KESEHATAN
19 November 2020

9 Bentuk Payudara Wanita, Tidak Selalu Sama!

Mengetahui bentuk payudara penting dilakukan agar dapat menemukan bentuk bra yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Bentuk dan ukuran payudara wanita nyatanya berbeda-beda. Pernahkah Moms menyadari hal tersebut?

Tentunya bentuk payudara ini akan berkaitan tentang bra yang akan dipakai. Jangan sampai salah memilih bra karena bisa memengaruhi kesehatan dan postur tubuh Moms sendiri.

Berbicara tentang bentuk payudara, mungkin Moms sering merasa tidak percaya diri dengan bentuk yang dianggap tidak ideal.

Padahal, setiap wanita mempunyai keunikannya masing-masing. Nah, temukan bentuk payudara Moms dari ulasan berikut ini, ya!

Baca Juga: Olahraga Bantu Jaga Kesehatan Payudara, Ini Buktinya!

Benarkah Bentuk Payudara Tidak Sejajar?

7 Bentuk Payudara Wanita-1.jpg

Foto: wellandgood.com

Pertanyaan ini pasti kerap Moms tanyakan pada diri sendiri setiap kali berkaca. Bentuk payudara yang berbeda satu dengan yang lainnya, apakah normal?

Nah, ternyata bentuk payudara yang asimetri antara kiri dan kanan memang normal terjadi. Banyak faktor yang turut berperan, seperti genetik, berat badan, aktivitas, dan pola makan sehari-hari.

“Hampir tidak ada wanita yang memiliki payudara simetris sempurna. Jika keduanya bisa mirip, maka kemungkinan besar itu berkat operasi plastik,” ungkap Dr. Mary Jane Minkin, profesor kebidanan dan ginekologi di Yale School of Medicine.

Namun, Moms wajib waspada ketika bentuk asimetri baru-baru terjadi, seperti peningkatan atau penurunan volume payudara secara tiba-tiba.

Jika disertai dengan gejala lain, seperti retraksi kulit, perubahan warna payudara, dan terdapat benjolan, maka ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter, ya, Moms!

Baca Juga: Patut Dicoba, Ini 4 Pose Yoga yang Dapat Mengencangkan Payudara

Apa Saja Ragam Bentuk Payudara Wanita?

7 Bentuk Payudara Wanita-3.jpg

foto: seventeen.com

Ukuran dan bentuk payudara wanita dapat berbeda setiap orang. Bahkan, payudara sebelah kiri ukurannya pun dapat berbeda dengan payudara di sebelah kanan. Namun, umumnya bentuk-bentuk payudara wanita bisa dijelaskan sebagai berikut.

1. Bentuk Bulat

Seperti yang Moms duga, payudara bulat adalah tipe yang sepenuhnya melingkar, dan sama di bagian atas dan bawah payudara. Beruntung bagi Moms yang memiliki bentuk payudara ini, karena cocok untuk hampir semua model bra dengan bentuk payudara ini.

2. Bentuk Atletik

Jika Moms bertanya-tanya tentang maksud jenis payudara ini, Moms tidak harus menjadi atlet yang hebat untuk memiliki payudara atletis. Payudara ini lebih lebar, lebih berotot, dan memiliki lebih sedikit jaringan.

Bra nirkabel sangat cocok untuk payudara yang lebih lebar, karena akan memberikan kenyamanan dan dukungan! Payudara yang terlihat lebih lebar, lebih berotot, dan memiliki lebih sedikit jaringan.

3. Bentuk Lonceng

Payudara berbentuk lonceng lebih tipis di bagian atas dan lebih penuh di bagian bawah. Tidak mengherankan, mereka terlihat seperti lonceng! Bra T-shirt yang nyaman dan dapat diangkat akan bekerja paling baik untuk bentuk tubuh Moms.

4. Bentuk East West

Jika puting payudara Moms mengarah ke arah luar yang berlawanan, maka mungkin memiliki bentuk payudara east west. Moms direkomendasikan memakai bra push-up, karena bra ini akan membantu mengumpulkan payudara ke depan dada, tidak mengarah ke arah yang berlawanan.

Baca Juga: Cegah Payudara Kendur dengan 5 Cara Ini

5. Bentuk Ramping

Memiliki bentuk yang ramping bukan berarti Moms memakai ukuran cup yang lebih kecil. Ini hanya berarti bahwa payudara Moms lebih tipis, mungkin tidak memenuhi seluruh dada.

