KELUARGA
6 Maret 2020

7 Cara Menjaga Hubungan LDR Agar tetap Harmonis, Catat!

Komunikasi tetap jadi nomor satu!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tidak ada yang ingin berpisah dengan pasangannya, apalagi setelah menikah. Namun, terkadang hubungan jarak jauh tidak dapat dihindari karena berbagai alasan termasuk pekerjaan.

Meskipun tidak mudah untuk bisa mempertahankan pernikahan jarak jauh, tetapi jika Moms dan Dads yakin dan saling berkomitmen, tentu pernikahan jarak jauh pun akan bertahan.

Dilansir dari jurnal The Phenomenon of Marriage Couples with Long Distance, bahwa hubungan jarak jauh didasari dari bagaimana kualitas komunikasi pasangan. Sebelum melakukan hubungan jarak jauh, penting bahwa Moms dan Dads harus memegang apa yang menjadi komitmen dan menyatukan tujuan pernikahan.

Hal ini bisa membuat Moms dan Dada bisa saling terbuka dan menjaga perasaan satu sama lainnya.

Cara Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Harmonis

Banyak risiko yang diambil ketika menjalani pernikahan jarak jauh. Lambat laun, hubungan jarak jauh bisa mengikis rasa kepercayaan masing-masing.

Jika dibiarkan, hal ini tentu akan memengaruhi kelangsungan pernikahan. Untuk itu, ada beberapa cara yang Moms dan Dads bisa lakukan untuk menjaga keharmonisan pernikahan jarak jauh.

1. Komunikasi Tetap Nomor Satu

7 Tips Untuk Menjaga Pernikahan Jarak Jauh Tetap Sehat 1.jpg

Foto: freepik.com

Cara menjaga hubungan LDR agar tetap harmonis yang pertama adalah komunikasi. Kunci dari setiap hubungan yang harmonis tentunya didasari oleh komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik bisa berjalan karena ada rasa keterbukaan di antara pasangan.

Meskipun Moms dan Dads terpisah jarak cukup jauh, tidak menutup kemungkinan untuk tetap bisa memberi kabar setiap harinya. Saling mengirimkan foto, video call, ataupun mengirimkan pesan yang romantis adalah hal yang bisa membuat Moms dan Dads saling berhubungan dan bergantung.

Jadi, jangan lewatkan satu hari pun tanpa memberi kabar ke pasangan, ya.

2. Kepercayaan Jadi Prioritas

7 Tips Untuk Menjaga Pernikahan Jarak Jauh Tetap Sehat 2.jpg

Foto: freepik.com

Cara menjaga hubungan LDR agar tetap harmonis yang selanjutnya adalah saling percaya. Jika komunikasi ibarat kuncinya, komitmen terhadap pasangan adalah gembok dalam suatu hubungan. Bersikap terbuka dan saling percaya terhadap kegiatan masing-masing akan melahirkan kepercayaan terhadap pernikahan Moms dan Dads.

Saat ada masalah yang terjadi, cobalah diskusikan dengan pasangan untuk mencari solusi bersama. Lalu, kalau ada yang dikhawatirkan oleh Moms dan Dad, berusahalah untuk mengatakannya.

Hal ini bisa mengindikasikan bahwa Moms dan Dads memang benar-benar takut kehilangan satu sama lain dan membuat pasangan merasa lebih dibutuhkan.

Baca Juga: 4 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga dengan Suami

3. Melakukan Kegiatan Bersama

7 Tips Untuk Menjaga Pernikahan Jarak Jauh Tetap Sehat 3.jpg

Foto: freepik.com

Cara menjaga hubungan LDR agar tetap harmonis yang selanjutnya adalah melakukan kegiatan bersama. Siapa bilang kalau pasangan LDR setelah menikah itu tidak bisa melakukan kegiatan bersenang-senang bersama? Meskipun terpisah jarak yang jauh, Moms dan Dads tetap bisa melakukan hal-hal romantis bersama, lho.

Cobalah untuk membuat rencana menonton film bersama melalui layanan streaming dengan pasangan. Permainan online juga bisa dimanfaatkan untuk mendiskusikan sesuatu yang bisa memicu percakapan baru dan menarik.

Sangat penting bagi Moms dan Dads untuk bisa membagi waktu bersama agar intimasi tetap terjaga sampai nantinya bertemu kembali.

