KESEHATAN
9 Desember 2019

Manfaat Ceramide untuk Kulit Kering, Bikin Lembap!

Ceramide akan memperbaiki lapisan kulit yang rusak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kulit kering sangat umum terjadi pada banyak orang, termasuk bagi ibu hamil. Perubahan hormon yang terjadi membuat kondisi kulit pun berubah saat hamil, kulit akan kehilangan elastisitas dan kelembapan, sehingga kulit jadi kering, gatal, bahkan bersisik.

Dari seluruh bahan untuk mengatasi kulit kering, salah satu yang paling ampuh adalah ceramide. Bahan ini pun aman digunakan oleh ibu hamil lho, Moms!

“Mengalami pori-pori yang membesar dan garis-garis kulit yang semakin parah selama hamil tentunya tidak menyenangkan. Tapi pelembap yang mengandung ceramide akan sangat membantu, lalu gunakan sunblock,” ujar Dr. Kiran Lohia, dermatolog asal New York. Ia juga menyarankan untuk memilih produk ceramide untuk kulit kering yang non-comedogenic.

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja ceramide untuk kulit kering, mari simak ulasannya lebih lanjut!

Baca Juga: Ini Bahaya Retinoid dan Retinol untuk Ibu Hamil, Hati-hati!

Manfaat Ceramide untuk Kulit Kering

ceramide untuk kulit kering

Ceramide adalah asam lemak yang membantu membentuk lapisan kulit dan menjaga kelembapan kulit. Ceramide juga membantu melindungi kulit dari bahaya lingkungan seperti polusi dan debu. Tanpa ceramide, lapisan kulit bisa rusak, kering, gatal, dan mudah iritasi.

Sebenarnya, ceramide diproduksi secara alami oleh kulit, tapi mereka bisa semakin berkurang bila sering terkena air panas, sabun, bahan kimia lainnya, dan faktor lingkungan.

Oleh sebab itu, kita bisa menggunakan skincare yang mengandung ceramide untuk kulit kering dan mengembalikan kelembapannya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh dermatolog Zoe Diana Draelos, MD dari Dermatology Consulting Services, pelembap yang mengandung ceramide juga dapat membantu menyembuhkan eksim.

Eksim sendiri disebabkan karena kerusakan lapisan kulit, sehingga menggunakan sabun dan pelembap dengan ceramide akan mempercepat penyembuhannya.

Dilansir dari penelitian yang diterbitkan Cosmetic Ingredient Review, ceramide tidak akan mengganggu kesehatan reproduksi dan perkembangan janin, tidak menimbulkan iritasi, dan tidak bersifat karsinogenik (penyebab kanker).

Baca Juga: Pewangi pada Skincare, Berbahayakah?

Mengatasi Kulit Kering

ceramide untuk kulit kering

Selain menggunakan pelembap dan sabun muka yang mengandung ceramide untuk kulit kering, American Academy of Dermatology Association menyarankan untuk melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengembalikan kelembapan kulit:

  • Aplikasikan pelembap langsung setelah selesai mandi
  • Gunakan skincare dengan tekstur krim
  • Gunakan produk yang tidak mengandung pewangi tambahan (unscented)
  • Hindari mandi menggunakan air hangat
  • Gunakan humidifier di kamar

Baca Juga: Paraben dalam Kosmetik, Apakah Benar-benar Berbahaya?

Nah, itu dia manfaat ceramide untuk kulit kering dan beberapa cara agar kulit menjadi lebih lembap. Yuk cari pelembap yang mengandung ceramide untuk mengatasi kulit kering!

Artikel Terkait