NEWBORN
13 Juli 2020

Memandikan Bayi bagi Ibu Baru, Simak Hal yang Perlu Diketahui

Jangan takut ya, Moms, karena baik untuk bonding
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bagi orang tua baru, memandikan bayi akan menjadi rutinitas yang harus dilakukan. Tetapi memang, menurut Survei Sayangi Anak 2017, sebanyak 53% ibu baru menganggap bahwa memandikan bayi baru lahir adalah rutinitas yang sulit.

Lalu, sebanyak 46% ibu baru, takut untuk memandikan bayi baru lahir karena mengingat bahwa bayi baru lahir masih sangat rapuh, baik dari kulit yang masih sensitif dan mata yang mudah berair

Namun Moms jangan sampai tidak melakukannya ya, karena menurut jurnal Child Development Parenting Infants 0-2 pada laman Grace Point Wellness, dijelaskan bahwa memandikan bisa menjadi waktu yang menyenangkan dan istimewa antara bayi dan orang tua yang dapat menambah pertumbuhan fisik, mental, dan emosional mereka.

Tidak peduli berapa usia si bayi, orang tua bisa bernyanyi dan berbicara kepada bayi mereka untuk meningkatkan ikatan dan kepercayaan (bonding).

Seiring bertambahnya usia bayi, mereka dapat mulai mengeksplorasi dan memelajari bagian tubuh mereka selama dimandikan dan juga bisa mulai untuk bermain game di bak mandi.

Baca Juga: 3 Bentuk Sentuhan yang Bisa Memperkuat Bonding Ibu dan Bayi

Memandikan Bayi bagi Ibu Baru, Perhatikan 5 Hal Ini

Maka dari itu, Moms harus mengetahui hal-hal apa saja untuk bisa memandikan bayi bagi ibu baru tanpa rasa takut dan bahkan panik. Simak penjelasannya di bawah ini ya, Moms:

1. Menyiapkan Peralatan Mandi

memandikan bayi bagi ibu baru

Foto: stocksy.com

Sebelum memulai rutinitas memandikan bayi bagi ibu baru, sebaiknya Moms menyiapkan semua alat mandi yang dibutuhkan.

Mulai dari bak mandi, air hangat, handuk lembut, pakaian ganti yang bersih, popok, sampai sabun dan sampo yang akan digunakan.

Moms bisa menyiapkan air hangat di bak mandi dengan ketinggian 5-7 cm.

2. Periksa Suhu Air Mandi Bayi yang Tepat

memandikan bayi bagi ibu baru

Foto: nbcnews.com

Menurut Consumer Product Safety Commission (CPSC), dijelaskan bahwa ada 171 cedera yang telah dilaporkan, termasuk kasus hampir tenggelam, luka bakar akibat air panas, cedera kepala, luka dan ruam.

National Childbirth Trust merekomendasikan supaya Moms menguji terlebih dahulu suhu air dengan menggunakan pergelangan tangan atau siku, karena bagian tersebut lebih sensitif terhadap panas dibandingkan jari tangan.

Selalu mengecek suhu air untuk mandi terlebih dahulu dan memastikan air tidak terlalu panas atau terlalu dingin adalah salah satu tips memandikan bayi bagi ibu baru. Moms bisa memasukkan air panas terlebih dahulu, baru kemudian memasukkan air dingin dengan bertahap.

Baca Juga: Ketahui Suhu Air Mandi Bayi yang Tepat dan Cara Memandikan Bayi yang Disarankan

3. Membasuh Mulai dari Wajah Hingga Kaki

memandikan bayi bagi ibu baru

Foto: kveller.com

Tips memandikan bayi bagi ibu baru yang terakhir juga perlu Moms perhatikan ya, yaitu tahapan dalam membasuh Si Kecil dengan baik. Pertama-tama, Moms bisa celupkan bayi dengan perlahan ke dalam air dan harus dipastikan satu tangan Moms menopang kepala dan lehernya.

