BAYI
20 Juli 2019

6 Buah yang Cocok untuk Finger Food

Potong buah dengan ukuran yang bisa digenggam atau tidak membuatnya tersedak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memperkenalkan finger foods kepada Si Kecil bisa menjadi momen menyenangkan dan menegangkan di saat bersamaan. Moms mungkin khawatir bila terjadi risiko seperti tersedak, atau alergi makanan.

Hal ini pun membuat Moms untuk benar-benar memastikan Si Kecil dapat memegang makanan dengan benar. Tetapi, sebenarnya tidak ada aturan baku dan pasti untuk mengenalkan anak kepada finger foods.

"Daripada fokus pada usia bayi, indikator pertama yang harus Anda cari adalah bahwa bayi itu memiliki minat dengan makanan. Bayi umumnya ingin makan sendiri," kata William Dietz, MD, PhD, direktur Pusat Global Pencegahan dan Kesehatan Sumner M. Redstone di Sekolah Kesehatan Masyarakat Institut Milken, Universitas George Washington, mengutip The Bump.

"Mampu duduk secara mandiri adalah petunjuk lain yang baik bahwa bayi siap secara fisik untuk mencoba makanan jari," kata Susan M. McCormack, MA, ahli patologi bahasa bicara senior di Children's Hospital of Philadelphia.

Jika Si Kecil termasuk bayi yang sudah bisa diberikan finger food, pastikan memberikan ia makanan yang mengandung nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya, salah satunya adalah buah.

Baca Juga: Yuk, Kenalkan Finger Food Pada Si Kecil

Buah yang Cocok Sebagai Finger Foods

Memberikan buah sebagai finger foods untuk Si Kecil adalah hal yang mudah, karena Moms tidak perlu memasak dan juga cepat disajikan.

Namun, pastikan buah tersebut sudah matang, dan punya tekstur yang bisa dilumatkan oleh mulut Si Kecil sehingga tidak berisiko tersedak.

Kira-kira, apa saja ya Moms buah yang cocok untuk finger food? Yuk lihat daftarnya di bawah ini!

1. Avokad

alpukat finger food

Buah yang cocok untuk finger food yang pertama adalah avokad. Avokad dikenal menjadi sumber lemak yang sehat. Mengutip Fox News, alpukat juga padat nutrisi, seperti magnesium, potasium, dan asam lemak esensial untuk kesehatan otak.

Sajikan avokad dengan cara dilumatkan, atau bisa dipotong berbentuk kubus. Jangan lupa buang kulit dan bijinya ya, Moms.

2. Pisang

finger food-pisang

Buah yang cocok untuk finger food yang selanjutnya adalah pisang. Dikutip dari Parentune, satu porsi pisang mengandung 400 mg kalium, mineral penting untuk fungsi saraf dan otot. Pisang juga jadi sumber vitamin C dan vitamin B6 yang baik, kedua vitamin ini meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Sajikan pisang dengan memotong menjadi potongan besar atau biarkan kulitnya menjadi "pegangan". Mengiris tipis bisa jadi licin dan sulit dipegang bayi.

3. Buah Beri

finger food-stroberi

Buah yang cocok untuk finger food yang selanjutnya adalah buah beri. Mengutip Healthy Eating SF Gate, buah beri, khususnya stroberi menyediakan banyak nutrisi, seperti vitamin C, antioksidan, magnesium, vitamin B6 dan zat besi. Stroberi dan blueberi juga menjadi sumber serat yang baik juga.

Moms bisa menyajikan langsung buah beri, atau potong menjadi setengah bila terlalu besar.

Baca Juga: Buah Anggur, Camilan Sehat untuk Bayi

4. Anggur

finger food-anggurr

Buah yang cocok untuk finger food yang selanjutnya adalah anggur. Buah anggur kaya vitamin C, kalium, dan kalsium. Mengutip Mom Junction, anggur punya kadar air tinggi yang membantu membuat Si Kecil tetap terhidrasi. Anggur juga membantu mengatur pergerakan usus.

Sajikan anggur dengan memotong jadi setengah memanjang atau potong jadi empat bagian.

5. Pepaya

finger food-pepaya

Buah yang cocok untuk finger food yang selanjutnya adalah pepaya. Dikutip dari Wholesome Baby Food, tidak hanya punya rasa yang manis dan tekstur yang legit, pepaya juga tinggi akan vitamin C vitamin A, dan vitamin E. Pepaya juga menjadi sumber serat dan asam folat yang baik.

Pastikan pepaya yang dipilih sudah matang, lalu potong ukuran dadu atau potong seukuran jari.

6. Mangga

finger food-mangga

Buah yang cocok untuk finger food yang selanjutnya adalah mangga. Mangga sarat dengan vitamin A dan karotenoid yang bisa menangkal pilek. Mangga juga rendah lemak, rendah kalori, tetapi tinggi serat. Buah mangga juga kaya vitamin C dan B, zat besi, kalium dan protein.

Pilih buah mangga yang matang dan manis, kupas kulitnya, lalu sajikan dengan dipotong dadu atau seukuran jari.

Baca Juga: 5 Buah Ini Ternyata Sangat Bermanfaat Bagi Balita

Itulah beberapa buah yang cocok untuk finger food Si Kecil. Pilih yang kualitasnya baik dan cuci bersih terlebih dahulu ya sebelum disajikan.

Artikel Terkait