BALITA DAN ANAK
6 Agustus 2020

5 Cara Alami Menurunkan Demam Anak, Moms Wajib Tahu

Di era new normal seperti ini, Moms bisa lebih bijak mengatasi demam anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ketika Si Kecil terserang demam, tentunya bukan hal yang menyenangkan bagi dirinya dan juga Moms sebagai orang tua. Demam menjadi hal yang cukup sering dialami oleh anak-anak, dikarenakan imunitas anak yang memang belum terbentuk sempurna dalam melawan virus di tubuhnya.

Setiap anak bisa mengalami demam yang berbeda-beda. Menurut emedicinehealth.com, dijelaskan bahwa anak yang mengalami demam dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celsius.

Ketika tubuhnya terserang virus, bagian otak (hipotalamus) sebagai pengontrol suhu tubuh manusia, akan meningkatkan suhu tubuh untuk melawan infeksi tersebut. Hal inilah yang membuat Si Kecil menjadi demam.

Walaupun demam adalah proses alami tubuh manusia, Moms harus tetap memberikan perawatan ketika Si Kecil terserang demam. Perawatan yang alami bisa Moms lakukan untuk menurunkan demam anak.

Ini 5 Cara Alami dalam Menurunkan Demam Anak

Berikut adalah beberapa cara alami dalam menurunkan demam anak yang bisa Moms lakukan di rumah.

1. Pantau Suhu Tubuh Si Kecil

cara menurunkan anak demam

Foto: Orami Stock Photos

Cara alami menurunkan demam anak yang pertama adalah dengan selalu memantau suhu tubuh Si Kecil, tujuannya agar suhunya tidak semakin tinggi.

Biasanya, demam yang diderita Si Kecil tidak tergolong berbahaya, tetapi penyakit yang menyebabkan demam lah yang perlu disembuhkan.

Moms juga bisa memberinya kompres untuk menjaga suhu tubuhnya agar tidak terlalu tinggi. Caranya adalah dengan menyediakan air kompres hangat, masukkan 3 tetes Bonnels: Cold and Flu di dalamnya. Kandungan eucalyptus dan peppermint di dalamnya terbukti secara riset dapat menurunkan demam.

Aroma yang dihirup bisa turut serta membantu Si Kecil melawan virus. Jika suhu tubuh melebihi 38 derajat Celsius lebih dari 3 hari, maka sebaiknya Moms segera membawanya ke tenaga medis.

2. Tetap Terhidrasi dengan Air Putih

Foto: Orami Stock Photos

Foto: Orami Stock Photos

Membuatnya Si Kecil selalu terhidrasi adalah salah satu cara menurunkan demam anak. Usahakan agar Moms selalu memberikan air mineral yang lebih banyak jumlahnya saat Si Kecil demam, karena suhu tubuhnya lebih tinggi yang membuatnya lebih cepat dehidrasi.

Tanda yang bisa Moms lihat saat Si Kecil dehidrasi adalah melalui frekuensi Buang Air Kecil (BAK)-nya, apakah selama 8-12 jam Si Kecil BAK atau tidak.

“Anak-anak Indonesia rata-rata hanya minum 2-3,5 gelas air per hari,” ujar Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si, Ketua Umum Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI).

Padahal, idealnya, anak-anak pra-sekolah berusia 4-6 tahun, membutuhkan 1,2 liter (setara dengan 5-6 gelas) air per harinya. Sementara, anak-anak berusia 7-9 tahun, membutuhkan sekitar 1,5 liter (6-7 gelas) air per harinya.

3. Asupan Nutrisi Seimbang

menurunkan demam anak

Foto: Orami Stock Photos

Bantu tubuh Si Kecil untuk melawan infeksi penyebab demam di dalam tubuhnya dengan cara memberikan asupan nutrisi yang tercukupi selama ia terserang demam.

Moms bisa memberikan menu makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan juga serat.

