GAYA HIDUP
30 Desember 2019

Cegah Kanker dengan Konsumsi Cuka Apel? Ini Faktanya!

Ketahui dulu faktanya sebelum Moms mencoba mencegah kanker dengan cuka apel!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Siapa yang tak tahu cuka apel di zaman sekarang? Karena sangat terkenal, bahan herbal yang satu ini dianggap sebagai solusi untuk semua masalah, termasuk masalah kesehatan. Beberapa orang pun sempat menganggap bahwa cuka apel dapat mencegah bahkan mengobati penyakit kanker.

Apakah ini benar? Faktanya, tidak banyak penelitian yang sejalan dengan opini tersebut. Benar bila cuka apel memiliki manfaat yang beragam, tapi tidak tepat jika cuka apel disebut sebagai salah satu “obat” yang dapat mengobati kanker.

Sugesti ini diawali oleh hasil penelitian seorang penerima nobel pada tahun 1900-an, Dr. Otto Warburg. Ia mengatakan bahwa dia sudah meneliti apakah sel kanker menghasilkan asam laktat saat mereka berkembang dan mendapati bahwa pengaruh asam basa pada darah bisa menjadi faktor penentu bagi perkembangan sel kanker.

Berdasarkan temuannya, beberapa orang menyimpulkan bahwa dengan membuat tingkat keasaman pada darah sedikit berkurang maka ini akan membantu proses membunuh sel kanker dalam tubuh. Namun, hal ini tidak bisa disimpulkan secara gamblang karena penelitiannya pun masih berjalan hingga saat ini.

Baca Juga: Mengenal Dispepsia, Penyakit yang Sering Disebut Sakit Maag

Lalu, apa saja sih keajaiban yang benar bisa diberikan oleh si cuka apel?

Keajaiban dari Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh

Menangkal Radikal Bebas

keluarga

Foto: Freepik

Cuka apel merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas di sekitar. Dengan memiliki antioksidan yang baik, maka tubuh akan lebih sehat. Sel-sel di dalam tubuh juga akan terbebas dari kerusakan.

Mempercepat Proses Diet

keluarga, gaya hidup

Foto: Freepik.com

Moms dan Dads ingin mengembalikan bentuk badan agar lebih sehat? Mengonsumsi cuka apel mungkin bisa menjadi salah satu jalannya.

Sebelumnya, ada penelitian yang dirilis dalam jurnal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry, yang mengungkapkan bahwa orang yang minum dua sendok makan cuka apel selama 12 minggu mengalami penuruan berat badan sebanyak 4 pounds atau hampir 2 kg.

Menurut ahli nutrisi diet Erin Palinksi-Wade, RD, CDE, LDN, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa cuka apel bisa meluruhkan lemak dalam tubuh.

“Penelitian ini dilakukan pada populasi yang terlalu kecil. Namun, tujuan dari hasil penelitian ini selalu konsisten yang mengungkapkan data bahwa cuka apel bisa diindikasikan sebagai bahan yang dapat digunakan untuk mengurangi berat badan,” ujar Erin.

Baca Juga: Cara Membuat DIY Cuka Apel untuk Membasuh Rambut

Meredakan Maag

keluarga, gaya hidup

Foto: Freepik.com

Siapa sangka kalau cuka apel justru bisa membantu Anda meredakan asam lambung yang sedang bergejolak. Carol Johnston, Ph.D. dari Arizona State University, Amerika Serikat, mengatakan bahwa cuka apel yang belum mengalami proses penyaringan itu kaya akan probiotik dan bakteri baik yang dapat menyehatkan saluran pencernaan Moms.

“Jenis cuka apel ini bisa membantu mengatasi gangguan asam lambung dan maag, meskipun semua kembali lagi pada apa penyebab maag tersebut muncul,” ujar Carol.

Memperbaiki Kesehatan Jantung

keluarga, gaya hidup

Foto: Freepik.com

Dikutip dari The Doctors Health Press, sebuah penelitan menyatakan bahwa cuka apel dapat membantu mengurangi level trigliserida. Trigliserida adalah senyawa kimia yang dicerna oleh tubuh Moms untuk memberikan energi bagi metabolisme.

Trigliserida sendiri adalah bentuk lemak paling umum yang Moms cerna dan merupakan bahan utama dalam minyak nabati serta lemak hewani.

Jika trigliserida semakin tinggi, maka semakin tinggi pula risiko Moms untuk mengalami aterosklerosis, penyempitan arteri dengan penumpukan plak lemak yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Untuk Jantung

Membantu Menjaga Hati

keluarga, gaya hidup

Foto: Freepik.com

Tak hanya jantung, cuka apel juga baik untuk hati, Moms dan Dads. Seperti yang Moms tahu bahwa hati adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring serta membuang racun yang masuk ke dalam tubuh kita.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk Moms dan Dads menjaga kesehatannya dengan mengonsumsi cuka apel. Dengan mengonsumsi cuka apel. Sebab secara otomatis Moms telah melakukan detoksifikasi pada hati untuk kesehatan keseluruhan dan fungsi tubuh yang lebih baik.

Selain itu, cuka apel juga dipercaya dapat membantu membangun sistem limfatik yang sehat yang memelihara sirkulasi getah bening yang tepat.

Masih banyak lagi keuntungan yang bisa Moms dan Dads dapatkan jika rutin mengonsumsi cuka apel. Namun, jika mengalami efek samping dari pengonsumsiannya, segera hentikan dan konsultasikan pada dokter keluarga Anda.

ERN/KM

Artikel Terkait