Kemudian, dengan perlahan juga, Moms bisa menuangkan air sedikit demi sedikit ke tubuh bayi mulai dari wajah bayi dan bagian atas kepalanya. Moms bisa mengusap bagian kepala dan sekitar telinga luar, dagu, lipatan leher, dan mata.

Setelah itu, Moms bisa menggunakan sabun dan sampo untuk membersihkan seluruh bagian tubuh dan pantat bayi. Jangan lupa juga membersihkan bagian bawah lengan dan sekitar area genital ya, Moms.

4. Menggunakan Sabun dan Sampo Khusus Bayi

mybaby.JPG

Foto: doc/mybaby

Dalam memandikan bayi bagi ibu baru, menggunakan sabun memang akan menghasilkan banyak busa, namun tahukah Moms, bahwa ini yang menjadi penyebab kulit bayi menjadi kering?

Selain itu, menurut dr. Rini Sekartini, SpOG, bayi baru lahir cukup keramas dua kali dalam seminggu. Selain itu, gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut bayi dan sebaiknya hindari bergontai-ganti sampo.

Moms bisa menggunakan MY BABY Hair & Body Wash yang hadir untuk menjawab kebutuhan ibu dalam memberikan perawatan mandi terbaik untuk Si Kecil. MY BABY Hair & Body Wash adalah produk sampo sekaligus sabun dalam satu kemasan.

Baca Juga: Bolehkah Memandikan Bayi yang Sedang Ruam dan Gatal-gatal?

cara memandikan bayi untuk orang tua baru

Foto: doc/mybaby

MY BABY Hair & Body Wash sangat praktis untuk membersihkan rambut dan badan. Mengandung pH Balance 5.5 yang netral bagi kulit bayi dan formulanya pun lembut di mata. MY BABY Hair & Body Wash sudah teruji secara klinis tidak menyebabkan iritasi kulit.

MY BABY Hair & Body Wash diperkaya dengan kandungan Aloe Vera yang mampu melembapkan dan merangsang pertumbuhan rambut bayi. Lalu, Avocado yang mampu menghaluskan rambut dan melindungi kulit dari kekeringan, serta Chamomile yang membantu melindungi kulit bayi dan iritasi ringan.

5. Memeriksa Agar Bayi Tetap Aman

memandikan bayi bagi ibu baru

Foto: mom.com

Namun, yang terpenting dalam memandikan bayi bagi ibu baru adalah masalah keamanan. Dijelaskan oleh Consumer Product Safety Commission (CPSC) pada laman apppublications.org dijelaskan bahwa 31 kematian bayi telah dikaitkan dengan bak mandi bayi sejak tahun 2004. Hampir semua bayi yang meninggal tenggelam setelah orang tua atau pengasuh meninggalkan mereka sendirian di bak mandi.

Dengan begitu, faktor keamanan sangat penting saat memandikan bayi bagi ibu baru dengan tidak meninggalkannya sendiri selama satu atau dua menit.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Aman Memandikan Bayi, Catat!

“Bahkan pada usia tiga, empat atau lima tahun, mereka bisa terpeleset dan membenturkan kepala mereka. Apalagi jika menggunakan bathtub, ada kemungkinan mereka tenggelam. Seperti saat mereka mengendarai sepeda, Anda tidak pernah tahu kapan kecelakaan akan terjadi,” jelas dr. Thomas Phelps, Dokter Anak di Cleveland Clinic Children’s.

Setelah semua proses memandikan bayi bagi ibu baru di atas selesai, Moms bisa mengeringkan bayi secara menyeluruh dan mengenakan popok yang bersih.

Nah, tidak sulit dan tidak perlu ada yang ditakutkan bukan Moms dalam memandikan bayi bagi ibu baru? Selamat memandikan Si Kecil, Moms!

Artikel Terkait