KESEHATAN
25 Juni 2019

Heboh Anjing Boy William, Segera Lakukan Ini Jika Anak Digigit Anjing

Jangan sampai anak timbul infeksi karena digigit anjing
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Baru-baru ini, seorang anak perempuan baru saja digigit dua ekor anjing yang diduga milik artis dan presenter, Boy William. Kejadian ini terjadi di vila dan restoran Sawah Joglo yang berada di Kecamatan Ngaglik, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Akibatnya, anak tersebut mengalami luka di kaki.

Mengutip dari suara.com, setelah ditelusuri, kepemilikan vila tersebut, termasuk dua ekor anjing yang menggigit si anak perempuan, dulunya adalah milik Boy William, namun kini sudah dijual.

Menghadapi masalah ini mungkin Moms akan menjadi panik, apalagi ditambah dengan tangisan Si Kecil yang kesakitan akibat digigit anjing.

"Namun yang harus orang tua perhatikan pertama kali adalah infeksi akibat digigit anjing," kata dokter pengobatan darurat, Stephen Sayles III.

“Penderita mungkin perlu dirawat di rumah sakit dan membutuhkan antibiotik,” lanjutnya.

Nah, agar Moms tidak panik dan bingung apa yang harus dilakukan, berikut yang harus Moms lakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada anak.

Baca Juga: Selain Anjing, 3 Hewan Ini Juga Bisa Menyebarkan Rabies

1. Kontrol Pendarahan yang Terjadi

dog-bite-laceration.jpg

Foto: Silverthornesattorney.com

Begitu digigit oleh anjing, kulit Si Kecil pasti akan langsung terluka dan mengelurakan darah. Jika Si Kecil menangis, jangan panik Moms, kita harus mengobati luka anak meski mereka masih menangis.

Sama seperti luka pada kulit anak-anak lainnya, Moms pasti ingin meminimalkan pendarahan yang terjadi. Dengan menggunakan lap atau handuk bersih, berikan tekanan lembut pada luka sampai berhenti. Jika ada banyak darah, angkat daerah yang terluka, dan kompres terus hingga pendarahan berkurang.

Baca Juga: Suka Pelihara Anjing atau Kucing? Kenali Bahaya Bulu Hewan Untuk Kesehatan

2. Bersihkan Daerah dari Gigitan

digigit oleh anak, gigitan anjing

Foto: health.clevelandclinic.org

Meski terluka, bukan berarti Moms tidak boleh mencuci luka tersebut. Malah untuk menghindari infeksi, sebaiknya cuci luka gigitan tersebut hati-hati dengan sabun dan air.

Disarankan untuk menggunakan air mengalir. Tahan di bawah air mengalir selama beberapa menit sambil dibasuh, untuk membersihkan bakteri.

3. Tutup Bagian yang Terluka

digigit oleh anak, gigitan anjing

Foto: nuerainsurance.ca

Agar bagian luka anak yang digigit oleh anjing, yang sudah dibersihkan tidak terkena bakteri lagi, tepuk-tepuk daerah itu dengan lembut, oleskan sedikit salep atau obat antibiotik, lalu balut dengan perban di atasnya untuk menutupi bagian yang terluka.

4. Konsultasikan dengan Dokter

a-boy-in-front-of-a-rottweiler-167352407-583a7ac65f9b58d5b1ff05f4.jpg

Foto: Thesprucepets.com

Jika Moms tidak tahu apa jenis anjing yang menggigit Si Kecil dan takut terjadi rabies setelahnya, sebaiknya langsung bawa Si Kecil konsultasi dengan dokter.

Selain itu, menurut Centers for Disease Control and Prevention jika luka terlihat agak dalam, Moms juga harus membawa anak segera ke dokter. Begitu juga jika pendarahan tidak berhenti setelah 15 menit di tangani.

Menurut Dr. Sayles, pertolongan pertama pada digigit oleh anjing, semuanya adalah tentang menjaga bakteri agar tidak menyebabkan infeksi.

Baca Juga: Hati-Hati, 3 Jenis Infeksi Ini Sering Menyerang Balita Lho!

Itulah beberapa langkah yang perlu Moms lakukan sebagai pertolongan pertama saat Si Kecil digigit anjing. Panik boleh, tapi jangan sampai tidak melakukan pertolongan pertama ya Moms.

Artikel Terkait