COVID-19
11 Juli 2020

Amankah Berolahraga di Gym Selama New Normal? Ini 4 Tipsnya

Ikuti tipsnya agar terlindungi dari COVID-19
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Berbulan-bulan setelah semua tempat hiburan tutup, dalam upaya untuk meratakan kurva COVID-19, sekarang semua mulai buka dan perlahan kembali berjalan normal, termasuk diantaranya tempat gym.

Namun apakah aman untuk kembali berolahraga di gym? Mengingat sudah mulai banyak orang yang tidak menetap di rumah dan mulai beraktivitas seperti biasa juga.

Tempat olahraga gym mulai membuka kembali, bahkan ketika virus masih menginfeksi banyak orang setiap harinya.

Baca Juga: Tepat Meningkatkan Imun Anak di Fase New Normal

Hal ini tergantung pada beberapa faktor. Meskipun tidak ada bukti bahwa COVID-19 menyebar melalui keringat, namun tetap bisa menyebar melalui tetesan pernapasan.

Agar Moms dan Dads yang ingin kembalu gym tidak bingung, coba simak penjelasan di bawah ini, yuk.

Olahraga Gym dan Kuman

kembali gym di masa new normal

Foto: telegraph.co.uk

Mengutip laman New York Times fasilitas olahraga seperti pusat kebugaran cenderung menyimpan kuman.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan awal tahun ini, para peneliti menemukan bakteri yang resistan terhadap obat, virus flu, dan patogen lain pada sekitar 25 persen permukaan yang mereka uji di empat fasilitas pelatihan olahraga yang berbeda.

"Jika kita berkeringat di ruang yang terkadung, penyakit dapat menular dan menyebar dengan mudah," kata Dr. James Voos, ketua bedah ortopedi di University Hospitals Cleveland Medical Center.

Peralatan olahraga juga bisa sangat sulit untuk disanitasi. Dumbel dan lonceng ketel, misalnya, adalah logam sentuhan tinggi, dengan bentuk aneh dan bisa dipegang oleh orang di mana saja. Alat ini tidak mudah untuk dibersihkan.

“Karena itu orang harus memahami dan menerima bahwa akan ada risiko penularan virus, jika kembali ke tempat gym,” kata Dr. Anderson.

Tips Aman Olahraga di Gym

kembali gym di masa new normal

Foto: usatoday.com

Namun jika Moms merasa perlu untuk kembali lagi ke tempat gym demi mendapatkan tubuh yang sehat, penting untuk melakukan pencegahan-pencegahan untuk mencegah infeksi COVID-19.

Apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan? Yuk kita lihat Moms.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Olahraga yang Tidak Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung

1. Bersihkan Alat Olahraga

Untuk mencegah infeksi COVID-19 masuk dalam tubuh kita, ada baiknya alat olahraga yang akan kita sentuh dibersihkan terlebih dahulu. Moms bisa menggunakan tisu disinfektan atau langsung menyemprotkan disinfektan yang dibawa.

Sebagai informasi, virus yang menyebabkan COVID-19, dapat bertahan hingga empat jam pada tembaga, hingga 24 jam pada kardus, dan hingga 72 jam pada stainless steel.

2. Bawa Perlengkapan Sendiri

Di masa new normal ini, penting bagi kita untuk membawa segala keperluan kita masing-masing, tanpa meminjamnya dengan orang lain.

Jadi Moms disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri seperti botol air, handuk, dan pakaian olahraga.

Menggunakan lapisan handuk saat menggunakan alat gym. Tetap di rumah juga jika merasa sakit dan pergi ke gym pada jam yang tidak terlalu ramai ya.

Baca Juga: Organisasi Kesehatan Dunia Sebutkan 6 Syarat New Normal, Ini Penjelasannya

3. Gunakan Sarung Tangan

Jika Moms masih merasa khawatir dan merasa mendisinfeksi alat gym tidak praktis, maka gunakanlah sarung tangan.

Jika sudah begini, hindari untuk menyentuh ponsel agar tidak tercemar ya.

Saat akan mandi, lepas sarung tangan, lalu masker. Masukan sarung tangan dalam plastik sebelum dimasukkan dalam tas olahraga untuk menghindari kontaminasi barang lainnya.

4. Jaga Jarak

Hingga saat ini, keringat belum terbukti dapat menularkan COVID-19. Tetapi virus itu bisa menyebar jika orang yang terinfeksi melalui droplets seperti tetesan pernapasan yang bercampur dalam keringat.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cara paling aman adalah dengan menjaga jarak beberapa meter dari orang-orang, agar tidak tertular virus.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, Moms sudah satu langkah di depan untuk melindungi diri dari COVID-19.

Artikel Terkait