RUPA-RUPA
22 Agustus 2019

Cara Membersihkan Sex Toys dengan Benar Sesuai Bahannya

Salah cara membersihkannya bisa merusak teksturnya lho Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Intens memakai sex toys untuk alat bantu aktivitas seksual, berarti Moms and Dads juga harus tahu bagaimana cara perawatannya.

Jangan sampai mainan ini malah rusak atau bahkan membahayakan tubuh Moms and Dads sendiri. Apalagi jika sampai menimbulkan penyakit, wah bisa bikin pusing tujuh keliling.

Langkah awalnya, Moms and Dads harus tahu terlebih dahulu, bahan apa yang dipakai dalam sex toys yang kalian punya. Kalian harus tahu juga bahwa benda tersebut harus dibersihkan segera setelah dan sesaat sebelum dipakai. Ini untuk menghindari tertinggal atau bersarangnya bakteri dan jamur dalam sex toys.

Setelah tahu bahan dan kapan waktu yang dianjurkan untuk membersihkannya, Moms and Dads harus tahu cara-cara membersihkan sex toys yang benar, sesuai bahannya. Karena tiap bahan punya sensitivitas yang berbeda, maka perlakuannya pun juga dibedakan, agar tidak merusak kandungan partikelnya.

Baca Juga: 3 Manfaat Sex Toys Dalam Hubungan Suami Istri

Sex Toys dengan Bahan Lateks

Cara Membersihkan Sex Toy

Foto: Boingboing.net

Jika terbuat dari lateks, maka benda itu masih termasuk golongan karet dan tentunya berpori. Bahan seperti ini sensitif terhadap suhu dan bisa berubah bentuk jika terkena panas berlebih.

Maka Moms and Dads bisa membersihkannya hanya dengan kain lap hangat yang lembap dan bersabun jika benda itu bermesin. Namun jika benda itu tahan air, maka bisa dicuci dalam air hangat, kemudian bersihkan dengan lap dan sabun.

Sex Toys dengan Bahan Elastomer

Cara Membersihkan Sex Toy

Foto: Wired.com

Untuk sex toys yang terbuat dari campuran bahan elastomer yang menyerupai kulit, bisa diperlakukan sama dengan lateks. Yang harus diperhatikan hanya, Moms and Dads tidak perlu memberikan terlalu banyak sabun, karena kandungannya bisa merusak partikel dan tekstur pada bahan serupa kulit tersebut.

Baca Juga: 5 Jenis Sex Toys untuk Meningkatkan Gairah dalam Hubungan Suami Istri

Sex Toys dengan Bahan Plastik ABS

Cara Membersihkan Sex Toy

Foto: Travelandleisure.com

Apakah sex toys Moms and Dads terbuat dari plastik ABS? Sama seperti yang berlaku pada bahan elastomer atau lateks, benda ini dapat dibersihkan dengan kain lembap dan sabun lembut jika bermesin. Atau mencucinya dengan air dan sabun lembut jika tidak ada mesin dan dibuat tahan air.

Sex Toys dari Bahan Kaca Gelas Soda

Cara Membersihkan Sex Toy

Foto: Ebay.com

Nah, kalau sex toys terbuat dari bahan gelas soda, jenis kaca ini peka terhadap suhu. Karena peka terhadap suhu, bahan jenis kaca ini bisa sangat menyenangkan saat digunakan. Untuk membersihkannya, cuci saja dengan cara yang sama seperti mencuci mainan lateks atau elastomer.

Baca Juga: 3 Pengaruh Menggunakan Sextoys Terhadap Hubungan, Penasaran?

Sex Toys dari Bahan Silikon atau Logam

Cara Membersihkan Sex Toy

Foto: Crowdfundinsider.com

Jika terbuat dari kaca borosilikat, silikon, atau logam, maka bisa dibersihkan dengan sabun lembut dan air hangat, atau handuk basah yang lembut, sema seperti bahan lainnya tadi. Sebagai tambahan, jika gelas borosilikat, silikon, atau mainan stainless steel tidak bermesin, Moms and Dads bisa merebusnya selama 3 hingga 4 menit untuk membuatnya steril.

Pakar pendidikan seks, Lisa Finn tidak menyarankan sex toys terbuat dari emas, karena banyak di antaranya hanya berlapis emas, dan mungkin mengandung bahan lain di dalamnya. Selain itu, meskipun ada rekomendasi untuk mencuci sex toys berbahan logam di mesin pencuci piring, Finn menyarankan untuk tidak melakukannya, karena dapat meninggalkan residu.

Nah, kini Moms and Dads sudah cara membersihkan sex toys dan perlakuannya untuk masing-masing bahan. Pastikan untuk segera membersihkannya setelah dan sebelum digunakan, karena ini penting sekali untuk menghindari penyakit dan hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait