

Foto: food.unl.edu

Biasa tulisan tanggal ini akan ditemukan pada kemasan kardus telur, terutama yang dijual di supermarket. Kode ini bertujuan untuk memberitahu pada pembeli seberapa segar telur tersebut. Namun, pengkodean ini masih belum banyak digunakan di Indonesia.

Itu dia Moms beberapa penjelasan mengenai tanggal di label kemasan makanan yang biasa kita temui. Dengan ini semoga Moms terbantu dan tidak bingung lagi ya.

(AWD)

Artikel Terkait