PARENTING ISLAMI
20 Agustus 2020

10 Doa Agar Bayi Sungsang Bisa Kembali ke Posisi Normal, Yuk Amalkan!

Bayi yang memiliki posisi sungsang bisa kembali ke posisi normal dengan bantuan doa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kehamilan merupakan anugerah yang terindah bagi seorang perempuan. Namun dalam perjalananannya, tidak sedikit yang mengalami kesulitan. Salah satu yang sering dialami adalah saat bayi dinyatakan sungsang.

Kehamilan sungsang terjadi ketika posisi kepala bayi berada di atas saat berada dalam rahim, sehingga kaki diarahkan ke jalan lahir. Dokter tidak dapat memastikan mengapa kehamilan sungsang terjadi, tetapi menurut American Pregnancy Association, ada banyak alasan mengapa bayi berada dalam posisi sungsang, seperti:

  • Jika seorang perempuan telah mengalami beberapa kali kehamilan.
  • Kehamilan dengan kembar.
  • Pernah melahirkan secara prematur.
  • Rahim memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit cairan ketuban, yang berarti bayi memiliki ruang ekstra atau tidak cukup cairan untuk bergerak di dalam.
  • Memiliki rahim yang berbentuk tidak normal atau memiliki komplikasi lain, seperti fibroid di dalam rahim.
  • Memiliki plasenta previa.

Baca Juga: Nama Adalah Doa, Begini 5 Cara Memilih Nama Bayi yang Baik dan Tepat

Dokter akan dapat mengetahui apakah bayi Moms sungsang atau tidak dengan merasakan posisi bayi di perut. Dokter juga kemungkinan besar akan mengkonfirmasi bahwa bayi berada dalam posisi sungsang dengan menggunakan USG sebelum Moms melahirkan.

British Journal of Obstetrics and Gynecology juga meneliti studi yang sama dan menyimpulkan bahwa jika perempuan ingin melakukan persalinan pervaginam saat memiliki kehamilan sungsang, dia mungkin masih memiliki kesempatan untuk melahirkan secara aman dengan penyedia yang terlatih.

Namun secara keseluruhan, sebagian besar penyedia layanan lebih memilih untuk mengambil rute teraman yang memungkinkan, sehingga operasi caesar dianggap sebagai metode persalinan lainnya.

Selain secara medis, Moms juga bisa melakukannya secara Islami. Artinya, Moms berusaha untuk membalik posisi bayi dengan tuntunan yang sesuai. Cara yang sangat umum adalah dengan bersujud lebih lama saat sholat dan memohon kepada Allah agar posisi bayi kembali ke rongga panggul.

Beruntungnya, Islam datang dengan ajaran sempurna. Sehingga untuk kebaikan janin dalam kandungan, ada banyak sekali doa yang bisa dipanjatkan.

Semua doa berisi permohonan kesehatan, keselamatan, kebaikan, serta hadirnya keturunan sholeh yang taat kepada Allah. Selain itu, jangan lupa untuk memanjatkan doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal.

Doa Selama Kehamilan

Doa Agar Bayi Sungsang Bisa Kembali Ke Posisi Normal -1.jpg

Foto: Mathabah.org

Sebenarnya tidak ada secara khusus doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal. Namun dengan mengamalkan amalan yang baik yaitu dengan membaca beberapa doa yang dianjurkan selama kehamilan akan memberikan manfaat.

Pada usia 1 bulan sampai 4 bulan, janin dalam kandungan masih dalam bentuk alaqah (segumpal darah). Fase ini zigot tumbuh membesar dan hanya membentuk beberapa sel.

Selanjutnya memasuki usia empat bulan janin menjadi mudghah (segumpal daging). Dalam hadist disebutkan bahwa pada saat itu Allah meniupkan ruh pada janin.

Allah juga telah menetapkan empat hal pada janin, yaitu: rezeki, ajal, amal perbuatan, serta kebahagiaan atau kesengsaraan selama hidupnya nanti.

Berikut beberapa bacaan yang dapat dipanjatkan oleh seseorang yang sedang hamil.

Baca Juga: 7+ Amalan Ibu Hamil Menurut Islam, Yuk Lakukan Moms!

1. Membaca Surat Yasin Ayat 1 Sampai 12

Doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal yang pertama adalah membaca surat Yasin ayat 1-12. Membaca surat Yasin setiap selesai sholat maghrib. Fadhilahnya adalah agar kandungan terjaga kesehatannya.

Surat Yasin memilki keutamaan yang sangat luar biasa bagi yang membaca dan mengamalkannya. Ibu hamil juga sangat dianjurkan membaca surat ini di setiap kesempatan.

Keadaan janin akan dijauhkan dari godaan setan dan kejahatan manusia, serta sang buah hati kelak menjadi pribadi yang tenang hatinya. Karena salah satu manfaat dengan membaca surat Yasin adalah akan mendapatkan ketenangan hati.

