KESEHATAN
23 Oktober 2020

Cara Mengatasi Bibir Kering dengan 9 Bahan Alami yang Mudah!

Bahan-bahan ini ditemukan dengan mudah di rumah, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Setiap orang ingin memiliki bibir yang sehat. Tetapi, kondisi bibir kering dapat terjadi kepada siapa saja. Ada beberapa penyebab memiliki bibir yang kering.

Misalnya, seperti pemakaian kosmetik, efek dari sinar matahari, kurang minum air putih, dan lain sebagainya. Hal ini pun membuat Moms ingin mencari tahu bagaimana cara mengatasi bibir kering.

"Bibir pecah-pecah biasanya disebabkan oleh paparan lingkungan yang menyebabkan iritasi, termasuk air liur dan menjilat bibir, makanan pedas, serta cuaca dingin dan kering," kata Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, mengutip Everyday Health.

Sementara itu, ada juga penyebab yang menyebabkan bibir kering seperti selesma dan kerusakan akibat sinar matahari juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, serta penggunaan obat-obatan seperti agen penurun kolesterol.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lip Scrub Untuk Bikin Bibir Halus

Cara Mengatasi Bibir Kering

Meskipun penggunaan lip balm bisa menjadi cara mengatasi bibir kering dengan melembapkan bibir, ada juga berbagai pengobatan rumahan dari bahan alami yang bisa digunakan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Mengoleskan Minyak Almond

cara mengatasi bibir kering-minyak almond

Foto: Orami Photo Stock

Minyak almond dapat digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering karena kandungan asam lemaknya.

"Minyak almond memiliki tingkat asam lemak yang tinggi dan sudah sering digunakan dalam mengatasi eksim," kata Dr. Lauren E. Adams, dokter kulit dengan Asosiasi Dokter Rumah Sakit White Plains, mengutip Reader's Digest.

Cara mengatasi bibir kering dengan minyak almond, cukup oleskan beberapa tetes ke bibir. Minyak almond juga merupakan bahan yang baik untuk mengatasi rambut kering dan rusak.

Tetapi, lakukan tes alergi terlebih dahulu, karena beberapa orang memiliki alergi dalam menggunakan minyak almond.

2. Bisa Menggunakan Minyak Kelapa

cara mengatasi bibir kering-minyak kelapa

Foto: Orami Photo Stock

Jika terlalu sulit mencari minyak almond, Moms dapat menggunakan minyak kelapa sebagai cara mengatasi bibir kering dengan bahan alami.

"Minyak kelapa adalah emolien yang baik, menambah kelembapan pada kulit, dan juga memiliki beberapa sifat anti-stafilokokus yang dapat membantu mencegah infeksi bakteri pada bibir pecah-pecah," jelas Adams.

Menurut Journal of Traditional and Complementary Medicine, minyak kelapa tidak hanya melembapkan kulit, tetapi juga dapat melindungi kulit dengan meningkatkan fungsi penghalang pada kulit.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa bagi Bayi

3. Konsumsi atau Oleskan Potongan Timun

cara mengatasi bibir kering-timun

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi bibir kering juga bisa dengan menggunakan timun. Timun adalah sayuran sempurna untuk membuat bibir kering terhidrasi dan sehat.

Timun juga dapat memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit untuk membuat bibir halus. Moms dapat mengoleskan bibir dengan timun yang diiris, atau menghancurkan timun dan menyapukan sari airnya ke bibir.

4. Eksfoliasi dengan Madu dan Gula

cara mengatasi bibir kering-gula madu.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bibir yang kering harus dilakukan eksfoliasi atau pengelupasan dengan scrub. Sehingga dapat membantu menghilangkan kulit mati dan membantu bibir rehidrasi dan halus.

"Jika Anda mengalami bibir kering terus menerus, maka Anda mungkin membutuhkan pengelupasan bibir," kata Adina Mahalli, ahli perawatan rambut dan kulit dari Maple Holistics.

Ia menambahkan, "Gula mengandung kualitas abrasif yang menjadikannya pengelupas alami hebat. Gula alami pada madu bertindak sebagai humektan dan emolien yang meningkatkan kontrol air di kulit Anda."

Menurut Central Asian Journal of Global Health, madu sudah dikenal memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan penyembuhan luka. Karenanya, madu telah digunakan berabad-abad sebagai obat alami perawatan kulit dan sejumlah kondisi kesehatan lainnya.

Untuk cara mengatasi bibir kering, Moms dapat membuat scrub dengan gula dan madu, lalu menggosoknya ke bibir dengan sikat secara lembut.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Madu Setiap Hari

5. Gosokkan Teh Hijau ke Permukaan Bibir

cara mengatasi bibir kering-teh hijau

Foto: Orami Photo Stock

Teh hijau adalah bahan yang juga sudah lama dipakai sebagai cara mengatasi bibir kering.

