KESEHATAN
23 Agustus 2019

Tengok 4 Cara Cepat Menghentikan Mimisan Ini, Yuk

Bisa dilakukan dengan cepat dan mudah pada anak atau Moms sendiri
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Bagi beberapa orang, mimisan bisa menjadi hal yang menakutkan. Singkatnya, mimisan adalah pendarahan dari pembuluh darah di hidung. Istilah medis untuk mimisan adalah epistaksis. Mimisan seringnya terjadi pada anak-anak.

Mimisan biasa terjadi karena beberapa hal seperti cedera ringan, mengorek hidung, atau meniup lubang hidup. Pendarahan yang terjadi mungkin bisa banyak, atau bisa juga hanya komplikasi kecil.

Baca Juga: Seperti Apa Mimisan Pada Anak yang Harus Diwaspadai?

Moms jangan terlalu khawatir jika anak mengalami mimisan secara tiba-tiba, karena hal ini dapat terjadi secara spontan ketika selaput hidung mengering dan pecah. Hal ini biasa terjadi di daerah beriklim kering, atau selama bulan-bulan awal musim dingin, saat udara kering dan hangat dari pemanas rumah tangga.

Tapi jangan khawatir Moms, beberapa cara di bawah ini bisa digunakan sebagai cara cepat untuk menghentikan mimisan pada. Apa saja? Yuk kita lihat.

1. Berikan Tekanan dan Tunggu

cara cepat untuk menghentikan mimisan

Foto: medicalnewstoday.com

Karena sebagian besar mimisan akan berhenti sendiri dalam satu atau dua menit, perawatan standar dengan hanya memberikan tekanan pada pembuluh darah yang rusak, bisa jadi langkah yang tepat.

Cubitlah dengan sedikit kuat tepat di bawah hidung. Jika terjadi pada Si Kecil, Moms harus memberikan tekanan di bagian tersebut selama setidaknya sepuluh menit.

Jangan lupa untuk mencondongkan badan sedikit ke depan agar darah tidak mengalir ke tenggorokkan. Lalu usahakan tetap tegak untuk mengurangi tekanan darah di hidung.

Baca Juga: 4 Langkah Pertolongan Pertama Mengatasi Mimisan Pada Anak

2. Bisa Menggunakan Semprotan Dekongestan

cara cepat untuk menghentikan mimisan

Foto: medicalnewstoday.com

Tidak ada obat yang bisa mencegah mimisan, tetapi Moms bisa menggunakan semprotan yang pembeliannya tida perlu menggunakan resep untuk menghentikan perdarahan.

Menurut Medscape, dekongestan hidung bekerja untuk menghentikan mimisan dengan menyempitkan pembuluh darah di hidung.

"Cara cepat menghentikan mimisan adalah menggunakan dekongestan hidung yang dijual bebas dengan menyemprotkannya ke hidung di samping," kata Dr. Geoffrey Trenkle, ahli bedah plastik wajah bersertifikat, sekaligus CEO dan pendiri Pusat Los Angeles untuk Telinga, Hidung, Tenggorokan dan Alergi

3. Oleskan Es ke Hidung dan Leher untuk Memperlambat Aliran Darah

cara cepat untuk menghentikan mimisan

Foto: renumadan.com

Seperti halnya digunakan pada memar yang parah atau pergelangan kaki yang bengkak, mendinginkan daerah sekitar hidung adalah cara cepat untuk menghentikan mimisan.

“Mendinginkan area di ujung hidung dan tengkuk dapat membantu menghentikan mimisan melalui vasokonstriksi,” kata Michael Whitehead, paramedis perawatan kritis,

Menurutnya, dengan memperlambat aliran darah, tubuh akan dapat dengan mudah membentuk gumpalan. dan menghentikan vena dari kebocoran.

Caranya dengan bungkus kain atau handuk di atas kantong es atau kantong plastik es, lalu tempelkan ke bagian belakang leher atau ke wajah.

Baca Juga: Bayi Mimisan Saat Demam, Apakah Wajar?

4. Bisa dengan Meniup Hidung Secara Paksa

cara cepat untuk menghentikan mimisan

Foto: grist.org

Jika mimisannya tidak melambat dan sudah mencoba berbagai teknik yang lebih lembut, Moms mungkin bisa menghentikan aliran darah dengan meniup hidung dengan paksa.

"Ini sangat berlawanan dengan intuisi, tetapi kadang-kadang ketika mimisan tidak berhenti, gumpalan telah terbentuk sedemikian rupa untuk menjaga pembuluh darah terbuka," kata Stephani Laiung, paramedis perawatan lanjutan.

Meniup hidung dengan keras bisa menghilangkan masalah kebekuan darah dan memungkinkan proses pembekuan dimulai kembali, dengan hasil yang lebih baik. Setelah meniup hidung, lanjutkan dengan mencubitnya untuk memberikan tekanan setidaknya selama lima menit.

Itulah beberapa cara cepat untuk menghentikan mimisan pada hidung. Moms bisa melakukannya dengan mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah ditemukan.

(AWD)

Artikel Terkait