3-5 TAHUN
19 September 2019

Cara Mengatasi Masalah Mimpi Buruk pada Si Kecil

Agar Si Kecil tidak takut, ini cara mengatasi mimpi buruknya di malam hari di malam hari.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Mimpi ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa, anak-anak hingga bayi pun bisa mengalaminya. Namun, yang paling sering terjadi adalah ketika Si Kecil mengalami mimpi buruk. Tentu hal ini bisa mengganggu waktu tidur berkualitas Si Kecil.

Baca Juga: Kapan Anak Perlu Tidur Di Kamar Sendiri?

Pasalnya, buah hati Moms bisa sangat ketakutan, tidak mau tidur, bahkan bisa membuatnya jadi takut tidur sendiri. Dikutip dari kidshealth.org, mimpi buruk pada anak tidak bisa dicegah, tetapi sebagai orangtua Moms harus bisa mengatasinya dengan baik.

Dengan begitu, ketika mimpi buruk terjadi pada Si Kecil, Moms sudah siap dan sigap membantu mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, ini dia.

Ada di Samping Si Kecil

baby-1266117_960_720.jpg

Foto: Pixabay.com

Cara mengatasi masalah mimpi buruk Si Kecil adalah dengan meyakinkannya kalau Moms atau Dads berada di dekat atau sebelahnya saat hal itu terjadi. Kehadiran orang tua ternyata bisa membantu Si Kecil menjadi lebih tenang, aman, dan terlindungi saat terbangun dengan perasaan takut serta cemas akibat mimpi buruk.

Pastikan Moms atau Dads langsung menuju ke kamarnya ketika mendengar ia menjerit atau berteriak akibat mimpi buruk, ya.

Tenangkan Si Kecil

sleep-the-hows-and-whysnarrow.jpg

Foto: raisingchildren.net.au

Menenangkan dan menjelaskan apa yang terjadi pada Si Keci merupakan cara mengatasi mimpi buruk yang berikutnya.

Katakan padanya, “Tenang, Nak, kamu hanya mengalami mimpi buruk. Tidak apa-apa, tidak terjadi apapun, karena sekarang kamu sudah bangun dan ada Mama di sampingmu”.

Ucapkan sambil memeluk serta mengusap kepalanya. Tunjukkan bahwa Moms memberikan perhatian kepada Si Kecil.

Baca Juga: 5 Alasan Bayi Menangis Saat Tidur, Benarkah Salah Satunya Karena Mimpi Buruk?

Dengarkan dan Pahami Ceritanya

little-girl-scared-after-having-nightmares-in-bed.jpg

Foto: dreams.co.uk

Dikutip dari National Sleep Foundation, mendengarkan dan memahami cerita di balik mimpi buruk Si Kecil bisa menjadi cara selanjutnya, Moms. Setelah menenangkan Si Kecil, ajak ia berbicara sebentar dan tanyakan mimpi buruk seperti apa yang ia alami.

Cobalah untuk memahami, jangan mengabaikan, ataupun mengolok-oloknya. Sebab meledek hanya akan membuat Si Kecil semakin ketakutan dan malu bercerita. Pastikan komunikasi yang Moms dan Dads lakukan bersama Si Kecil berjalan dengan lancar.

Nyalakan Lampu Kamar

melatonin-for-kids-1296x728-feature.jpg

Baca Juga: 5 Tips Membiasakan Anak Untuk Membereskan Kamar Tidurnya

Foto: healthline.com

Menyalakan lampu kamar akan memberikan rasa aman untuk Si Kecil yang baru saja mengalami mimpi buruk. Saat dia terbangun karena mimpi buruk, nyalakan lampu kamarnya dan ajak Si Kecil untuk kembali tidur.

Moms juga bisa membiarkan pintu kamar terbuka sehingga Si Kecil tidak merasa takut dan bisa memanggil kedua orangtuanya sewaktu-waktu.

(MA/KM)

Artikel Terkait