KEHAMILAN
25 Juli 2019

Cari Tahu Yuk, Kegunaan Minyak Ikan selama Kehamilan

Benarkah minyak ikan mampu mengobati berbagai masalah kesehatan oada ibu hamil?
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Carla Octama

Mungkin kita sudah sering mendengar bahwa minyak ikan akan memberikan manfaat yang bagus pada anak, terutama dalam hal manambah nafsu makan Si Kecil.

Namun banyak yang bilang bahwa minyak ikan juga bagus jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Minyak ikan mampu memberikan banyak manfaat pada Moms yang sedang hamil. Apa saja manfaat yang diberikan dari minyak ini? Yuk kita cari tahu.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Anak, Ternyata Luar Biasa

Kegunaan Minyak Ikan pada Ibu Hamil

minyak ikan untuk ibu hamil, minyak ikan

Foto: minyakikansalmon.com

Mengkonsumsi ikan dengan tingkat merkuri yang rendah saat hamil akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Tapi tahukah Moms bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan selama kehamilan dapat memberikan manfaat kesehatan juga?

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada Desember 2016, para peneliti dari Denmark mengamati hampir 700 wanita hamil. Mereka diberi tablet 2,4 gram yang mengandung minyak ikan atau minyak zaitun.

Para peneliti ini lalu memantau kesehatan anak dari para wanita ini setelah dilahirkan, selama lima tahun awal kehidupan mereka.

Hasil menunjukkan sebanyak 24 persen dari anak-anak yang ibunya diberi minyak zaitun menderita asma atau mengi pada usia lima tahun. Hanya 17 persen dari anak-anak yang ibunya minum minyak ikan, yang memiliki masalah yang sama.

Temuan ini tidak benar-benar mengejutkan, karena gagasan bahwa minyak ikan dapat bermanfaat bagi wanita hamil telah ada selama beberapa waktu.

"Saya akan mengatakan bahwa temuan bahwa efek yang ditunjukkan mungkin tidak mengejutkan, karena memang sudah ada indikasi," kata Hans Bisgaard, M.D, penulis studi. "Tetapi besar persentase yang ditunjukkanlah yang sangat mengejutkan bagi kami,” lanjutnya.

Baca Juga: Banyak Kegunaannya! Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bayi

Kandungan dalam Minyak Ikan

minyak ikan untuk ibu hamil, minyak ikan

Foto: shutterstock.com

Temuan ini menunjukkan tes darah dapat mengidentifikasi apakah bayi dari wanita yang hamil berisiko asma, yang pada gilirannya akan memudahkan dokter untuk mengidentifikasi pasien mana yang harus mengonsumsi suplemen minyak ikan selama trimester ketiga.

Suplemen minyak ikan mengandung dua jenis asam lemak omega-3 yang bermanfaat, yaitu asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA).

Banyak orang menggunakan minyak ikan untuk mengatasi penyakit jantung, memerangi tekanan darah tinggi, dan menurunkan trigliserida.

Berbagai penelitian juga mengklaim minyak ikan membantu masalah terkait ginjal, depresi, ADHD, psoriasis, diabetes, sakit maag, mata kering, dan masalah lain yang tak terhitung jumlahnya.

Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi minyak ikan selama kehamilan dapat membantu lebih dari sekadar mengurangi risiko asma Bayi.

Namun ingat, sebelum membeli suplemen minyak ikan ini, konsultasikan terlehin dahulu dengan dokter kandungan Moms ya.

Artikel Terkait