RUPA-RUPA
9 Februari 2020

4 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki, Kulit jadi Mulus

Bisa dilakukan dengan mudah di rumah
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Bagi wanita, mendapatkan kulit tubuh yang mulus tanpa bekas luka adalah hal yang penting. Makanya, Bekas luka di kaki bisa membuat frustasi para wanita. Adakalanya kita ingin memakai rok pendek, atau rok yang memperlihatkan kaki, namun penampilan kita terganggu akibat adanya bekas luka.

Akan tetapi Moms tidak perlu khawatir, bekas luka juga merupakan bagian alami dari penyembuhan luka. Sebagian besar bekas luka memang umumnya tidak hilang sepenuhnya, namun ada beberapa pilihan medis dan obat yang dapat membantu mengurangi bekas luka ini.

Baca Juga: Kenapa Bekas Luka Terasa Gatal? Pertanda Luka Mau Sembuh?

Namun menghilangkan bekas luka pada setiap orang juga berbeda-beda. Ada yang bisa menghilang dengan cepat, ada juga yang lama. Bekas luka timbul biasanya karena kita menggaruk bagian yang luka dan akhirnya malah menimbulkan bekas.

"Semakin banyak trauma pada kulit, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan bekas luka dan semakin besar kemungkinan memiliki bekas luka yang jelas," jelas Debra Jaliman, ahli kulit Kota New York.

Tips Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Meski begitu tenang Moms, menghilangkan bekas luka dikaki bisa dilakukan dengan mudah kok. Yuk intip tipsnya.

1. Menggunakan Minyak Esensial

menghilangkan bekas luka di kaki, bekas luka, bekas luka di kaki

Foto: medium.com

Minyak esensial dapat membantu menghilangkan bekas luka. Beberapa minyak esensial dapat mendorong sel-sel kulit baru di daerah yang terkena luka untuk tumbuh.

Minyak esensial umum yang digunakan untuk mengobati bekas luka di kaki seperti minyak geranium, minyak lavender, minyak kayu cedar, minyak biji wortel, dan minyak tea tree. Namun jika Moms mau menggunakan minyak lain juga bisa. Moms tinggal mencari minyak yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka di kaki.

Baca Juga: 7 Jenis Essential Oil untuk Menyamarkan Bekas Luka

2. Pijat

menghilangkan bekas luka di kaki, bekas luka, bekas luka di kaki

Foto: health.harvard.edu

Jika bekas luka yang timbul merupakan keloid atau jaringan parut, pijat bisa membantu. Namun bekas luka tidak akan menghilang, melainkan terlihat lebih lembut dan rata daripada sebelumnya.

"Kolagen baru yang dibuat untuk mengganti kerusakan dapat memiliki tekstur yang berbeda, seperti stretch mark, keloid, atau bekas luka," kata Dendy Engelman, dokter kulit Kota New York.

Pijat juga membantu jaringan bekas luka menempel ke pembuluh darah, tendon, otot, saraf, dan tulang. Kita bisa mendapatkan pijatan profesional, atau berbicara dengan dokter tentang teknik yang baik, lalu mencobanya sendiri di rumah.

3. Eksfoliasi

menghilangkan bekas luka di kaki, bekas luka, bekas luka di kaki

Foto: healthline.com

Mengeksfoliasi bekas luka akan membantu menghilangkannya dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati.

  • Caranya dengan menggunakan pembersih pengelupasan kulit dan loofah .
  • Setelah kulit mulai terkelupas, keringkan area tersebut dan oleskan pelembab.
  • Moms dapat melakukan eksfoliasi sesering mungkin, misalnya setiap tiga hari sekali.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyembuhkan Luka Keloid Bekas Operasi Caesar?

4. Menggunakan Minyak Zaitun

menghilangkan bekas luka di kaki, bekas luka, bekas luka di kaki

Foto: healthline.com

Kandungan zat linoleic acid pada minyak zaitun sangat bermanfaat untuk memudarkan bekas luka hitam di kaki. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung polifenol (anti-oksidan yang berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan).

Caranya sangat mudah, siapkan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu, lalu campur keduanya menjadi satu. Setelah itu oleskan pada bekas luka di kaki.

Cara-cara di atas merupakan cara rumahan untuk menghilangkan bekas luka di kaki. Jika dilakukan secara rutin, maka bekas luka akan memudar dan hilang.

(AWD)

Artikel Terkait