PASCA MELAHIRKAN
17 September 2019

4 Cara Terbaik Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

Payudara yang mengendur setelah melahirkan bisa kembali kencang, kok, Mom!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Sebuah penelitian dari Aesthetic Surgery Journal menyebutkan kalau setelah melahirkan perempuan mengalami ptosis atau kondisi payudara mengendur. Sebab, terjadi peregangan ligamen dan elastin yang menahan jaringan lemak selama setelah melahirkan.

Jadi, kalau Moms merasa payudara tidak sekencang dulu sebelum melahirkan, itu hal yang wajar, kok. Semua perempuan pasti mengalami hal yang sama setelah melahirkan.

Namun, tenang saja, Moms, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk kembali mengencangkan payudara yang mengendur pasca melahirkan. Beberapa caranya ada di bawah ini.

Mempertahankan Berat Badan

Cara Terbaik Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

Foto : health magazine

Saat masa kehamilan, tubuh tentu akan mengalami perubahan, termasuk pada payudara. Hal yang sama juga akan terjadi setelah melahirkan diiringi dengan penurunan berat bada. Kalau bisa Moms sebaiknya mempertahankan berat tersebut, Moms.

Contoh, setelah melahirkan berat Moms turun hingga 58 kg berat ideal. Itu tandanya Moms perlu mempertahankan berat badan di angka tersebut, jangan sampai naik atau rurun. Karena kenaikan atau penurunan berat badan dapat memengaruhi keadaan lemak di payudara. Jika berkurang maka pyudara akan mengendur.

Baca Juga : Stres Pasca Melahirkan, Tanda Mama Menderita Baby Blues Syndrome

Menggunakan Bra Yang Tepat

Cara Terbaik Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

Foto : today

Payudara memang akan berubah setelah melahirkan, biasanya akan jadi semakin besar. Moms perlu mengganti bra dengan ukuran yang lebih longgar, tujuannya untuk menghindari sesak atau kesulitan saat menyusui.

Namun, untuk menghindari payudara semakin mengendur, Moms bisa memilih ukuran bra yang pas, tidak kebesaran atau kekecilan, ya.

Olahraga

Cara Terbaik Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

Foto : video blocks

Tidak hanya untuk menjaga berat badan ideal, olahraga juga bisa menjadi cara agar payudara kembali mengencang, Moms. Beberapa jenis olahraga terbaik untuk mengencangkan payudara adalah yoga, berenang, atau push up. Coba rutin lakukan olahraga tersebut.

Untuk hasil yang maksimal, Moms bisa ikuti kelas-kelas di pusat kebugaran yang menyediakan kelas khusus untuk ibu pasca melahirkan.

Baca Juga : Tips Perut Kembali Rata Pasca Melahirkan

Konsumsi Makanan Sehat

Cara Terbaik Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

Foto : jason womack

Selain olahraga dan menggunakan bra yang tepat, tentu Moms juga perlu membantu proses pengembalian kekencangan payudara dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi makan-makanan sehat.

Moms juga bisa coba mengonsumsi pepaya. Buah tersebut dipercaya bisa mengembalikan kekencangan wanita pasca melahirkan. Pepaya juga mengandung enzim yang ampuh mengembalikan jaringan tubuh.

Baca Juga : Alasan Suami Merasa 'Trauma' dan Enggan Bercinta Pasca Istri Melahirkan

(NA/KM)

Artikel Terkait