Selain itu, berikan ia makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk menguatkan imunnya.

Moms bisa memberikan salad buah dengan stroberi dan kiwi. Jus jeruk juga tinggi vitamin C, tetapi lebih baik memberikannya buah langsung.

“Akan ada lebih banyak nutrisi yang didapat dengan mengonsumsi buah langsung, dibanding melalui jus atau suplemen,” ungkap juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Jennifer McDaniel, MS, RD, seperti dikutip dari webmd.com.

Lalu, jika demam membuatnya tidak nafsu makan, berikan ia makanan lembut seperti jus buah atau sup ayam. Sup ayam mengandung nutrisi yang berguna untuk daya tahan tubuh dan melawan infeksi penyebab demam.

4. Mengatur Suhu Ruangan dan Jaga Kebersihan

menurunkan demam anak

Foto: Orami Stock Photos

Menjaga suhu ruangan menjadi hal penting dalam usaha menurunkan demam anak, atur supaya suhunya tetap sejuk dan juga bersih.

Moms bisa membersihkan udara di ruangan dengan diffuser dan meneteskan Bonnels: Cold and Flu di dalamnya. Di mana uap yang keluar dari kandungan eucalyptus-nya sudah terbukti membantu membunuh virus dan bakteri udara di dalam kamar atau ruangan Si Kecil.

Uap bersih yang terhirup Si Kecil akan masuk ke dalam paru-paru dan darah, gunanya untuk membantu tubuh dalam melawan virus dan bakteri.

Selain itu, Moms juga bisa memberikan baju yang nyaman dan tidak terlalu tebal, karena jika bajunya terlalu tebal justru akan membuat suhu tubuhnya meningkat.

5. Biarkan Ia Beristirahat dengan Cukup

menurunkan demam anak

Foto: Orami Stock Photos

Salah satu cara penting dalam menurunkan demam anak adalah dengan memberikannya ia waktu istirahat yang cukup. Dengan Si Kecil beristirahat dengan cukup, maka akan membantu kinerja tubuhnya dalam melawan virus dan infeksi.

Menurut Konselor Orang Tua di New York sekaligus penulis buku A Mother’s Circle, Jean Kunhardt, mengatakan bahwa tidur merupakan nutrisi penting untuk hidup, sama halnya dengan makanan.

“Kita tidak akan pernah membiarkan anak kita kelaparan. Hal ini juga berlaku untuk istirahat,” ujar Kunhardt.

Baca Juga: 4 Perawatan di Rumah yang Bisa Dilakukan Saat Anak Demam

Namun, pada kondisi tertentu demam tidak turun dan muncul beberapa tanda bahaya. Berikut ini sejumlah tanda bahaya yang harus Moms perhatikan. Dalam kondisi ini, segera bawa anak ke dokter terdekat.

  • Bila usia anak Moms di bawah tiga bulan, dan mengalami demam
  • Bila usia anak antara 3-5 bulan dengan suhu 38,3 derajat Celsius
  • Bila usia anak di atas 6 bulan dengan suhu 38,8 derajat Celsius
  • Bila suhu mencapai di atas 40 derajat Celsius
  • Bila demam lebih dari tiga hari
  • Bila demam disertai gejala lain seperti kaku leher, nyeri tenggorokan, sesak, nyeri telinga, ruam kulit, kejang, atau nyeri kepala

Itu dia Moms, 5 cara alami yang bisa diterapkan untuk menurunkan demam anak dan mencegah suhu tubuhnya meningkat.

Apalagi di era new normal seperti ini yang sedang tidak kondusif, Moms harus tetap memberikan Si Kecil perlindungan alami, salah satunya dengan menggunakan Bonnels. Bonnels memiliki kandungan 100% Essential Oil alami yang memiliki banyak kelebihan bagi Si Kecil dan juga keluarga.

Semoga Si Kecil cepat sembuh ya, Moms!

Artikel Terkait