Bra dengan bagian dalam dapat membantu mengumpulkan payudara Moms ke arah tengah agar terlihat lebih penuh.

6. Bentuk Side Set

Payudara Moms bisa masuk dalam kategori side set jika memiliki sedikit ruang di antara payudara kita. Bra depan dekat, yang diikat di depan akan ideal untuk jenis payudara Anda!

7. Bentuk Rileks

Bentuk payudara ini biasanya menggantung ke bawah dan memiliki jaringan yang longgar. Meskipun T-shirt atau bra push-up pasti akan membuat payudara Moms sedikit terangkat, tidak masalah untuk merangkul payudara apa adanya.

Pastikan Moms menjaga agar pakaian atau bra yang dipakai dapat mengangkat dan memperjelas bentuk payudara.

8. Bentuk Tear Drop

Mirip dengan payudara bulat, bentuk tetesan air mata melingkar, tetapi payudara Moms akan sedikit kurang penuh di bagian atas. Moms juga bisa menggunakan bra dengan gaya apa pun jika memiliki tipe payudara ini!

Baca Juga: Puting Payudara Gatal, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

9. Bentuk Asimetris

Ini mengacu pada set payudara yang salah satunya lebih besar (atau lebih kecil) dari yang lain. Bra push-up dengan bantalan yang bisa dilepas mungkin akan bekerja paling baik, karena Moms bisa meratakan payudara dengan melepas atau menambahkan bantalan.

Baca Juga: Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

Apa yang Menentukan Bentuk Payudara?

bentuk payudara

Foto: Orami Photo Stock

Setelah Moms mengidentifikasi bentuknya, Moms mungkin bertanya-tanya: Bagaimana payudara kita bisa menjadi bentuk itu? Beberapa faktor dapat menentukan mengapa payudara kita seperti ini.

Genetika memiliki suara terbesar, sejauh ini. Menurut jurnal U.S. National Library of Medicine, gen Moms memengaruhi kepadatan payudara, jaringan, ukuran, dan lainnya dari. Faktor lain yang membentuk payudara meliputi:

  • Bobot. Lemak adalah bagian besar dari jaringan dan kepadatan payudara kita, jadi Moms mungkin melihat perbedaan bentuk payudara saat menambah atau mengurangi berat badan.
  • Olahraga. Payudara Moms mungkin terlihat lebih kencang jika membangun otot di belakang jaringan payudara dengan memperkuat dada.
  • Usia. Payudara Moms secara alami akan melorot seiring bertambahnya usia, sehingga seiring waktu, payudara bisa menjadi lebih panjang dan bergeser ke bawah.
  • Kehamilan dan menyusui. Hormon Moms selama kehamilan dan menyusui dapat membuat payudara membengkak dan mengubah cara lemak dan jaringan didistribusikan ke seluruh payudara kita. Makanya jangan heran jika bentuk payudara para Moms yang sudah lebih dari satu kali melahirkan, akan tampak berubah dan tidak kencang lagi. Jadi ini wajah saja ya, Moms.

Jadi, tidak perlu gelisah ketika bentuk payudara tidak bulat sempurna, karena ternyata bentuknya bisa berbeda-beda.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Body Image pada tahun ini mengungkapkan, banyak wanita yang memiliki tingkat harga diri dan kebahagiaan lebih rendah karena tidak puas dengan bentuk dan ukuran payudaranya.

Hal ini akhirnya berkaitan dengan banyaknya wanita yang melakukan perubahan bentuk dan ukuran payudara seperti yang diinginkan. Setiap wanita punya bentuk payudara yang berbeda-beda. Nah, temukan ukuran bra yang tepat agar bentuk payudara dapat tetap baik.

Moms, sebaiknya pahami bahwa menjaga kesehatan payudara akan jauh lebih penting daripada hanya memikirkan bentuk yang ideal.

Moms mungkin melihat perubahan pada ukuran, bentuk, dan warna payudara seiring waktu. Seringkali, perubahan ini terkait dengan fluktuasi hormonal, penuaan, atau kejadian alami lainnya.

Namun, ada beberapa gejala yang bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Selalu jaga kesehatan payudara dengan rutin berolahraga dan terapkan pola makan yang tepat. Dengan begitu, Moms bisa lebih percaya diri dengan tubuh yang sudah dimiliki. Selamat mencoba, Moms!

Artikel Terkait