Usai menyeduh kantung teh hijau, keluarkan kantungnya dan gosokkan ke bibir untuk menjadikan bibir lebih halus dan terhindar dari bibir pecah-pecah.

Kandungan teh hijau kaya antioksidan dan mineral, juga polifenol yang mengurangi peradangan.

6. Mengoleskan Lidah Buaya

cara mengatasi bibir kering-lidah buaya

Foto: Orami Photo Stock

Lidah buaya memiliki sifat kohesif alami yang mengikat sel-sel yang mengelupas untuk membuat kulit lebih lembut. Ini menenangkan kulit dan dengan lembut mengangkat sel kulit mati.

Mengoleskan lidah buaya juga menjadi cara mengatasi bibir kering dan memiliki efek perlindungan dan pendinginan pada kulit, menurut Indian Journal of Dermatology.

Sebaiknya, Moms menggunakan tanaman lidah buaya asli. Caranya, potong daun lidah buaya dan keluarkan gelnya ke dalam wadah (dengan tutup kedap udara).

Setelah itu, oleskan gel pada bibir dan biarkan semalaman. Moms bisa menyimpan sisa gel dalam wadah kedap udara, atau simpan di lemari es jika tinggal di daerah beriklim panas dan sedang.

Lakukan cara ini secara teratur sebelum tidur.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab Bibir Hitam, Yuk Rawat Bibir Tetap Sehat!

7. Menggunakan Ekstrak Vanili

cara mengatasi bibir kering-ekstrak vanili

Foto: Orami Photo Stock

Baik gula dan soda kue bertindak sebagai pengelupas dalam campuran ini. Ekstrak vanila menambah rasa yang menyenangkan pada lulur bibir ini sebagai cara mengatasi bibir kering.

Moms perlu 2 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh soda kue, 2 sendok teh minyak jojoba atau minyak zaitun, dan 1/4 sendok teh ekstrak vanili. Lalu, campur semua bahan yang disebutkan di atas.

Ambil sedikit campuran ini di ujung jari dan oleskan ke bibir yang kering. Setelah itu, gosok bibir dengan campuran ini selama satu menit atau lebih dan kemudian bersihkan.

Moms bisa menyimpan sisa scrub bibir vanilla dalam wadah kedap udara hingga 7 hari. Sebaiknya lakukan perawatan ini setiap hari selama beberapa hari, lalu setiap 3-4 hari sekali.

8. Petroleum Jelly untuk Merehidrasi Kulit

cara mengatasi bibir kering-petroleum jelly

Foto: Orami Photo Stock

Petroleum jelly (seperti Vaseline) membentuk lapisan pelindung pada bibir dan merehidrasi kulit untuk mempercepat proses pembaruan.

Saat jeli meresap ke lapisan dalam kulit, permukaan kulit menjadi lebih halus. Karena itu, memakai petroleum jelly juga bisa menjadi cara mengatasi bibir kering yang lainnya.

Caranya, cukup ambil sedikit petroleum jelly di ujung jari dan pijat lembut pada bibir. Moms dapat menerapkannya kembali beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: Benarkah Minum Air Es Saat Hamil Berpengaruh Pada Janin?

9. Perawatan Bibir Kering Lainnya

cara mengatasi bibir kering-minum air

Foto: Orami Photo Stock

Kebanyakan orang mengalami bibir pecah-pecah dari waktu ke waktu. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk merawat dan mencegah bibir pecah-pecah.

Mengutip Mayo Clinic, berikut ini beberapa caranya:

  • Lindungi bibir. Sebelum keluar dalam cuaca dingin dan kering, oleskan krim bibir atau balm pelumas yang mengandung tabir surya, lalu tutupi bibir dengan. Oleskan kembali sesering mungkin saat berada di luar ruangan.
  • Hindari menjilat bibir. Air liur menguap dengan cepat, membuat bibir lebih kering daripada sebelum dijilat. Jika Moms cenderung menjilat bibir, hindari lip balm beraroma yang mungkin memunculkan keinginan untuk lebih menjilat bibir.
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi. Minum banyak cairan, dan lembapkan udara di rumah dengan humidifier.
  • Hindari alergen. Hindari kontak dengan iritan atau alergen, seperti zat pewangi atau pewarna, dalam kosmetik atau produk perawatan kulit.
  • Bernapaslah melalui hidung. Bernapas melalui mulut dapat menyebabkan bibir mengering.

Jika pecah-pecah parah dan tidak merespons pengobatan di rumah, konsultasikan dengan dokter. Pada kasus yang sangat jarang, bibir pecah-pecah yang terus-menerus dapat mengindikasikan masalah yang mendasarinya.

Itu dia Moms, beberapa cara mengatasi bibir kering dengan bahan alami yang mudah dilakukan. Jangan lupa minum air putih setidaknya 2 liter untuk menghidrasi bibir ya, Moms.

Artikel Terkait