4. Tetap Memprioritaskan Diri

7 Tips Untuk Menjaga Pernikahan Jarak Jauh Tetap Sehat 4.jpg

Foto: stocksnap.io

Cara menjaga hubungan LDR agar tetap harmonis yang selanjutnya adalah tetap prioritaskan diri. Untuk bisa membahagiakan orang lain, tentunya diri kita harus merasa bahagia terlebih dahulu. Ketika pasangan jauh dari kita, cobalah untuk fokus mencapai tujuan masing-masing saat waktu sendiri atau meneruskan hobi yang sempat tertunda.

Dengan menyibukkan diri, maka waktu menunggu bertemu pasangan kembali tidak akan terasa lama dan bisa dimanfaatkan lebih maksimal untuk hal-hal positif.

Biarkan rasa rindu mengalir di antara Moms dan Dads agar hubungan tidak terasa membosankan. Jadi, ketika akhirnya bertemu kembali, konsentrasi bisa sepenuhnya diberikan kepada Dads.

5. Memberi Kejutan

7 Tips Untuk Menjaga Pernikahan Jarak Jauh Tetap Sehat 5.jpg

Foto: pexels.com

Cara menjaga hubungan LDR agar tetap harmonis yang selanjutnya adalah memberikan kejutan. Siapa bilang LDR setelah menikah, Moms dan Dads tidak bisa memberi kejutan satu sama lainnya? Sesederhana memberi kejutan ke pasangan dengan tiba-tiba mengunjunginya adalah hal romantis yang membuat pasangan jadi bahagia.

Jika pasangan hobi membaca, Moms atau Dads bisa membelikan buku bacaan terbaru. Atau mungkin membeli tiket berlibur ke tempat yang belum pernah dikunjungi untuk short getaway berdua.

Meskipun terlihat sepele, hal-hal seperti ini akan membuat Moms dan Dads merasa sangat dekat.

Baca Juga: Suami Bekerja di Luar Kota, Begini Cara Agar Tetap Romantis

6. Mengendalikan Ekspektasi agar Sesuai dengan Realita

7 Tips Untuk Menjaga Pernikahan Jarak Jauh Tetap Sehat 6.jpg

Foto: pexels.com

Cara menjaga hubungan LDR agar tetap harmonis yang selanjutnya adalah mengendalikan ekspektasi. Terkadang hubungan jarak jauh membuat diri kita untuk berekspektasi lebih terhadap pasangan. Rasa rindu yang menggebu, membuat kita menjadi lebih egois untuk meminta pengertian dari pasangan.

Jika hal ini terus dibiarkan maka bisa memancing pertengkaran rumah tangga, Moms.

Untuk itu, perlu bagi Moms dan Dads menerapkan seberapa kali akan berkomunikasi dalam sehari. Atau seberapa sering akan bertemu dalam setahun.

Selain itu, menetapkan batasan dari perpisahan bisa mempermudah mengatasi masalah yang mungkin akan timbul. Sangat penting bagi Moms dan Dads untuk saling menjaga komitmen agar menghindari rasa curiga di antara keduanya.

7. Coba Seks Secara Virtual

7 Tips Untuk Menjaga Pernikahan Jarak Jauh Tetap Sehat 7.jpg

Foto: pixabay.com

Cara menjaga hubungan LDR agar tetap harmonis yang selanjutnya adalah coba sexting. Meskipun terhalang oleh jarak, Moms dan Dads tetap bisa menjaga keintiman dalam pernikahan karena kemajuan teknologi. Beberapa ahli menyarankan untuk memenuhi kebutuhan seksual dengan sexting, seks telepon atau video call.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa beberapa pasangan memang menikmati kegiatan sexting seperti ini. Selain memberikan sensasi yang berbeda melalui cara yang unik, Moms atau Dads bisa menjadi lebih kreatif untuk memberi kepuasan pada pasangan.

Baca Juga: Agar Sexting Lebih Hot, Gunakan 10 Emoji Ini!

Beberapa faktor bisa membuat Moms dan Dads harus melalui pernikahan jarak jauh, terutama ketika ekonomi yang menjadi alasannya. Namun, Moms dan Dads harus bisa melewatinya.

Dilansir dari The Journal of Communication bahwa pasangan jarak jauh cenderung memiliki kepuasan yang sama atau lebih dalam hubungan mereka dengan tingkat dedikasi yang lebih tinggi.

Bagaimanapun, hubungan jarak jauh memang tidak mudah untuk dilewati. Kuncinya terletak dalam rasa percaya dan komitmen yang seharusnya menjadi landasan yang kuat sejak awal.

Hal yang terakhir, Moms dan Dads harus saling jujur jika memang merasa sudah tidak sanggup menjalani hubungan jarak jauh ini, ya.

Artikel Terkait