BAYI
15 Februari 2020

Cegah Perut Kembung pada Bayi, Jangan Lakukan 6 Hal Ini saat Memberi Susu dengan Botol

cara menyusui agar bayi tidak kembung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perut kembung pada bayi biasanya dianggap wajar dan tidak berbahaya, Moms. Apalagi, sampai usia 3 bulan ketika pencernaannya bayi belum berfungsi sempurna.

Namun, Moms harus tetap waspada karena dalam beberapa kasus, kondisi perut kembung bisa jadi merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius.

Dikutip dari Medicalnewstoday.com, ketika bayi mengalami perut kembung, gelembung-gelembung kecil berkembang di perut atau usus mereka, yang terkadang menyebabkan tekanan dan sakit perut.

Perut kembung pada bayi membuat bayi tidak nyaman sehingga bayi menjadi rewel dan sering menangis tanpa alasan. Seiring bertambahnya usia, bayi juga dapat mengalami perut kembung karena mulai mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya.

Moms pasti ingin bayinya selalu dalam keadaan sehat dan ceria. Memberi asupan susu merupakan salah satu cara agar bayi bisa sehat dan tumbuh.

Banyak ibu yang khawatir bahwa makanan yang mereka konsumsi adalah penyebab Si Kecil mengalami perut kembung. Sebuah penelitian pada 2017 yang diterbitkan Korean Journal of Pediatrics menemukan bahwa ibu menyusui sering kali membatasi asupan makanan mereka karena kekhawatiran tersebut.

Tahukah Moms, ternyata makanan yang Moms konsumsi bukan satu-satunya yang membuat Si kecil mengalami perut kembung. Ada juga faktor lain yang jadi penyebabnya.

Memberikan susu dengan botol pada bayi juga ternyata bisa jadi mempunyai andil dalam membuat bayi mengalami perut kembung.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Merawat Bayi yang Mengalami Perut Kembung

Mencegah Perut Kembung pada Bayi saat Memberikan Susu Botol

Memberikan susu pada bayi dengan botol merupakan salah satu alternatif memberikan asupan gizi untuk bayi. Tapi ternyata, Moms harus menghindari hal-hal berikut ini jika ingin menyusui bayi dengan botol karena merupakan penyebab bayi memiliki gas berlebihan dalam tubuh.

Dengan begitu, Moms bisa mencegah bayi mengalami perut kembung. Kira-kira, apa saja hal yang harus Moms hindari saat memberikan susu botol untuk mencegah perut kembung pada bayi? Berikut ulasannya.

1. Hindari Memberikan Susu dalam Keadaan Berbaring

freepik3.jpg

foto: freepik.com

Cara mencegah perut kembung pada bayi yang pertama adalah menghindari memberikan susu saat bayi berbaring. Si Kecil umumnya menyusu dalam kondisi berbaring. Tapi, saat Moms menyusui dengan botol, usahakan agar posisi kepala bayi letaknya lebih tinggi dari perutnya.

Posisi ini akan membuat susu yang diberikan akan mengalir ke dasar perut sehingga gas dalam tubuh akan naik ke atas. Hal ini membuat bayi lebih mudah untuk bersendawa.

Pastikan juga untuk memiringkan botol sedikit sehingga tidak ada gelembung udara di puting susu.

2. Memberikan Susu dengan Aliran yang Terlalu Cepat

freepik6.jpg

foto: freepik.com

Cara mencegah perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah memberikan susu dengan aliran yang terlalu cepat. Jika dot pada botol bayi memiliki aliran yang terlalu cepat, atau ASI Moms terlalu deras, bayi pada akhirnya akan menelan susu dengan cepat sehingga menyebabkan kelebihan gas.

Moms juga perlu berhati-hati dengan alat yang membantu Moms memegang botol susu. Meskipun menyenangkan untuk sesekali melepaskan tangan selama waktu memberikan Si Kecil susu, tapi itu malah menghilangkan kendali orang tua atas seberapa cepat bayi minum.

Baca Juga: Hindari 5 Penyebab Perut Bayi Kembung

3. Memberikan Susu dengan Aliran yang Terlalu Lambat

freepik5.jpg

foto: freepik.com

Cara mencegah perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah memberikan susu dengan aliran terlalu lambat. Di sisi lain, bayi juga bisa kemasukan udara jika minum susu terlalu lambat.

Jika dot pada botol bayi memiliki aliran yang terlalu lambat, bayi mungkin mengisap udara ekstra saat minum susu formula. Ini juga bisa menyebabkan perut kembung.

Selain itu, banyak bayi yang tergolong pemalas sehingga dia suka tertidur saat proses menyusui. Dan bayi sering menggunakan payudara Moms sebagai empeng, dan mengisap di udara, bukan susu.

Udara yang terus diisap bayi bisa menyebabkan bayi mengalami perut kembung.

4. Memilih Botol yang Salah

freepik15.jpg

foto: freepik.com

Cara mencegah perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah memilih botol yang salah. Menurut Maternityglow.com, botol bayi yang tepat dapat menurunkan jumlah gelembung gas di perut bayi, dapat mengurangi asupan udara selama menyusui, dan juga dapat membantu meredakan perut kembung bayi.

Dan tidak semua botol bayi dibuat sama. Moms perlu memilih botol bayi yang tepat agar si Kecil tidak mengalami perut kembung.

Kemiringan botol bayi ketika dikonsumsi dapat berperan dalam membuat bayi mengalami perut kembung (botol bayi angeled-neck). Selain itu, botol bayi dengan disposable liner membuat bayi mengisap semua susu di botol dan juga mengurangi kemungkinan bayi mengisap udara berlebih dalam botol.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Mengurangi Perut Kembung pada Bayi

5. Membangunkan Bayi untuk Bersendawa

Photo by The Honest Company on Unsplash.jpg

Foto: Unsplash.com/The Honest Company

Cara mencegah perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah membangunkan bayi untuk bersendawa. Bayangkan jika Moms diminta bangun dari tidur untuk bersendawa? Pasti rasanya menyebalkan. Bayi pun tidak suka dibangunkan untuk bersendawa ketika dalam keadaan tidur.

Perlu diingat ya, Moms, jika Si Kecil cukup nyaman untuk tertidur, kemungkinan tidak ada gelembung udara yang perlu dikeluarkan melalui sendawa. Jadi, biarkan si Kecil tidur dengan nyenyak.

6. Menggunakan Dot yang Salah

freepik16.jpg

foto: freepik.com

Cara mencegah perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah menggunakan dot yang salah. Seperti botol, tidak semua dot botol memiliki desain yang sama dan bagus untuk bayi.

Jika pergi ke toko bayi untuk membeli botol susu, maka Moms akan diberikan pilihan dot yang bermacam-macam.

Biasanya, dot botol memiliki beragam pilihan aliran susu keluar dan biasanya diklasifikasikan berdasarkan usia. Moms harus berhati-hati tidak menggunakan dot botol untuk bayi usia 6 bulan lebih pada bayi yang baru lahir.

Jika salah dot, ASI atau susu formula akan dikeluarkan terlalu cepat, membuat bayi kewalahan dalam menelan dan berakibat bayi menelan banyak udara dalam proses itu.

Nah, itulah beberapa hal yang tidak boleh Moms lakukan saat memberikan Si Kecil susu botol untuk mencegah perut kembung pada bayi. Sebaiknya dihindari ya Moms. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Artikel Terkait