2. Membaca Ayat Kursi

Doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal yang selanjutnya adalah membaca Ayar Kursi. Ayat kursi merupakan ayat paling mulia di dalam Al-Quran. Pada ayat kursi terkandung keesaan serta kekuasaan Allah.

Dengan membaca ayat kursi, diharapkan setiap amalan akan menjadi baik, dan hal ini bisa diamalkan oleh seorang ibu yang sedang hamil. Bacaan ayat ini dapat dipanjatkan sebagai doa pagi hari dan doa sore hari atau sebagai doa setelah sholat wajib. Ayat kursi juga dapat dipanjatkan sebagai doa sebelum tidur.

3. Membaca Surat Al-Fatihah

Doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal yang selanjutnya adalah membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan yang luar biasa.

Salah satu keutamaannya adalah sebagai penyembuh berbagai penyakit. Surat Al-Fatihah biasanya diamalkan sebagai doa setelah sholat wajib yaitu dengan membacanya sebanyak 7 kali. Bagi ibu yang sedang hamil, surat Al-Fatihah juga dapat dijadikan sebagai doa khusus.

4. Membaca Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah

Doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal yang selanjutnya adalah membaca ayat terakhir surat Al-Baqarah. Ketika sedang hamil, sangat rentan terjadi sesuatu yang berbahaya pada janin apalagi ketika hamil muda.

Ayat terakhir surat Al-Baqarah ayat 286 berisi tentang permohonan ampun dan mohon perlindungan dari Allah. Dengan membacanya, akan dapat menjaga sang ibu dan anak di dalam kandungan.

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau menghukum kami jika kami telah lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau berikan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau berikan kepada kami beban apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah : 286).

5. Membaca Surat Al-Hasyr

Doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal yang selanjutnya adalah membaca surat Al-Hasyr. Ketika sedang hamil dianjurkan untuk mengamalkan banyak kebaikan. Salah satunya dengan membaca surat Al-Hasyr.

Moms dapat membacanya setelah mengerjakan sholat maghrib sebanyak 7 kali. Keutamaan surat ini adalah sebagai penyembuh dari segala macam penyakit dan dijauhkan dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan mengamalkannya maka Anda akan senantiasa terbebas dari marabahaya dan dijauhkan dari godaan syaitan.

Baca Juga: 13 Manfaat Sujud saat Hamil Menurut Islam, Masya Allah!

6. Membaca Surat Ali-Imran

Doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal yang selanjutnya adalah membaca surat Ali Imran. Diutamakan untuk membaca surat Ali-Imran ayat 35 yang dapat diamalkan sebagai doa yang dipanjatkan oleh ibu hamil.

“Ya Tuhanku (Allah), sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang shaleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (QS. Al-Imran : 35).

Kumpulan doa untuk ibu hamil di atas akan lebih baik jika membacanya di waktu mustajab untuk berdoa. Waktu mustajab berdoa di antaranya pada sepertiga malam terakhir, ari jumat, antara adzan dan iqomah, serta saat hujan turun.

Doa Agar Bayi Sungsang Bisa Kembali ke Posisi Normal

Doa Agar Bayi Sungsang Bisa Kembali Ke Posisi Normal -2.jpg

Foto: Pinterest.com

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah ditanya tentang wirid ayat-ayat yang dibaca ketika seorang perempuan kesulitan untuk melahirkan. Diharapkan, akan ada doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal dan Moms lebih mudah melahirkan.

“Apabila seorang perempuan merasa kesulitan untuk melahirkan, maka dia dibacakan ayat-ayat berikut ini dan juga surat Al-Zalzalah di air (minum) kemudian perempuan tersebut agar meminum sebagian airnya dan sebagian lainnya di usapkan ke bagian perutnya, maka dia akan melahirkan dengan mudah -dengan izin Allah- dan hal ini telah banyak di praktekkan dan Allah ta’ala memberikan manfaat dengan ayat-ayat tersebut,” jelasnya.

Dan ayat-ayat yang dibaca tersebut adalah:

7. Surat Ar-Ra’d Ayat 8

Doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal yang selanjutnya adalah membaca surat Ar-Ra'd ayat 8.

“Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya.”

Baca Juga: 5 Penyebab Susah Hamil Menurut Pandangan Islam

8. Surat Fathir Ayat 11

Doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal yang selanjutnya adalah membaca surat Fathir ayat 11.

“Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Dan tidak ada seorang perempuan pun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lohmahfuz). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.”

9. Surat An-Nahl Ayat 78

Doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal yang selanjutnya adalah membaca surat An-Nahlm ayat 78. Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.”

10. Surat Al-Zalzalah Ayat 1 – 8

Doa agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal yang selanjutnya adalah membaca surat Al-Zalzalah ayat 1-8.

Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya:

“Mengapa bumi (menjadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

Baca Juga: 7 Pantangan Ibu Hamil Menurut Islam, Yuk Hindari!

Doa agar bayi sungsang kembali ke posisi normal bisa dilakukan sejak awal kehamilan sebagai antisipasi, apalagi bagi Moms yang pernah punya riwayat sebelumnya.

Artikel Terkait