PROGRAM HAMIL
1 Oktober 2020

9 Cara Berhubungan Intim yang Tidak Mengakibatkan Kehamilan

Selain menggunakan alat kontrasepsi, ada posisi lain yang tidak menyebabkan kehamilan lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menikah dan memiliki anak memang sudah menjadi impian setiap pasangan. Namun, tidak sedikit pasangan yang memilih untuk menunda kehamilan dengan berbagai alasan. Jadi jangan heran, kalau ada wanita yang menolak untuk berhubungan intim dengan pasangan setelah menikah.

Moms juga pasti pernah menghindari ajakan suami untuk berhubungan intim karena takut mengakibatkan kehamilan. Hal ini memang benar, mengutip Medical News Today, cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan adalah menghidari berhubungan intim dengan pasangan.

Pernyataan ini juga dikuatkan oleh,The New England Journal of Medicine yang menyatakan bahwa berhubungan intim setiap hari dapat menaikan risiko kehamilan, walaupun angkanya tidak besar. Karena pria yang memiliki jumlah sperma normal tidak akan mengalami penurunan konsentrasi meskipun dikeluarkan setiap hari. Produksi sperma akan berhenti jika suhu testis mencapai 98 derajat atau lebih.

Kehamilan juga dapat ditunda dengan cara menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim. Mengutip Medical News Today, The Family Planning Association (FPA) yang berbasis di Inggris mengklaim bahwa 90 persen wanita yang aktif bercinta akan hamil dalam waktu 12 bulan jika tidak menggunakan alat kontrasepsi. Setiap orang berisiko hamil setiap waktu jika tidak menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim bahkan yang baru pertama kali.

Baca Juga : Selalu Sakit Saat Berhubungan Intim, Terapkan Ini Saat Promil

Selain menggunakan alat kontrasepsi, kehamilan juga dapat ditunda dengan cara lain, seperti waktu berhubungan intim. Faktanya hampir semua pembuahan terjadi saat siklus menstruasi.

Masa subur wanita adalah lima hari sebelum ovolasi. Jika seorang waniya siklus haidnya 28 hari, masa ovulasinya terjadi pada hari keempat belas. Jika melihat ke jendela kesuburan, maka masa subur akan terjadi pada hari kesembilan sampai empat belas. Jika melakukan seks diantara waktu tersebut, kemungkinan hamil akan sangat besar.

Seorang ahli kesehatan wanita yang berbasis di N.J, Amerika Serikat, Donnica Moore, MD mengatakan banyak mitos yang beredar seputar seks, posisi seksual dan konsepsi.

Cara Berhubungan Intim yang Tidak Mengakibatkan Kehamilan

Wanita memang bisa hamil dengan melakukan hubungan intim di hampir semua posisi. Namun, jika tidak ingin menunda moms bisa mencoba 9 cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan.

1. Posisi Woman On Top

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan

Posisi woman on top ini sering juga disebut juga cowgirl, dimana wanita dapat mengontrol kedalaman dan frekuensi dorongan selama berhubungan intim.

Posisi ini dianggap dapat mencegah kehamilan saat bercinta. Hal ini dikarenakan sperma akan sulit untuk mencapai leher rahim dalam waktu singkat.

Walaupun gravitasi tidak memiliki pengaruh besar dalam proses kehamilan, tetapi cara berhubungan intim seperti ini dianggap telah melawan gravitasi, sehingga membuat sperma atau air mani akan sulit berjalan ke leher rahim.

Jadi kemungkinan tidak hamil saat berhubungan intim dengan cara ini sangat besar. Untuk moms yang sedang mencari cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan bisa coba posisi woman on top.

2. Posisi Berdiri

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan

Posisi berdiri dipercaya sebagai cara bercinta yang tidak mengakibatkan kehamilan oleh beberapa kalangan. Ini adalah posisi dimana pria dan wanita tetap berdiri saat berhubungan intim.

Biasanya saat melakukan cara ini, wanita akan menaikan salah satu kakinya untuk memudahkan pasangannya selama melakukan hubungan intim. Namun, ada cara lain, dimana wanita akan digendong dan kakinya dilingkarkan ke pinggang pria. Setelah itu, punggungnya ditempelkan ke dinding agar mempermudah pria melakukan penetrasi selama berhubungan intim.

Cara berhubungan intim seperti ini juga tidak mengakibatkan kehamilan. Saat berhubungan intim dengan cara berdiri, sperma akan sulit mencapai rahim dalam waktu yang tepat karena adanya perlawanan terhadap gaya gravitasi. Sekali lagi, gravitasi tidak memiliki pengaruh besar dalam proses perjalanan sperma ke rahim.

Baca Juga : Waktu Berhubungan Intim di Pagi/Malam, Benarkah Pengaruhi Peluang Hamil?

3. Posisi 69

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan

Posisi yang satu ini memang sudah banyak diketahui semua orang, terutama untuk oral seks. Posisi 69 dapat menjadi cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan.

Dalam melakkan caini, pasangan akan berbaring dengan wajah wanita di bagian intim pria dan sebaliknya. Orgasme untuk posisi ini dapat dicapai tanpa penetrasi.

Biasanya, pasangan akan menggunakan mulut dan tangan secara bersamaan. Karena tidak ada air mani yang terlibat dan masuk ke dalam vagina wanita, kemungkinan hamil akan menjadi nol.

4. Dry Humping

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan

Posisi ini tidak melibatkan penetrasi apapun, sehingga menjadi cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan. Biasanya, saat berhubungan intim dengan cara ini dibutuhkan pelumas.

