NEWBORN
5 Desember 2017

Cara Mencegah dan Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung suka membuat si kecil rewel
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Ibu baru sering terkejut dengan munculnya suara kencang dari bayi kecil. Bahkan tidak jarang bayi baru lahir juga mengeluarkan bunyi yang cukup keras saat mengeluarkan gas dari dalam perutnya atau kentut. Namun, sebenarnya ini merupakan hal yang alami dan umum terjadi pada bayi.

Kendati demikian, Moms pasti juga sempat menghadapi perut kembung pada bayi yang terkadang membuatnya rewel. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Apa yang Perlu Diperhatikan?

Bayi sudah pasti tidak mungkin bisa memberitahu Moms secara lisan bahwa ada gas di dalam perutnya yang harus segera dikeluarkan. Sehingga, tidak jarang bayi menjadi rewel.

Moms tidak seharusnya panik dan langsung menduga bahwa bayi kembung. Umumnya perut bayi memang mengandung gas dalam jumlah tertentu. Bayi rewel mungkin hal yang wajar, selain itu frekuensi gas yang normal juga tidak perlu Moms khawatirkan.

Tidak seperti orang dewasa, bayi sedikit lebih sulit dalam mengeluarkan gas yang ada dalam perutnya. Meskipun begitu, bayi jarang menunjukkan bahwa ia merasa tidak nyaman dengan angin di perutnya.

Namun, Moms bisa menduga bayi rewel karena masalah perut kembung. Moms bisa melihat bayi memberikan isyarat tidak nyaman karena kembung dengan cara mengangkat kakinya serta terus menggeliat. Ini juga merupakan cara mengeluarkan angin dalam perut yang dilakukan sendiri oleh bayi.

Saat bayi sudah tidak rewel dan terlihat lebih nyaman setelah angin di perutnya keluar, kemungkinan memang penyebab utama ketidaknyamanannya adalah kembung.

Baca Juga : 5 Keuntungan Rutin Baby Spa Bagi Perkembangan Bayi

Langkah-langkah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Apa yang harus Moms lakukan jika Si Kecil mengalami perut kembung? Mulailah menempatkan bayi di permukaan datar dengan posisi tengkurap. Angkat sedikit perutnya kemudian pijat dengan lembut.

Cara lain yang bisa Moms lakukan adalah tetap memosisikan bayi dalam kondisi tengkurap, lalu gerakkan pinggul dan kakinya seperti gerakan orang yang sedang mengayuh sepeda. Selain itu, memandikan bayi dengan air hangat juga bisa membantu meredakan ketidaknyamanannya dan mendorong angin dalam perut Si Kecil keluar secara alami.

Jika semua tindakan di atas masih belum berhasil, segera konsultasikan kondisi bayi dengan dokter yang biasa menanganinya.

Cara Mencegah Perut Kembung Pada Bayi

Usahakan agar bayi bisa bersendawa sehingga tidak akan ada tumpukan gas di dalam perutnya. Selama bayi menangis saat makan, minum atau menyusu, ada begitu banyak udara yang masuk hingga akhirnya menumpuk dalam perutnya. Oleh karena itu, kentut atau bersendawa adalah hal yang penting dilakukan demi mencegah perut kembung.

Bagi bayi yang sudah mulai diberikan susu melalui botol, Moms harus menghisap terlebih dahulu susu pertama dari botol tersebut sebelum diberikan pada bayi. Pasalnya, saat Moms membuat susu dan juga menempatkannya dalam botol, ada begitu banyak udara yang ikut masuk ke dalamnya. Bukan hanya itu, bayi yang sudah mendapatkan MPASI juga perlu diperhatikan makanannya. Makanan padat yang sulit dicerna oleh Si Kecil berpotensi menambah kadar gas atau angin dalam perutnya.

Adapun jika bayi masih menyusu ASI eksklusif, perhatikan posisi Moms menyusui. Pastikan kepala Si Kecil lebih tinggi dari perutnya. Dengan begitu perlahan-lahan ASI masuk sempurna ke dalam perutnya dan angin yang ada dalam perut bisa naik ke atas. Ini membantunya lebih mudah bersendawa.

Moms sudah paham cara mengatasi perut kembung pada bayi bukan? Jangan panik dan mulai lakukan tindakan terbaik.

(RGW)

Artikel Terkait