KESEHATAN
8 Maret 2019

Hati-Hati! Ini Bahaya Mencabut Gigi Saat Menstruasi

Jika perempuan mencabut gigi selama menstruasi, maka pendarahan hebat dan infeksi bisa saja terjadi.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Untuk menjaga kesehatan tubuh, memang ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan.

Terlebih saat menstruasi, setiap perempuan harus benar-benar memerhatikan setiap hal yang ini dilakukan termasuk urusan gigi.

Sebaiknya memang perempuan yang sedang menstruasi tidak mencabut gigi. Mengapa? Mari simak ulasan berikut:

Mencabut Gigi Saat Menstruasi

shutterstock 1052270132

Jika perempuan mencabut gigi selama menstruasi, maka pendarahan hebat dan infeksi bisa saja terjadi.

Karena ketika sedang menstruasi, jumlah sel darah di dalam tubuh akan menurun dan koagulabilitas darah dapat melemah.

Selama periode tersebut, setiap operasi yang traumatik dapat menyebabkan pendarahan besar.

Selain itu, rasa nyeri menjadi lebih sensitif dan kekebalan menjadi lebih lemah, sehingga risiko infeksi bisa meningkat.

Bau darah yang tersisa di mulut dapat sangat memengaruhi selera makan. Karena itu, Moms harus menghindari mencabut gigi selama menstruasi.

Baca Juga: Ternyata Ini Pentingnya Siwak Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Hal Lain yang Harus Dihindari Selama Menstruasi

shutterstock 364030235

Tak hanya mencabut gigi, obat-obatan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan stasis darah tidak boleh dikonsumsi selama menstruasi, atau jumlah darah menstruasi dapat akan meningkat.

Asupan obat-obatan ini dapat meningkatkan darah menstruasi dan bahkan menyebabkan anemia dan pendarahan hebat. Pendarahan menstruasi juga dapat mempengaruhi efek obat-obatan.

Obat-obatan yang digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan stasis darah biasanya dapat menahan koagulasi darah, sehingga mereka dapat memperluas pembuluh darah dan mempercepat sirkulasi darah.

Penting bagi Moms untuk berhenti meminum obat-obatan tersebut selama periode menstruasi.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Arti Perbedaan Tekstur dan Warna Darah Menstruasi

Berikutnya minum minuman beralkohol dapat membahayakan kesehatan hati. Selama menstruasi, tingkat estrogen di dalam tubuh dapat bergerak sangat banyak, dan lebih mudah bagi perempuan untuk menjadi mabuk.

Pada saat yang sama, beban hati dapat meningkat secara serius. Namun, selama periode tersebut, kemampuan enzim litik berada pada tingkat yang rendah, yang melemahkan kemampuan melarutkan alkohol.

Alkohol dapat dibiarkan di dalam tubuh dan berubah menjadi zat beracun. Untuk membuang zat beracun, hati harus menciptakan lebih banyak enzim, yang dapat meningkatkan beban hati.

Selain itu, menurut penelitian, minuman beralkohol juga dapat memperlancar peredaran darah untuk meningkatkan jumlah darah menstruasi menjadi lebih banyak.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Ibu Hamil

Nah itulah tadi beberapa hal sederhana yang sebaiknya Moms hindari selama menstruasi. Singkatnya, perempuan sebaiknya tidak mencabut gigi, minum minuman beralkohol dan minum obat tertentu selama menstruasi, atau risiko kesehatan sangat mungkin meningkat.

(MDP)

Artikel Terkait