Karena dalam posisi ini pria akan menggesekkan penisnya ke klitoris yang merupakan organ paling sensitive milik wanita. Gesekan yang diberikan oleh pria membuat G-spot wanita terstimulasi sehingga memberikan kesenangan tertinggi selama berhubungan intim baik untuk pria dan wanita.

Namun, kalau moms masih ingin menunda kehamilan, cara berhubungan intim seperti ini sangat tidak disarankan dan perlu dihindari.

Karena berhubungan intim dengan metode dry humping dapat meningkatkan risiko kehamilan jika tidak dilakukan dengan aman. Hal ini disebabkan, saat penis pria berada di mulut vagina ada kemungkinan membawa beberapa tetes sperma ke tempat yang tidak seharusnya.

5. Masturbasi Bersama

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan

Masturbasi merupakan salah satu cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan. Karena cara ini ampuh untuk melepaskan sperma dan ovum, tetapi tidak menyebabkan kehamilan.

Berhubungan intim dengan cara ini memang sangat kecil kemungkinannya untuk hamil. Karena tidak ada penetrasi yang dilakukan saat berhubungan intim dengan cara ini.

Pria dan wanita saling menyenangkan dengan sentuhan dan menggunakan mulut. Mereka juga dapat menggunakan bagian tubuh lain kecuali untuk penetrasi.

Selama melakukan masturbasi perlu ada variasi, agar menyenangkan satu sama lain. Ketika tidak ada cairan masuk ke dalam vagina wanita, kemungkinan hamil sangat kecil, bahkan tidak ada.

Posisi ini juga dapat membuat pasangan untuk mengeksplorasi satu sama lain sehingga hubungan intim dapat beralih ke level yang lebih sensual dan memuaskan.

Baca Juga : Ketahui 7 Masalah Kehamilan Karena Gangguan Makan

6. On the Lap

Cara Berhubungan Intim yang Tidak Mengakibatkan Kehamilan

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan lainnya adalah on the lap. Karena, saat pria membiarkan wanita dalam posisi tegak lurus akan mempersulit sperma untuk mencapai rahim karena akan berenang melawan gravitasi, sehingga kemungkinan hamil akan kecil atau bahkan tidak ada.

Namun, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, gravitasi tidak sepenuhnya berpengaruh dengan jalan sperma menuju rahim. Jika moms ingin berhubungan intim dengan cara ini, jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung untuk hasil yang optimal.

7. Reverse Woman on Top

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan

Posisi ini sebenarnya mirip dengan woman on top hanya saja, saat berhubungan intim dengan cara ini wanita akan berada di posisi memunggungi pria.

Posisi ini memberikan kekuatan kepada wanita untuk mengontrol kecepatan dan kedalaman penetrasi. Cara ini dianggap aman untuk mencegah kehamilan, alasannya sperma akan memerlukan waktu yang lama untuk mencapai rahim karena ada perlawanan terhadap gaya gravitasi.

Hanya saja, tidak semua orang percaya kalau reverse woman on top ampuh dijadikan cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan. Sehingga, saat melakukan cara ini moms sangat disarankan untuk tetap menggunakan alat kontrasepsi agar tidak menyebabkan kehamilan dan tetap aman.

8. Posisi Spork

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan

Ini adalah posisi dimana pria memungkinkan untuk memasuki wanita dari samping saat berhubungan intim.

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan paling baik adalah ketika membiarkan wanita berbaring miring, kemudian mengangkat kaki kanannya untuk memudahkan pria melakukan penetrasi yang diposisikan di antara kedua kaki dengan sudut 90 derajat.

Saat berhubungan intim dengan cara ini, kaki wanita akan membentuk gunting sehingga dapat menghambat pergerakan sperma saat berada di dalam tubuhnya.

Cara ini juga dapat dilakukan dengan beberapa variasi. Jika wanita fleksibel, kaki kiri juga bisa dinaikan sedikit agar penetrasi menjadi maksimal.

Baca Juga : Ketahui Mengenai Fetal Alcohol Syndrome (FAS) dalam Kehamilan

9. The Spider

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan

Untuk berhubungan intim dengan cara ini, diperlukan keterampilan yang lebih dibandingkan posisi lainnya. Karena cara ini cukup sulit untuk dilakukan oleh pasangan.

Wanita duduk di atas pria dan saling berhadapan. Kemudian berbaring bersamaan sampai keduanya terlentang. Setelah itu angkat lutut dan pegang kaki satu sama lain untuk kenyamanan selama berhubungan intim.

Jika suka kontak mata, moms dapat menopang dengan siku dan saling menatap saat sedang menggoyangkan pinggul satu sama lain. Goyangan juga dapat diperlambat untuk menjaga agar terangsang satu sama lain lebih lama.

Walaupun tidak mudah dilakukan, tetapi the spider merupakan salah satu cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan dan bisa dicoba oleh moms.

Tidak ada jaminan kalau cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan seperti diatas tersebut ampuh ketika dilakukan.

Sehingga, moms tetap menggunakan alat kontrasepsi, seperti kondom, pil KB atau lainnya untuk menjaga agar tidak hamil, meskipun berhubungan intim.

Selain mengurangi risiko kehamilan, alat kontrasepsi juga dapat membantu mencegah penularan penyakit seksual.

Baca Juga: 3 Posisi Seks di Kamar Hotel yang Bisa Dicoba Saat Staycation

Bagaimana moms, kira-kira cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan seperti apa mau moms praktekan?

Artikel Terkait