PROGRAM HAMIL
21 Juni 2019

Benarkah Gondongan pada Pria Bikin Mandul?

Menurut dokter kandungan, kemandulan bisa diperiksa dengan analisis sperma
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Gondongan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang memengaruhi kelenjar air liur yang terletak di dekat telinga. Gondong dapat menyebabkan pembengkakan di salah satu atau kedua kelenjar.

Gondongan mudah menyebar melalui air liur yang terinfeksi. Jika tidak memiliki kekebalan tubuh yang baik, Moms bisa terkena gondong dengan menghirup tetesan air liur dari orang yang terinfeksi yang baru saja bersin atau batuk.

Bahkan, gondongan juga bisa didapatkan dari berbagi peralatan makan atau cangkir dengan seseorang yang memiliki gondongan.

Gejala Gondongan

pria gondongan.jpg

Foto: abcotvs.com

Beberapa orang yang terinfeksi virus gondongan tidak memiliki tanda atau gejala, atau gejala yang terjadi sangat ringan. Ketika tanda dan gejalanya berkembang, biasanya muncul sekitar 2-3 minggu setelah seseorang terpapar virus.

Mengutip dari Mayo Clinic, tanda dan gejala lain dari gondongan bisa termasuk:

  • Nyeri pada kelenjar ludah yang membengkak di satu atau kedua sisi wajah
  • Nyeri saat mengunyah atau menelan
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Tubuh lemah dan lelah
  • Kehilangan selera makan

Baca Juga: Mengenal Virus Gondongan dan 5 Komplikasi Serius yang Dapat Terjadi

Gondongan pada Pria Bisa Sebabkan Kemandulan?

orchitis.jpg

Gondongan pada pria ternyata memang cukup emmengaruhi kesuburan. Komplikasi gondongan jarang terjadi, tetapi beberapa bisa berpotensi serius.

Kebanyakan komplikasi melibatkan peradangan dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, salah satunya pada testis. Kondisi ini, dikenal sebagai orkitis, menyebabkan satu atau kedua testis membengkak pada pria yang telah mencapai pubertas.

"Gondongan adalah penyakit infeksi kelenjar ludah oleh Virus Paramyxovirus, dan ada risiko 15-20 persen dari virus tersebut juga menyerang testis, menyebabkan orchitis," jelas dr Bram Pradipta, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan di Rumah Sakit Gading Pluit dan Rumah Sakit Umum Daerah Koja.

Namun, risiko kemandulan pada pria yang mengalami gondong di bagian testis kecil dan biasanya terjadi pada pria yang kurang gizi, atau penanganan terhadap gondongan yang kurang baik.

"Gondongan memang menyebabkan komplikasi pada testis, tetapi kemungkinannya kecil dan biasanya terjadi pada orang yang kurang Gizi atau gondongannya tidak diurus dengan baik," jelas dr Achmad Mediana, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kemang Medical Care, Jakarta.

Baca Juga: Ternyata Ini 3 Penyebab Testis Anak Besarnya Tidak Sama

Faktor Penyebab Kemandulan pada Pria

pria mandul.jpg

Gondongan pada pria memang memengaruhi kesuburan. Tapi, masih ada faktor lain yang juga memengaruhi kesuburan selain gondongan pada pria.

Menurut dr Bram, ada beberapa penyakit tertentu yang bisa menyebabkan kemandulan pada pria. Berikut daftarnya!

1. Gangguan Hormon

"Gangguan hormon akan mempengaruhi proses pembentukan sperma. Gangguan fungsi tiroid dapat menyebabkan penurunan kualitas sperma, selain itu tingginya hormon prolaktin juga bisa menyebabkan jumlah sperma berkurang. Permasalahan pada kelenjar hipofisis juga akan menyebabkan jumlah dan kualitas sperma serta libido turun," jelas dr Bram.

2. Gangguan Anatomis

"Gangguan saluran di daerah testis seperti vasdeferen yang mengalami sumbatan juga bisa menimbulkan masalah transportasi sperma. Permasalahan lainnya yaitu apabila ada pelebaran pembuluh darah seperti varikokel di daerah buah zakar," tambah dr Bram.

3. Gaya Hidup Buruk

Tak hanya gangguan pada hormon dan anatomis, penyebab kemandulan pada pria juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan juga kesehatan psikologis.

"(Penyakit yang menyebabkan mandul) permasalahan psikologis seperti stress, juga gaya hidup yang buruk seperti minum alkohol, dan merokok," jelas dr Bram.

Dr Bram menambahkan, untuk mengetahui bila pria memiliki potensi kemandulan hanya bisa dilakukan pemeriksaan analisis sperma.

"Kualitas dan kuantitas sperma hanya bisa dianalisis dengan melakukan pemeriksaan analisis sperma," tutup dr Bram.

Baca Juga: Ini Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Kesuburan

Itulah beberapa hal yang perlu Moms dan Dads ketahui tentang gondongan dan dampaknya pada kesuburan pria. Semoga bermanfaat ya!

Artikel Terkait