KESEHATAN
15 Oktober 2019

10 Buah Penurun Kolesterol, Enak dan Sehat!

Nikmat, segar, dan bisa bantu Moms kendalikan kadar kolesterol
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Sudah tahu belum, Moms? Ada banyak pilihan buah penurun kolesterol yang dianjurkan para ahli.

Melansir dari yayasan riset kolesterol di Inggris, Heart UK, makanan tertentu tak cuma baik bagi kesehatan secara umum, melainkan bisa membantu turunkan kolesterol juga.

Semakin sering dikonsumsi, makanan-makanan tersebut dapat semakin menjaga kadar kolesterol Moms. Apalagi jika diimbangi dengan pola makan rendah lemak jenuh.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi memang patut diwaspadai, Moms. Pasalnya, kolesterol yang terus melonjak naik pada akhirnya bisa mengarah pada berbagai penyakit serius. Misalnya serangan jantung dan stroke.

Untungnya, gaya hidup sehat dan seimbang bisa membantu Moms mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Moms dapat menjaga gaya hidup sehat dengan makan makanan sehat seperti berbagai buah penurun kolesterol, olahraga rutin, dan istirahat yang cukup.

Baca Juga: 7 Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol

Pastikan Moms juga mengikuti saran dokter. Bila dokter meresepkan obat penurun kolesterol, minum obatnya sesuai dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan dokter.

Jadi apa saja daftar buah penurun kolesterol yang perlu Moms konsumsi? Cek daftarnya di bawah ini!

1. Alpukat

alpukat

Sebuah penelitian dalam Journal of American Heart Association tahun 2015 membuktikan bahwa makan alpukat setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Penelitian lain dalam Journal of Clinical Lipidology tahun 2016 juga menguak hal serupa, yaitu alpukat dapat membantu turunkan kadar kolesterol jahat yang bisa memicu penyakit pembuluh darah.

Hal ini diyakini karena alpukat mengandung lemak tak jenuh (unsaturated) dan serat yang tinggi. Keduanya dinilai baik untuk menurunkan kolesterol.

2. Apel

4 Cara Mencegah Apel Kecokelatan, Mudah Dilakukan.jpg

Apel adalah salah satu buah penurun kolesterol yang cukup ampuh lho, Moms. Dilansir dari Healthline, apel mengandung salah satu jenis serat larut yang disebut pektin.

Pektin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Pir

buah pir.jpg

Sama seperti buah apel, pir juga mengandung serat larut pektin yang dapat menurunkan kolesterol.

Menurut Medical News Today, untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal bagi kadar kolesterol, usahakan untuk mengonsumsi buah pir bersama dengan kulitnya.

Maka, pastikan Moms sudah mencuci bersih kulit buah pir. Moms juga bisa memilih pir organik yang bebas pestisida, semprotan zat kimia, dan bahan berbahaya lainnya yang berisiko menempel di kulit buah.

Baca Juga: 7 Masker Wajah Alami dari Alpukat untuk Kulit Sehat Bersinar

4. Anggur

anggur cemilan sehat bayi hero banner magz (1510x849)

Buah lainnya yang kaya akan kandungan pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol adalah anggur.

Menurut Healthline, anggur juga mengadung antioksidan dan antiradang yang bisa melawan efek buruk dari tingginya kadar kolesterol.

5. Stroberi

antioksidan stroberi

Menurut studi dalam Journal of Nutritional Biochemistry tahun 2014, buah stroberi dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah.

Selain itu, stroberi juga kaya antioksidan yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah Moms.

6. Jeruk

ini dia manfaat buah jeruk segar

Buah penurun kolesterol yang satu ini sangat mudah didapatkan dan manfaatnya berlimpah.

Dilansir dari Healthline, jeruk bisa menurunkan kolesterol karena kandungan serat larut pektinnya yang tinggi.

7. Pisang

pisang

Seperti yang dijelaskan oleh seorang ahli gizi dari Good Housekeeping di Amerika Serikat, Jaclyn London, MS, RD, CDN, pisang juga jadi salah satu buah penurun kolesterol.

Dalam sistem pencernaan, pisang akan mengikat kolesterol agar tidak bisa masuk dan menyumbat pembuluh darah.

Baca Juga: 3 Manfaat Hebat Madu untuk Kesehatan Jantung

8. Buah Beri

buah beri.jpg

Berbagai jenis buah beri seperti blueberry, raspberry, dan blackberry ternyata punya khasiat hebat dalam mencegah kolesterol naik.

Dilansir dari penelitian dalam jurnal Encyclopedia of Food and Health tahun 2016, buah-buahan beri ini kaya akan senyawa bioaktif yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang diperlukan tubuh.

9. Zaitun

zaitun.jpg

Mirip dengan buah alpukat, buah zaitun juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Dilansir dari American Heart Association, zaitun juga mampu meningkatkan mekanisme tubuh dalam membuang kelebihan kolesterol jahat dari tubuh.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya

10. Tomat

tomato twenty20 76ff03fc 1675 499e 8c4c fcc1af299efe 586686b83df78ce2c35cb982

Tomat adalah buah penurun kolesterol yang kaya akan kandungan likopen. Senyawa kimia ini diyakini berpotensi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Hal ini ditegaskan oleh dr. Montserrat Fitó yang menjabat sebagai kepala Cardiovascular Risk and Nutrition Research Group di Barcelona, Spanyol. Menurutnya, sudah banyak penelitian yang membuktikan khasiat tomat bagi kolesterol.

(IA)

Artikel Terkait