KESEHATAN
15 Januari 2019

Heboh Operasi Wanita Obesitas, Ini yang Harus Dilakukan Supaya Terhindar Risiko Obesitas Setelah Melahirkan

Menjaga berat badan setelah melahirkan bukan dengan diet melainkan memenuni gizi seimbang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh mentari.delita
Disunting oleh mentari.delita

Obesitas merupakan sebuah permasalahan yang dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit. Titi Wati, seorang ibu asal Kalimantan Tengah baru-baru ini menjalani pemeriksaan oleh tim medis.

Diketahui berat Titi Wati mencapai 220 kg, karenanya ia harus segera menjalani operasi pengecilan lambung yang ditangani langsung oleh 16 dokter ahli.

Setelah operasi nanti, pihak dokter mengatakan berat badannya dapat turun maksimal 20 kg perbulan.

Melihat apa yang dialami Titi Wati, tentunya Moms harus semakin waspada akan risiko obesitas terutama setelah melahirkan. Inilah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan:

Baca Juga: Obesitas dan Menunda Kehamilan, Penyebab Susah Hamil?

Perbanyak Minum Air Putih

shutterstock 324342278

Moms tentu tak ingin bukan berat badan melonjak setelah melahirkan apalagi sampai obesitas? Cobalah untuk mengonsumsi banyak air putih.

Selain menghindarkan tubuh dari dehidrasi, air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan, lho.

Memberi ASI

shutterstock 388644496 (1)

Selain menciptakan kedekatan antara Moms dan Si Kecil, menyusui dapat menurunkan hingga 500 kalori setiap hari.

Timbunan lemak akan hilang karena sudah digunakan untuk memproduksi ASI, cara yang sangat mudah bukan?

Konsumsi Makanan Bergizi

shutterstock 622381799

Banyak ibu yang berusaha untuk diet setelah melahirkan, padahal malah akan sangat membahayakan lho.

Setelah melahirkan, yang sebaiknya Moms lakukan adalah memenuhi kebutuhan gizi.

Dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, maka jangan khawatir bahwa makanan tersebut akan menjadi lemak.

Baca Juga: 4 Dampak Obesitas Pada Ibu Hamil Bagi Perkembangan Janin

Olahraga

shutterstock 669229195

Sebaiknya setelah melahirkan Moms memang tidak langsung melakukan olahraga berat.

Namun tetap berolahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya berat badan. Dengan berolahraga, lemak dalam tubuh dapat berkurang.

Bila Moms tak memiliki banyak waktu maka cobalah untuk lari pagi secara rutin saja, pastikan tubuh bergerak setiap hari.

Penyebab kegemukan atau obesitas setelah melahirkan sebenarnya dimulai sejak Moms masih dalam masa kehamilan.

Ada beberapa hal yang mungkin tak disadari menyebabkan Moms mengalami peningkatan berat badan, seperti masalah hormon, genetik, stres dan pola makan tidak tepat.

Untuk mencegah hal ini maka sebaiknya sejak masih dalam masa kehamilanpun Moms sudah mulai memerhatikan pola makan dengan memenuhi kebutuhan gizi yang cukup.

(MDP)

Artikel Terkait