PROGRAM HAMIL
1 Agustus 2020

Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Saat Program Hamil

Membantu keseimbangan hormon
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Camilan, terutama yang digoreng dan mengandung pemanis buatan, memang dianjurkan untuk dihindari oleh calon Moms yang sedang mencoba untuk hamil.

Namun, bukan berarti Moms sama sekali tidak bisa lagi menikmati waktu santai sambil makan camilan karena Moms bisa menikmati camilan seperti biji bunga matahari untuk promil.

Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesuburan

Selain nikmat, biji bunga matahari juga mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesuburan. Apa saja manfaatnya?

Baca Juga: 8 Manfaat Jambu Biji Selama Kehamilan, Moms Perlu Tahu!

1. Mengandung Beragam Vitamin

Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Saat Promil 1

Foto: unsplash.com

Mengutip situs Very Well Family, biji bunga matahari mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesuburan. Di mana dalam setiap 28 gram biji bunga matahari mengandung sekitar:

  • 16% dari kebutuhan folat harian
  • 3.31% dari nilai selenium harian yang direkomendasikan
  • 10% dari nilai harian seng yang direkomendasikan

Selain itu, biji bunga matahari juga merupakan sumber asam lemak omega 3 dan 6 yang telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan.

Baca Juga: Vitamin Apa Saja yang Bisa Membuat Cepat Hamil?

2. Kaya Akan Vitamin E Yang Berfungsi Sebagai Antioksidan

Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Saat Promil 2

Foto: pexels.com

Biji bunga matahari merupakan salah satu sumber antioksidan yaitu vitamin E, yang bukan hanya bermanfaat bagi Moms tetapi juga Dads.

“Vitamin E adalah salah satu antioksidan favorit tubuh kita,” kata Dr. Josh Axe, D.D.M., C.N.S., D.C., seperti dikutip dari situs The Healthy.

Sebuah penelitian dalam jurnal Human Reproduction Update, menemukan bahwa konsumsi vitamin E telah terbukti meningkatkan kesuburan sperma. Secara khusus, peneliti menemukan bahwa vitamin E dapat membantu meningkatkan motilitas sperma, meningkatkan jumlah sperma, dan meningkatkan fragmentasi DNA.

Sementara bagi wanita, berdasarkan sebuah studi di jurnal Antioxidant, vitamin E telah terbukti meningkatkan kesehatan reproduksi secara umum.

Baca Juga: Apakah Vitamin E Membantu Cepat Hamil?

3. Biji Bunga Matahari Membantu Menyeimbangkan Hormon

Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Saat Promil 3

Foto: pixabay.com

Mengkonsumsi biji bunga matahari untuk promil juga diketahui dapat membantu membuat hormon lebih seimbang.

Ini dikarenakan, sebagai dikutip dari situs Times of India, biji bunga matahari kaya akan 100 jenis enzim yang mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh.

Bagi wanita, enzim dalam biji bunga matahari telah diketahui dapat menyeimbangkan produksi estrogen dan progesteron.

Manfaat lainnya termasuk membantu dalam mengelola gejala sindrom pramenstruasi, gangguan tiroid, dan mengurangi mual yang terjadi selama trimester pertama kehamilan.

Baca Juga: 5 Dampak Hormon Tidak Seimbang Pada Tubuh Wanita

4. Mengandung Selenium Yang Baik Bagi Kesuburan

Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Saat Promil 4

Foto: pixabay.com

Mengutip situs The Bump, Aumatma Shah, ND, seorang dokter naturopati dan ahli gizi, menyebut bahwa selenium adalah vitamin super yang baik bagi kesuburan dan kehamilan berkat kekuatan antioksidannya.

“Mikronutrien ini dapat membantu mempromosikan folikel uterus yang sehat, yang merupakan tempat telur dikembangkan dan dilepaskan.”

Baca Juga: Makanan Kaya Antioksidan Bantu Tingkatkan Kesuburan, Ini Penjelasannya!

5. Mengandung Asam Folat Untuk Mempersiapkan Kehamilan Yang Sehat

Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Saat Promil 5

Foto: pixabay.com

“Asam folat adalah nutrisi penting yang harus dikonsumsi setiap wanita ketika berencana untuk hamil,” kata Jacqueline N. Gutmann, seorang OB / GYN dan ahli endokrinologi reproduksi dan infertilitas, seperti dikutip dari RMA Network.

“Asam folat adalah vitamin B. Tubuh kita menggunakannya untuk membuat sel-sel baru yang terdiri dari kulit, rambut, dan kuku kita. Vitamin penunjang sel ini juga penting untuk bayi saat mereka tumbuh. Sama seperti orang diwasa, asam folat membantu dalam pengembangan sistem saraf dan pertumbuhan sel bayi.”

Dr. Gutmann juga menyebutkan bahwa asam folat sangatlah bermanfaat untuk mengurangi risiko bibir sumbing/ langit-langit dan cacat tabung saraf, yang dapat terjadi di otak (anencephaly) dan/ atau tulang belakang (spina bifida).

Ternyata biji bunga matahari memiliki banyak manfaat saat dikonsumsi selama promil ya, Moms. Jadi, apakah Moms tertarik mengkonsumsi biji bunga matahari untuk promil?

Baca Juga: Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat, Berbahaya Bagi Janin!

Artikel Terkait