KESEHATAN
29 Mei 2020

4 Efek Samping Vasektomi pada Kesehatan Pria, Wajib Tahu!

Sstt.. Ternyata, vasektomi tidak akan memengaruhi ejakulasi dan orgasme
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tahukah Moms mengenai vasektomi? Ini merupakan prosedur yang memotong dan menutup tabung yang mentransmisikan sperma ke ejakulasi pria. Akibatnya, seorang pria tidak bisa membuat wanita hamil.

Cara ini umumnya digunakan sebagai bentuk kontrasepsi untuk pasangan yang tidak lagi ingin memiliki anak.

Baca Juga: Kenali Beragam Jenis Alat Kontrasepsi dan Kelebihannya

Meskipun ini prosedur yang aman dan umum dilakukan, ada potensi komplikasi yang dapat terjadi. Dokter harus meninjau kemungkinan komplikasi ini dengan kita sebelum melakukan prosedur.

Apa saja dampak vasektomi yang bisa terjadi pada kesehatan seorang pria?

Kemungkinan Komplikasi Vasektomi Pria

efek vasektomi

Foto: Orami Photo Stock

“Pada umumnya tindakan vasektomi tidak menimbulkan gangguan pada kesehatan fisik maupun mental pada pria,” ujar dr. Doddy W. Hami Seno, Dokter Spesialis Bedah Urologi RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Menurutnya risiko operasi vasektomi minimal, antara lain perdarahan, infeksi, dan sindrom nyeri paska operasi.

Lalu berdasarkan American Urological Association (AUA) memperkirakan 175.000 hingga 500.000 pria melakukan vasektomi di Amerika Serikat setiap tahun. Meskipun risiko komplikasi sangat kecil, ada kemungkinan untuk mengalami efek samping.

“Beberapa studi menunjukkan bahwa pria yang menjalani vasektomi tidak memiliki risiko yang lebih tinggi, seperti mengalami penyakit jantung, kanker prostat, kanker testis, dan gangguan kesehatan lainnya,” tambah dr. Doddy.

Baca Juga: Ketahui Prosedur Operasi Vasektomi pada Pria

Efek Samping Vasektomi pada Kesehatan Pria

efek vasektomi

Foto: pennmedicine.org

Terkadang, seorang pria mungkin akan mengalami efek samping dalam beberapa jam hingga beberapa hari setelah menjalani vasektomi. Namun efek samping yang dialami hanya berupa efek jangka pendek saja.

Berikut ulasan efek samping vasektomi pada kesehatan pria yang mungkin dialami.

1. Rasa Sakit dan Tidak Nyaman

Efek samping vasektomi pada kesehatan pria yang pertama adalah rasa sakit dan tidak nyaman. Meskipun prosedur ini biasanya dilakukan dalam waktu singkat, jadi umum jika mengalami beberapa ketidaknyamanan dan rasa sakit setelahnya.

Jika hal ini terjadi, bisa diredakan dengan penghilang rasa sakit bebas resep, seperti ibuprofen.

Pilihan lainnya dengan mengenakan pakaian dalam yang mendukung mengangkat testis. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakit lho.

2. Perubahan Warna Skrotum

Efek samping vasektomi pada kesehatan pria yang selanjutnya adalah perubahan warna skrotum. Beberapa memar dan pembengkakan di skrotum diperkirakan terjadi setelah vasektomi. Hal ini biasanya tidak mengkhawatirkan dan seringkali bisa sembuh dengan cepat.

Baca Juga: 6 Mitos dan Fakta tentang Sperma Pria yang Banyak Dipercaya

Beberapa dokter mungkin merekomendasikan mengoleskan kompres es yang tertutup kain ke skrotum dalam waktu 10 hingga 15 menit. Mereka juga dapat merekomendasikan minum obat antiinflamasi OTC, seperti ibuprofen atau naproxen, untuk mengurangi peradangan.

3. Pendarahan atau Hematoma

Efek samping vasektomi pada kesehatan pria yang selanjutnya adalah pendarahan atau hematoma. Komplikasi terkait perdarahan jangka pendek setelah vasektomi kadang-kadang dapat terjadi.

Misalnya pendarahan dari area bedah atau hematoma. Hematoma adalah kumpulan darah yang dapat menekan pada struktur terdekat lainnya di dalam tubuh.

Para ahli memperkirakan kemungkinan perdarahan atau hematoma terjadi pada tingkat 4 hingga 20 persen. Namun, perdarahan biasanya akan sembuh dengan sendirinya mengikuti prosedur.

4. Pembengkakan

Efek samping vasektomi pada kesehatan pria yang selanjutnya adalah pembengkakan. Pembengkakan setelah vasektomi dapat disebabkan oleh beberapa alasan, seperti:

  • Perdarahan.
  • Hematoma.
  • Pembentukan koleksi cairan paska bedah.

Baca Juga: Perlu Dibaca, Ini Penyebab Ejakulasi Dini pada Pria!

Pembengkakan yang terkait dengan efek samping ini biasanya akan mereda seiring waktu. Jika tidak, maka bisa dikonsultasikan langsung dengan dokter.

Bagi Dads yang takut vasektomi akan mempengaruhi kehidupan seksual, menurut dr. Doddy, hal ini tidak akan memengaruhi ejakulasi dan orgasme. Jadi jangan khawatir ya!

Artikel Terkait