BAYI
23 Mei 2020

Intip 4 Cara Ini Agar Momen Membaca Buku dengan Bayi Lebih Menyenangkan

Ajak bayi membaca buku bersama-sama dengan menyenangkan untuk menghindari kebosanan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Pasti sudah banyak Moms yang tahu bahwa membacakan buku pada anak sejak dini akan sangat memberikan banyak manfaat. Melihat ekspresi antusias Si Kecil saat dibacakan buku pertamanya tentu akan membuat Moms bahagia.

Dikutip dari U.S Department of Education, juga ide membaca buku dengan anak yang juga disesuaikan dengan umurnya , bahkan American Academy of Pediatrics (AAP) pun memiliki '5 Rs' sebagai pengenalan membaca untuk bayi.

"Membaca dengan anak-anak adalah cara yang menyenangkan untuk membangun hubungan orangtua-anak yang kuat dan sehat. Juga akan merangsang perkembangan bahasa lebih awal," kata Dr. Pamela High, seorang dokter anak dan profesor di Sekolah Kedokteran Alpert di Brown University.

Namun adakalanya Moms merasakan fase seperti ini; saat masuk waktu bercerita, Moms akan menarik buku yang sudah dibacakan berkali-kali kepada bayi, hingga Moms mungkin dapat membaca seluruh buku dari ingatan tanpa membukanya.

Baca Juga: 3 Manfaat Membacakan Buku pada Bayi Newborn, Bikin Makin Cerdas!

Tips Menyenangkan Membaca Buku dengan Bayi

Meskipun Moms tahu bahwa membaca kemudian membacakan ulang buku akan membantu Si Kecil belajar, namun kadang-kadang sulit untuk membuat waktu membacakan buku untuk Si Kecil terdengar lebih menarik lagi.

Apakah Moms ingin mengetahui cara menyenangkan membaca buku bersama bayi? Intip di sini ya!

1. Berikan Pilihan

Intip 4 Cara Ini Agar Momen Membaca Buku Bersama Si Kecil Lebih Menyenangkan -1.jpg

Foto: indoindians.com

Sejak kecil, Moms bisa membiasakan membacakan lima hingga enam buku yang berbeda untuk Si Kecil dan rutin dibacakan saat wktu membca bersama. Saat Si Kecil berusia 5 bulan, cobalah untuk membacakan dua buku dan meletakkannya tepat di depannya.

Tanyakan kepada bayi, buku mana yang ingin dibacaka. Biasanya bayi akan mengulurkan tangan dan meraih salah satu buku yang lebih menarik perhatiannya. Lakukan hal ini setiap kali Moms hendak membacakan buku untuk bayi.

Memberikan bayi pilihan buku akan membantunya menyampaikan pesan bahwa bayi adalah bagian aktif dari pembacaan dan tidak hanya mendengarkan.

Ini juga memungkinkannya untuk menggunakan indra sentuhan dan mulai belajar tentang sebab dan akibat, mirip dengan saat bermain memukul drum atau mainan pengocok bersuara. Bahkan, ini mungkin akan mendorong bayi untuk menggenggam sebagai keterampilan motorik halus yang ikut berkembang.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Membacakan Buku pada Bayi untuk Perkembangannya

2. Biarkan Bayi Membalik Halaman

Intip 4 Cara Ini Agar Momen Membaca Buku Bersama Si Kecil Lebih Menyenangkan -2.jpg

Foto: howwemontessori.com

Cara menyenangkan membaca buku bersama bayi lainnya adalah dengan membiarkan bayi membalik halaman buku. Bayi perlu menggunakan semua indranya saat belajar.

Dengan membiarkan bayi menyentuh buku dan membalik halaman, Moms akan membantu bayi mempelajari apa yang sering disebut dengan ‘keterampilan pra-literasi’ yang akan dikembangkan lebih lanjut saat prasekolah.

Dengan membalik halaman sendiri, bayi tidak hanya akan menggunakan genggamannya, tetapi juga mempelajari keterampilan yang berharga, seperti buku arah mana yang dibuka. Misalnya bayi akan mengetahui perbedaan buku cetakan bahasa Inggris akan bergerak dari kiri ke kanan.

Baca Juga: 7 Tips Membacakan Buku Pada Balita Berkebutuhan Khusus

3. Tambahkan Lagu, Gerakan dan Suara Lucu

Intip 4 Cara Ini Agar Momen Membaca Buku Bersama Si Kecil Lebih Menyenangkan -3.jpg

Foto: wallpaperflare.com

Penelitian telah menunjukkan bahwa musik membantu anak-anak belajar. Menambahkan lagu saat membaca untuk bayi akan membuatnya tetap terlibat, dan pengulangan akan membantu bayi mengaitkan makna dengan kata-kata.

Misalnya, saat membacakan buku dengan tema kendaraan, Moms bisa menyanyikan lagu yang berhubungan dengan hal tersebut seperti ‘Naik Kereta Api’, atau ‘Naik Delman’. Nyanyikanlah lagu itu dengan bersemangat dan intonasi yang lebih ditekankan pada saat kendaraan itu bersuara ‘tuut.. tuut.. tuuut’ atau ‘tuk tik tak tik tuk’.

Tambahkan beberapa gerakan yang lembut untuk menjadikan waktu bercerita lebih interaktif. Gerakkan juga tubuh bayi mengikuti gerakan yang kita buat sebelumnya. Seperti menggerakkan kaki seperti gerakan roda kereta api, atau menggerakan tangan seperti sedang memecut kuda.

Jangan lupa untuk menyelipkan suara-suara lucu saat membacakan ceritanya. Biasanya, Si Kecil akan mengingat hal tersebut dan membuatnya lebih tertarik pada suatu cerita. Seperti saat menceritakan cerita tentang hewan. Moms bisa mengganti suara beragam hewan dengan suara lucu yang berbeda pula. Imajinasi bayi akan ikut berkembang berkat hal tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Mengajak Si Kecil Kembali Membaca Buku Usai Screen Time

4. Sajikan Objek yang Sama

Intip 4 Cara Ini Agar Momen Membaca Buku Bersama Si Kecil Lebih Menyenangkan -4.jpg

Foto: Vvilbook.com

Menambahkan kosa kata baru pada bayi bisa dengan cara menunjukkan objek yang sebenarnya, dan memberi nama untuk hal tersebut. Dengan cara yang sama, membiarkan bayi memakan makanan sambil membaca makanan tersebut adalah cara yang bagus untuk membuat asosiasi dan mulai mengembangkan jalur saraf. Ini juga akan menjadi cara menyenangkan lainnya saat membacakan buku untuk bayi.

Jika suatu waktu Moms menyajikan labu, bisa juga sambil memberikan buku tentang Putri Cinderella. Bahkan, jika bayi belum makan makanan padat, Moms bisa menunjukkan wortel padanya untuk dilihat, disentuh, dan dibaui saat membaca buku tentang kancil yang suka mencuri.

Sebagian besar Moms mengasosiasikan membaca cerita sebagai bagian rutinitas sebelum tidur, tetapi waktu bercerita yang interaktif dan menarik dapat terjadi kapan saja dan di mana saja saat bersama Si Kecil.

Selain mudah, cara membaca buku bersama bayi di atas juga menyenangkan. Praktikkan yuk Moms.

Baca Juga: 4 Alasan Keras Agar untuk Tidak Membaca Buku Harian Anak

Artikel Terkait