GAYA HIDUP
18 September 2019

Dads, Tingkatkan Kesuburan Dengan Mengonsumsi 5 Jenis Buah Ini

Deretan buah yang kecil-kecil ini punya khasiat yang besar untuk Dads.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Sudahkah Dads mengonsumsi buah setiap hari? Hal ini penting sebab buah yang kaya vitamin dapat membantu Dads untuk meningkatkan kualitas kesuburan. Dalam sebuah penelitian dikatakan jika Dads kurang mengonsumsi makanan bergizi, maka konsentrasi serta kemampuan berenang sperma akan menurun.

Terdapat beberapa ciri sperma yang sehat seperti dikutip dari Healthline, yaitu:

  1. Jumlah sperma. Dalam air mani yang normal biasanya mengandung 40 juta hingga 300 juta sperma per mililiter. Kurang dari itu maka sperma Dads tidak sehat.
  2. Morfologi sperma. Berdasarkan Morfologi Kruger, rentang morfologi sperma yang normal berkisar antara 10-14 persen.
  3. Motilitas sperma. Sel sperma harus bisa berenang untuk mencapai dan membuahi sel telur. Seberapa cepat kekuatan sperma untuk menuju sel telur yang akan dibuahi.
  4. Volume semen pada sperma. Volume semen yang minimum diperlukan untuk membawa sel sperma melalui saluran reproduksi wanita.

Baca juga: 9 Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Kesuburan Pria

Jadi, buah apa saja yang baik untuk Dads konsumsi mulai saat ini untuk membantu menjaga kesuburan? Cek di bawah ini!

Jeruk

kesehatan, gaya hidup

Foto: Freepik.com

Buah yang satu ini jelas mudah didapatkan. Menurut dr.Victoria Maizes direktur eksekutif dari Arizona Center for Integrative Medicine, Amerika, terdapat penelitian yang mengatakan bahwa buah jeruk dapat meningkatkan kesuburan.

"Inflamasi dapat merusak kesuburan, tetapi buah jeruk memiliki peran penting di dalamnya. Terdapat bukti bahwa vitamin C dalam buah jeruk dapat meningkatkan kesuburan," ungkap dr. Victoria. Dengan menambah asupan vitamin C berarti Dads juga meningkatkan motilitas, jumlah, dan morfologi sperma.

Kiwi

keluarga, kesehatan, gaya hidup

Foto: Freepik.com

Buah kiwi memang sudah dikenal kaya akan vitamin C dan antioksidannya. Namun, terdapat varietas baru kiwi yang memiliki lebih banyak khasiat, khususnya untuk Dads. Hal itu diungkapkan oleh Geraldine Georgeou, praktisi dan ahli gizi dari Designer Diet, Australia,

“Manfaat nutrisi Zespri Gold Kiwifruit begitu kaya dan bermanfaat, bahkan tidak ada pada buah lainnya. Sebenarnya ada dua puluh nutrisi dan mineral di masing-masing bagian buahnya."

Selain itu, dalam setiap buah kiwi terdapat zinc yang sangat bagus untuk pria karena membantu menghasilkan testosteron untuk jumlah sperma yang tinggi.

Baca juga: Mau Tahu Apa Saja Makanan yang Mengandung Zinc?

Pepaya

keluarga, kesehatan, gaya hidup

Foto: Freepik.com

Pepaya adalah buah yang tepat untuk melindungi sel sperma yang Dads miliki karena memiliki kandungan karoten (vitamin A), vitamin C, asam folat, kalium, dan juga kaya akan serat.

Tak hanya itu, pepaya juga memiliki kandungan vitamin E yang kaya antioksidan dan dapat melindungi sel sperma Dads. Sebagai tambahannya, dengan mengonsumsi pepaya Dads dapat menjaga kadar insulin sehat yang berperan dalam keseimbangan hormon. Luar biasa, bukan?

Nanas

kesehatan, gaya hidup

Foto: Freepik.com

Apakah Dads penggemar buah tropikal yang satu ini? Selain rasanya yang menyegarkan, nanas juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, dan juga potasium.

Nanas juga kaya akan mangan yang dikenal sebagai nutrisi penting yang membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik sehingga dapat menghasilkan energi serta membantu fungsi antioksidan dalam tubuh.

Ditambah lagi, kandungan bromelain di dalamnya yang terdiri dari enzim proteolitik (protein digesting) yang mengandung belerang. Bromelain dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang biasanya terjadi pada banyak masalah kesuburan.

Avokad

keluarga, kesehatan, gaya hidup

Foto: Freepik.com

Lezatnya buah avokad ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesuburan sperma Dads. Avokad mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan. Avokad juga kaya akan vitamin B, vitamin E, kalium, serta dapat membantu Dads untuk mendukung kadar kolesterol yang sehat.

Dads dapat menikmati buah yang satu ini sesuai dengan selera. Langsung menikmatinya dalam bentuk buah potong, dibuat jadi jus dan diminum dalam gelas, atau dicampurkan dalam menu diet Dads.

Baca juga: Avokad, Buah dengan Berjuta Manfaat

Tak susah bukan untuk meningkatkan kesuburan mulai dari sekarang?

(ERN/KM)

Artikel Terkait