KESEHATAN
1 Juni 2020

Benjolan Mana yang Perlu Dicurigai sebagai Kanker Payudara?

Coba kita cari tahu yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Rasa sakit yang menyengat di bagian payudara kita, yang disertai dengan sedikit rasa nyeri, mungkin membuat Moms bertanya-tanya apakah ini berarti sesuatu hal yang serius? Terlebih lagi jika disertai dengan benjolan.

Bagi para wanita, benjolan payudara seringkali merupakan hal pertama yang mengundang tanda tanya dan ingin segera dikonsultasikan dengan dokter karena khawatir akan kanker payudara.

Baca Juga: Selain Kemoterapi, Inilah Pengobatan Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan

Meskipun kanker payudara umumnya tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, deteksi yang tepat waktu dapat menyelamatkan penderita kanker payudara dari akhir yang buruk. Nah, biasanya tahap awal kanker payudara adalah berupa benjolan. Seperti apa benjolan yang dimaksud?

Benjolan Pertanda Kanker Payudara

benjolan kanker payudara

Foto: Orami Photo Stock

“Benjolan yang perlu dicurigai sebagai suatu keganasan payudara adalah apabila benjolan tersebut tidak menghilang atau ukurannya semakin lama semakin bertambah besar,” jelas dr. Kristina Maria Siswiandari, Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Onkologi RS Pondok Indah – Puri Indah.

Dokter menambahkan bahwa selain itu, apabila benjolan pada payudara tersebut ketika diraba keras seperti kayu, lalu timbul kelainan-kelainan pada kulit di atas benjolan, hingga sampai menjadi borok, serta apabila terdapat benjolan pula di ketiak atau di area leher, maka bisa jadi adalah kanker payudara.

Meskipun sebagian besar benjolan payudara datang dengan kondisi yang tidak terlalu parah, namun benjolan baru yang tidak nyeri atau sakit, masih memiliki kemungkinan sebagai gejala paling umum dari kanker payudara.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Gejala Kanker Payudara pada Perempuan

Menurut jurnal Cancer Epidemiology, benjolan payudara adalah gejala presentasi paling umum di antara para wanita yang mengidap kanker payudara dan memiliki kemungkinan tinggi untuk berkembang menjadi ganas.

Apakah Benjolan saat Menstruasi Itu Kanker Payudara?

benjolan kanker payudara

Foto: Orami Photo Stock

Selama siklus menstruasi bulanan normal, beberapa wanita akan mengalami perubahan payudara fibrokistik.

Hal ini berarti bahwa mereka memiliki benjolan di kedua payudara yang ukuran dan kelembutannya meningkat sebelum menstruasi. Benjolan ini adalah jaringan payudara normal atau kista yang telah membesar atau teriritasi sebagai respons terhadap perubahan hormon kita

Namun jika Moms khawatir jika itu adalah kanker payudara bisa dilakukan pemeriksaan. Untuk memastikan benjolan tersebut diperlukan beberapa tahap.

Baca Juga: Apa Pengaruh Stres Terhadap Siklus Menstruasi?

“Tahap pertama adalah pemeriksaan fisik, lalu diikuti oleh tahap kedua pemeriksaan radiologi, dan terakhir pemeriksaan patologi,” terang dr. Kristina.

Menurutnya bila dirasa ada benjolan payudara yang mengkhawatirkan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis bedah konsultan bedah onkologi.

Jadi jangan khawatir dan segera periksakan diri jika Moms merasa perlu ya!

Artikel Terkait