KESEHATAN
4 Juli 2020

5 Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus yang Mudah Dilakukan

Bermain di alam bisa meningkatkan fokus
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap hari, orang-orang melakukan rutinitas terkait pekerjaan, sekolah, kuliah, bahkan menjadi Ibu rumah tangga. Rutinitas ini terkadang juga bisa jadi cukup menantang.

Ketika merasa lelah, proses pengerjaan rutinitas ini juga akan semakin terganggu karena sulit untuk fokus. Karena itu, Moms perlu tahu seperti apa cara meningkatkan konsentrasi.

Konsentrasi mengacu pada upaya yang diarahkan untuk fokus kepada apa yang sedang dikerjakan atau dipelajari saat itu juga. Berikut ini tips untuk tingkatkan konsentrasi.

Baca Juga: 5 Aktivitas Sederhana untuk Melatih Fokus Balita

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan agar bisa meningkatkan konsentrasi seseorang. Mulai dari bermain game hingga berjalan-jalan menikmati alam, berikut ini beberapa caranya.

1. Bermain Video Game

cara meningkatkan konsentrasi-1.jpg

Foto: motion4lifefitness.com

Bermain video game mungkin menjadi salah satu metode yang menarik banyak orang sebagai cara meningkatkan konsentrasi. Tentunya dengan menjaga porsi dan tidak bermain secara berlebihan ya, Moms.

Studi dari Frontiers in Human Neuroscience pada tahun 2018, yang mengamati 29 orang menemukan bukti bahwa satu jam bermain game dapat membantu meningkatkan perhatian selektif visual.

Perhatian selektif visual ini mengacu pada kemampuan untuk berkonsentrasi pada tugas tertentu sambil mengabaikan gangguan di sekitar.

2. Sempatkan Waktu untuk Berolahraga

cara meningkatkan konsentrasi-2.jpg

Foto: womenshealthmag.com

Tidak hanya tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, berolahraga juga memiliki manfaat sebagai cara meningkatkan konsentrasi yang dapat dilakukan oleh Moms.

Studi oleh BioMed Research International pada 2018, yang mengamati 116 siswa kelas lima menemukan bukti bahwa aktivitas fisik harian dapat membantu tingkatkan konsentrasi dan perhatian setelah dilakukan 4 minggu.

Baca Juga: 8 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Otak, Moms Harus Coba!

3. Habiskan Waktu Bermain di Alam

cara meningkatkan konsentrasi-3.jpg

Foto: health.harvard.edu

Jika ingin meningkatkan konsentrasi secara alami, cobalah berjalan-jalan ke luar setiap hari, bahkan jika hanya 15 hingga 20 menit. Moms dapat berjalan kaki singkat menuju ke taman.

Penelitian dari Journal Experimental Psychology, menemukan bukti bahwa meletakkan tanaman di ruang kantor membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, serta kepuasan tempat kerja dan kualitas udara.

Coba tambahkan satu atau dua tanaman hijau di ruang kerja atau meja kerja, Moms bisa memilih tanaman yang tidak perlu memerlukan perawatan rutin sebagai cara meningkatkan konsentrasi.

4. Cobalah Melakukan Meditasi

cara meningkatkan konsentrasi-4.jpg

Foto: pinterest.com

Praktek meditasi dapat menawarkan banyak manfaat, salah satunya sebagai cara meningkatkan konsentrasi yang baik.

Jurnal dari Clinical Psychology Review, menemukan bukti bahwa pelatihan meditasi yang menekankan fokus perhatian dapat membantu meningkatkan perhatian dan fokus.

Meditasi tidak hanya berarti duduk diam dengan mata tertutup. Bentuk meditasi lain termasuk yoga, pernapasan dalam, dan banyak aktivitas lain yang dapat membantu bermeditasi.

Baca Juga: Anak Sulit Konsentrasi di Sekolah? Ini Kebiasaan yang Baik untuk Melatih Daya Ingat

5. Lakukan Latihan Konsentrasi

cara meningkatkan konsentrasi-5.jpg

Foto: inquirer.com

Latihan konsentrasi dilakukan sebagai cara meningkatkan konsentrasi dan fokus. Latihan mental ini melibatkan perhatian penuh untuk suatu kegiatan selama periode waktu tertentu.

Berikut kegiatan yang bisa dicoba:

  • Gambar atau coret-coret selama 15 menit.
  • Luangkan beberapa menit untuk melempar balon atau bola kecil dengan orang lain.
  • Atur timer selama 3-5 menit. Cobalah berkedip sesedikit mungkin.
  • Hisap lolipop atau permen keras sampai hilang, dan tahan keinginan untuk menggigitnya. Perhatikan rasa, sensasi permen di lidah, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memakannya sampai habis.

Itu dia Moms, beberapa cara meningkatkan konsentrasi yang bisa dilakukan dengan mudah agar tetap fokus sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

Artikel Terkait