PROGRAM HAMIL
15 April 2019

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil?

Saat kepala pada masa kehamilan adalah hal yang wajar terutama pada trimester 1 dan 3
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Sakit kepala adalah salah satu ketidaknyamanan yang paling umum dialami selama kehamilan. Sakit kepala dapat terjadi kapan saja selama kehamilan Moms, tetapi cenderung paling umum selama trimester pertama dan ketiga.

Selama trimester pertama, tubuh Moms mengalami lonjakan hormon dan peningkatan volume darah. Kedua perubahan ini dapat menyebabkan sakit kepala yang lebih sering.

Sakit kepala ini dapat lebih diperburuk oleh stres, postur yang buruk atau perubahan dalam penglihatan. Sakit kepala selama trimester ketiga cenderung lebih sering dikaitkan dengan postur dan ketegangan yang buruk akibat membawa beban yang lebih.

Baca Juga: Tips Perut Kembali Rata Pasca Melahirkan

Sakit kepala selama trimester ketiga juga bisa disebabkan oleh kondisi yang disebut preeklampsia, yaitu tekanan darah tinggi selama kehamilan.

Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

6e0bd12b0d3ea0ed981d8cd6b12520f8

Saat masa kehamilan, untuk mengatasi sakit kepala tentunya tak sama dengan saat Moms sedang tak hamil. Ada beberapa cara yang dapat Moms lakukan seperti:

1. Banyak istirahat dan relaksasi

2. Berolahraga

3. Makan dengan nutrisi yang seimbang

4. Kompres dingin atau panas ke kepala

Baca Juga: Waspada! Bahaya Slapped Cheek Syndrome Pada Ibu Hamil

Meski rasanya ingin sekali mengatasinya dengan obat, namun obat pereda nyeri seperti aspirin dan ibuprofen tidak dianjurkan pada kehamilan. Upayakanlah untuk mengatasinya dengan cara yang sealami mungkin.

Bagaimana cara alami lainnya untuk mengatasi sakit kepala saat hamil? Moms mungkin ingin mencoba meredakan sakit kepala dengan beberapa hal berikut ini:

1. Jika Moms memiliki sakit kepala akibat sinus, gunakan kompres hangat di sekitar mata dan hidung.

2. Jika Moms mengalami sakit kepala tegang, aplikasikan kompres dingin atau kompres es di pangkal leher.

3. Pertahankan gula darah dengan makan dengan porsi kecil namun sering. Hal ini juga dapat membantu mencegah sakit kepala di lain hair.

4. Memijat bahu dan leher merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan rasa sakit.

5. Beristirahatlah di ruangan gelap dan berlatih menarik napas dalam-dalam.

6. Mandi air hangat.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

thumbnail drupal pregnancy sym video

Sakit kepala adalah bagian normal dari kehamilan, namun Moms tetap harus dapat mendapatkan penanganan medis bila kondisi memburuk.

Seperti, sakit kepala yang bertambah buruk atau lebih persisten, mengalami sakit kepala yang berbeda dari biasanya, sakit kepala disertai dengan penglihatan buram, kenaikan berat badan mendadak, nyeri di perut kanan atas, dan pembengkakan di tangan dan wajah. Pada kondisi seperti itulah Moms sebaiknya waspada dan segera berkonsultasi ke dokter.

(MDP)

Artikel Terkait