BAYI
10 Mei 2020

Intip Cara Menyenangkan Saat Memandikan Bayi Kembar Ini, Moms

Memandikan bayi kembar akan memberikan tantangan tersendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Momen memandikan bayi bisa menyenangkan sekaligus cukup menakutkan. Apalagi jiga Moms harus memandikan bayi kembar.

Menjaga mereka untuk tetap diam sambil membersihkannya tentu bukan hal yang mudah.

Saat bulan pertama apalagi sebelum tali pusatnya terlepas, Moms bisa memandikan bayi menggunakan spons dan air hangat tanpa perlu mengajaknya ke kamar mandi.

Ini pun direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics (AAP).

Selain itu, World Helath Organization (WHO) juga merekomendasikan menunda mandi pertama bayi hingga 24 jam setelah kelahiran, atau menunggu setidaknya 6 jam jika sehari penuh tidak memungkinkan.

“Memandikan bayi adalah pengalaman yang sangat berharga bagi orangtua. Ini adalah waktu yang tepat untuk menjalin ikatan, bebas gangguan, karena anggota keluarga kecil Anda yang baru menikmati sensasi air hangat di kulit mereka,” kata Dipesh Navsaria, MPH, MSLIS, MD, anggota Executive Committee American Academy of Pediatrics untuk Anak Usia Dini.

Baca Juga: Memandikan Bayi bagi Ibu Baru, Simak Hal yang Perlu Diketahui

Hal yang Dibutuhkan Sebelum Memandikan Bayi Kembar

Intip Cara Menyenangkan Saat Memandikan Bayi Kembar -1.jpg

Foto: lucieslist.com

Sebelum memandikan bayi kembar, ada baiknya Moms memperhatikan ini agar berjalan proses memandikannya berjalan lancar:

  • Siapkan handuk: Simpan masing-masing satu handuk untuk si kembar dan satu lagi untuk Moms. Moms juga bisa mempertimbangkan menggunakan handuk berkerudung, sehingga dapat menjaga bayi tetap terbungkus dengan baik.
  • Waslap: Siapkan untuk masing-masing bayi.
  • Sabun dan shampo: pilih jenis sabun dan shampo yang bebas iritasi dan tidak pedih di mata. Jika Si Kecil memiliki kulit kering, konsultasikan dulu kepada dokter sebelum menggunakannya. Dekatkan keduanya dengan Moms saat memandikan Si Kecil sehingga mudah dijangkau.
  • Mainan: Mainan adalah distraksi paling baik yang bisa digunakan di segala usia. Ini akan sangat membantu saat memandikan bayi kembar, karena akan membuat Si Kecil ‘terganggu’ untuk sementara waktu dan membuat waktu mandi lebih menyenangkan.
  • Siapkan bak mandi: Moms harus memperhatikan suhu dan banyaknya air sebelum memandikan Si Kecil. Pastikan air mandi tidak terlalu panas, dan isi bak mandi beberapa inci. Untuk menguji suhu air, Moms bisa menggunakan siku atau sensor suhu.
  • Popok dan piyama: Moms harus memilih dan menyimpannya dengan baik, agar Si Kecil tidak terlalu lama menunggu saat selesai mandi.

Baca Juga: Pertama Kali Memandikan Bayi? Ikuti Tips Berikut Ini

Tips Memandikan Bayi Kembar

Intip Cara Menyenangkan Saat Memandikan Bayi Kembar -2.jpg

Foto: saltycanary.com

Berikut adalah beberapa tips untuk memandikan bayi baru lahir kembar bersamaan:

  • Dekatkan semua peralatan mandi hingga berada dalam jangkauan,
  • Setelah bak terisi penuh, pindahakan Si Kecil ke baby bath masing-masing. Pastikan posisinya aman dan nyaman.
  • Saat memandikan bayi yang satu, Moms juga harus memperhatikan bayi lainnya dan berikan mainan padanya saat menunggu.
  • Tetap berhati-hati dan jangan pernah meninggalkan mereka di kamar mandi atau memunggungi mereka.
  • Beri jarak saat menempatkan baby bath. Ini akan membantu saat bayi yang satu sedang dicuci rambutnya, air nya tidak akan menciprat dan mengganggu bayi yang lain. Moms dapat memberi sabun dan shampo secara bergantian.
  • Letakkan keset mandi yang panjang di bawah baby bath dan peralatan mandi lainnya.
  • Memandikan bayi kembar bukan hanya tentang menjaga kebersihannya; ini juga waktu yang baik untuk bersantai dan bersenang-senang. Ajak Si Kecil bersenang-senang dengan memainkan permainan sederhana dengan air, seperti mencipratkan air ke badannya dan melihat reaksinya dengan tersenyum.
  • Setelah memberikan sabun dan shampo, siram seluruh tubuh bayi dengan hati-hati agar tidak masuk ke mulut, hidung atau telinganya. Air yang disiramkan akan memberi sensasi pijat bagi bayi. Pastikan juga tidak ada busa yang tersisa.
  • Setelah selesai, angkat dan keringkan bayi dengan handuk. Banyak orang yang merasa lebih mudah untuk memandikan, mengeringkannya, dan kemudian memakaikan popok atau piyama dalam satu ruangan. Moms juga dapat mempertimbangkannya.

Baca Juga: Tips Memandikan Bayi Baru Lahir, Moms Wajib Tahu!

Kiat Meningkatkan Keselamatan Bayi

Intip Cara Menyenangkan Saat Memandikan Bayi Kembar -3.jpg

Foto: theblackandwhiteblog.com

Untuk memastikan keamanan saat memandikan bayi kembar, Moms bisa menggunakan cara-cara di bawah ini;

  • Gunakan bak bayi atau wastafel. US Consumer Product Safety Commission merekomendasikan bak mandi plastik yang memiliki permukaan miring atau bertekstur. Ini akan menjaga bayi agar tidak tergelincir.
  • Hindari menggunakan kursi mandi. Kursi ini memiliki dudukan sehingga anak dapat duduk tegak di bak mandi dewasa. Sayangnya, kursi tersebut dapat dengan mudah terbalik. Anak bisa jatuh ke dalam air dalam bak mandi dan tenggelam.
  • Mulailah mempraktikkan keselamatan air bayi seperti tidak meninggalkan bayi sendirian di kamar mandi, bahkan untuk sesaat. Kebanyakan anak yang tenggelam di dalam rumah terjadi di bak mandi, dan lebih dari setengah kematian di bak mandi melibatkan anak di bawah usia 1 tahun.

Banyak cara menyenangkan saat memandikan bayi kembar. Namun tetap jaga keamanannya ya.

Baca Juga: Banyak Bakteri Tersembunyi, Singkirkan 8 Benda Ini dari Kamar Mandi

Artikel Terkait