KESEHATAN
20 Agustus 2018

Berbagai Fakta dan Manfaat Matcha Bagi Kesehatan Kita

Minum matcha bisa bikin tubuh lebih rileks
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Matcha adalah jenis teh hijau bubuk yang digunakan dalam upacara minum teh Jepang. Baru-baru ini, matcha sering muncul sebagai varian minuman dan makanan penutup.

Berbeda dengan teh hijau yang diminum setelah daun teh direndam, teh matcha digiling terlebih dulu menjadi bubuk, lalu diberi air panas sebelum dikonsumsi.

Seperti juga teh hijau, matcha memiliki banyak khasiat kesehatan. Studi menunjukkan bahwa teh hijau memberikan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Ada beberapa bukti bahwa teh hijau matcha memberikan dosis lebih terkonsentrasi. Sebenarnya apa saja sih fakta dan manfaat matcha?

Fakta-fakta Matcha

zara 1

- Matcha adalah bubuk teh hijau yang sering digunakan dalam upacara minum teh Jepang dan memiliki rasa yang lembut.

- Diasumsikan lebih sehat daripada teh hijau dan memiliki sumber antioksidan yang lebih baik. Perlu lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaatnya.

- Matcha dapat ditambahkan ke kue, makanan penutup, dan granola, atau untuk matcha latte.

- Matcha terbuat dari tanaman teh jenis khusus yaitu Camellia Sinensis. Tanaman ini menghasilkan jenis teh yang dikenal sebagai tencha.

- Tencha menghabiskan sebagian waktu pertumbuhannya dengan tertutup. Teknik ini meningkatkan jumlah klorofil yang dikandungnya dan memberinya warna hijau cerah.

- Matcha dibuat dengan membuang batang dan urat dari tencha dan stone grinding sisa daun untuk membuat bubuk.

Baca Juga: Ini Aturan yang Benar Minum Teh Hijau untuk Diet 

Manfaat Matcha Bagi Kesehatan

art of iced matcha art of tea 12

1. Bikin Rileks

L-theanine adalah asam amino yang ditemukan dalam teh. Studi menunjukkan bahwa L-theanine kemungkinan memiliki manfaat kognitif dan antibakteri. L-theanine bisa meningkatkan relaksasi, ketegangan, dan ketenangan.

Bila ditambah dengan kafein dapat meningkatkan kinerja, perhatian, memori, fokus, dan kewaspadaan. Matcha mengandung lima kali lebih banyak L-theanine dibanding teh biasa.

Baca Juga: Tak Kalah dengan Coffee Shop, Ini 6 Kafe Teh yang Harus Kita Coba

2. Anti kanker

Teh hijau mengandung antioksidan yang dikenal sebagai catechin, terutama catechin epigallocatechin gallate (EGCg) yang memiliki sifat anti-tumor.

Sebuah studi menemukan bahwa teh hijau matcha mengandung setidaknya 3 kali lebih banyak EGCg dibandingkan dengan teh hijau lainnya yang diteliti. EGCg dapat membantu mencegah kanker dengan melindungi sel dari kerusakan DNA dan menghambat proliferasi sel tumor.

Klorofil inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. Studi telah menghubungkan konsumsi klorofil yang lebih tinggi dengan tingkat yang lebih rendah dari kanker hati terkait aflatoksin. Matcha berwarna hijau, karena kaya klorofil.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Sumber: meetdoctor.com

Artikel Terkait