KESEHATAN
31 Maret 2020

7 Bentuk Payudara Wanita, Tidak Selalu Sama!

Mengetahui bentuk payudara penting dilakukan agar dapat menemukan bentuk bra yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Bentuk dan ukuran payudara wanita nyatanya berbeda-beda. Pernahkah Moms menyadari hal tersebut?

Tentunya bentuk payudara ini akan berkaitan tentang bra yang akan dipakai. Jangan sampai salah memilih bra karena bisa memengaruhi kesehatan dan postur tubuh Moms sendiri.

Berbicara tentang bentuk payudara, mungkin Moms sering merasa tidak percaya diri dengan bentuk yang dianggap tidak ideal.

Padahal, setiap wanita mempunyai keunikannya masing-masing. Nah, temukan bentuk payudara Moms dari ulasan berikut ini, ya!

Baca Juga: Olahraga Bantu Jaga Kesehatan Payudara, Ini Buktinya!

Benarkah Bentuk Payudara Tidak Sejajar?

7 Bentuk Payudara Wanita-1.jpg

Foto: wellandgood.com

Pertanyaan ini pasti kerap Moms tanyakan pada diri sendiri setiap kali berkaca. Bentuk payudara yang berbeda satu dengan yang lainnya, apakah normal?

Nah, ternyata bentuk payudara yang asimetri antara kiri dan kanan memang normal terjadi. Banyak faktor yang turut berperan, seperti genetik, berat badan, aktivitas, dan pola makan sehari-hari.

“Hampir tidak ada wanita yang memiliki payudara simetris sempurna. Jika keduanya bisa mirip, maka kemungkinan besar itu berkat operasi plastik,” ungkap Dr. Mary Jane Minkin, profesor kebidanan dan ginekologi di Yale School of Medicine.

Namun, Moms wajib waspada ketika bentuk asimetri baru-baru terjadi, seperti peningkatan atau penurunan volume payudara secara tiba-tiba.

Jika disertai dengan gejala lain, seperti retraksi kulit, perubahan warna payudara, dan terdapat benjolan, maka ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter, ya, Moms!

Baca Juga: Patut Dicoba, Ini 4 Pose Yoga yang Dapat Mengencangkan Payudara

Bentuk-bentuk Payudara Wanita

7 Bentuk Payudara Wanita-3.jpg

foto: seventeen.com

Ukuran dan bentuk payudara wanita dapat berbeda setiap orang. Bahkan, payudara sebelah kiri dapat berbeda dengan payudara kanan.

Namun, umumnya bentuk-bentuk payudara bisa dijelaskan sebagai berikut:

  1. Bulat: Payudara sama penuh di bagian atas dan di bawah.
  2. Atletik: Payudara yang terlihat lebih lebar, lebih berotot, dan memiliki lebih sedikit jaringan.
  3. Lonceng: Payudara berbentuk seperti lonceng yaitu penuh di bagian bawah dan lebih ramping di bagian atas.
  4. East West: Puting payudara mengarah ke arah yang berlawanan. Bentuk push-up bra yang sangat membantu untuk menyatukan payudara ke bagian depan dada Moms.
  5. Ramping: Bentuk payudara ramping ini bukan berarti ukurannya kecil. Namun, payudara berada di sisi yang lebih tipis dan sebaiknya pilih bra yang mampu mengangkat payudara lebih ke tengah.
  6. Side Set: Nah, bentuk ini mirip dengan east west, namun ruang di antara payudara jauh lebih besar.
  7. Rileks: Bentuk payudara ini biasanya menggantung ke bawah dan memiliki jaringan yang longgar. Pastikan Moms menjaga agar pakaian atau bra yang dipakai dapat mengangkat dan memperjelas bentuk payudara.

Jadi, tidak perlu gelisah ketika bentuk payudara tidak bulat sempurna, karena ternyata bentuknya bisa berbeda-beda.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Body Image pada tahun ini mengungkapkan, banyak wanita yang memiliki tingkat harga diri dan kebahagiaan lebih rendah karena tidak puas dengan bentuk dan ukuran payudaranya.

Hal ini akhirnya berkaitan dengan banyaknya wanita yang melakukan perubahan bentuk dan ukuran payudara seperti yang diinginkan.

Baca Juga: Cegah Payudara Kendur dengan 5 Cara Ini

Moms, sebaiknya pahami bahwa menjaga kesehatan payudara akan jauh lebih penting daripada hanya memikirkan bentuk yang ideal.

Setiap wanita punya bentuk payudara yang berbeda-beda. Nah, temukan ukuran bra yang tepat agar bentuk payudara dapat tetap baik.

Selain itu, selalu jaga kesehatan payudara dengan rutin berolahraga dan pola makan yang tepat. Dengan begitu, Moms bisa lebih percaya diri dengan tubuh yang sudah dimiliki.

Artikel Terkait