SELEBRITI
19 September 2019

Bibir Anak Zaskia Mecca Bengkak Akibat Alergi Kucing, Bagaimana Cara Menanganinya?

Cara mudah mengatasi alergi kucing pada anak

Sumber: medan.tribunnews.com

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Alergi pada anak memang umum terjadi. Baik itu alergi kulit, alergi dingin, maupun alergi makanan. Namun ada satu lagi yang tidak boleh kita lupakan, yaitu alergi pada binatang peliharaan, seperti yang baru-baru ini terjadi pada anak Zaskia Adya Mecca.

Putri sulung Zaskia Adya Mecca, Kanna Sybilla Bramantyo mengalami pembengkakan pada bagian atas bibirnya. Hal ini diketahui dari sebuag video yang diunggah oleh Zaskia Mecca dalam akun Instagramnya.

Baca Juga: Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo Rayakan Anniversary ke-10, Begini Perjalanan Cinta Mereka!

Dalam keterangan video tersebut, diketahui bahwa anak Zaskia Mecca yang akrab disapa Sybill ini mengalami alergi pada kucing yang sudah mencapai tingkat 5.

"Kasian ya ampun si kakak @kana.sybilla pernah test darah dan hasilnya dia alergi kucing tingkat 5 (top level gitu) semenjak itu kita selalu menghindari kucing, karena takut alergi bikin dia sesak napas dan kumat asma," tulis Zaskia Adya Mecca.

Bukan hanya anak Zaskia saja, mungkin hal ini juga pernah terjadi pada beberapa anak Moms. lalu bagaimana cara mengatasi alergi kucing pada anak?

Penyebab Alergi Kucing

alergi kucing

Foto: expatliving.hk

Dilansir dari laman Web MD, alergi kucing dua kali lebih umum terjadi daripada alergi anjing. Tetapi penyebab alergi ini bukan disebabkan oleh bulu atau rambut kucing, melainkan pada protein dalam air liur, urin, dan bulu kucing (serpihan kulit kering).

Baca Juga: 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Aman Untuk Anak Alergi atau Asma

Bagaimana protein kecil ini menyebabkan reaksi alergi? Penderita alergi memiliki sistem kekebalan yang terlalu sensitif. Tubuh mereka menganggap hal-hal yang tidak berbahaya seperti bulu kucing, partikel yang berbahaya, dan menyerang seperti bakteri atau virus. Gejala alergi adalah efek samping dari serangan tubuh kita terhadap alergen, atau pemicu.

Mengatasi Alergi Kucing

alergi kucing

Foto: hackernoon.com

Tenang Moms, mengatasi alergi kucing tidak begitu sulit. Jenis alergi ini biasanya dapat dikontrol dengan obat alergi standar. Dikutip dari Ashtma and Allergy Foundation of America, dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa obat, seperti:

  • Antihistamin, yang tersedia di apotek dan bisa dibeli tanpa resep dokter seperti cetirizine (Zyrtec), diphenhydramine (Benadryl), fexofenadine (Allegra), dan loratadine (Claritin). Moms juga bisa membeli beberapa antihistamin seperti azelastine (Astelin) yang dikemas dalam bentuk semprotan hidung.

Baca Juga: Apakah Anak Alergi atau Demam? Kenali Dulu 4 Perbedaannya Berikut Ini

  • Dekongestan, seperti pseudoefedrin (Sudafed) yang dijual bebas atau obat alergi yang mengandung bahan pseudoefedrin seperti Allegra-D, Claritin-D, atau Zyrtec-D.
  • Semprotan steroid hidung, yang mengatasi gejala alergi atau asma dengan berbagai cara. Semprotan steroid adalah pengobatan umum untuk alergi. Budesonide (Rhinocort), fluticasone (Flonase), dan triamcinolone (Nasacort Allergy 24HR) adalah semprotan steroid yang bisa Moms dapatkan tanpa resep dari dokter.

Itu dia Moms beberapa cara untuk mengobati alergi kucing pada anak. Jadi jangan langsung panik dulu ya Moms.

Artikel Terkait