KESEHATAN
30 September 2019

Ingin Berat Badan Naik? Mulai Konsumsi 8 Makanan Tinggi Kalori Ini!

Buah alpukat mengandung lemak yang sehat dan efektif menaikkan berat badan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak hanya orang-orang yang berusaha untuk menurunkan berat badan, beberapa dari Moms mungkin ada yang merasa kesulitan menaikkan berat badan.

Tentu saja, akan lebih baik untuk menaikkan berat badan dengan cara yang sehat, dan tidak asal mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, misalnya.

Ada beberapa makanan tinggi kalori yang tak hanya mengandung lemak sehat, tetapi juga memberikan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk organ tubuh lainnya.

Mengutip dari Style Craze, berikut ini daftar makanan yang dapat menambah berat badan dengan optimal!

1. Selai Kacang

selai kacang.jpg

Selai kacang adalah bahan pelengkap yang lezat dan bisa menambah rasa untuk oatmeal, atau sebagai pelapis roti.

Selai kacang punya 588 kalori/100 gram, atau 94 kalori per sendok makan.

Selai kacang mengandung 20 jenis asam amino, dan kandungan lemak yang dapat memenuhi kebutuhan untuk tubuh, serta meningkatkan massa otot.

2. Keju

5 alasan keju baik untuk dikonsumsi 1

Keju adalah produk susu kaya kalori, dengan jumlah kalori 402 kalori/100 gram, atau 68 kalori per sendok makan. Keju punya ragam variasi olahan yang bisa dipilih.

Keju cheddar, keju krim, feta, mozzarella, ricotta, parmesan, dan keju cottage, mengandung protein dan kalsium yang memperkuat tulang dan membentuk otot.

Baca Juga: Keju Campur Telur, Resep Makanan di Pagi yang Sibuk

3. Daging Merah

Konsumsi Daging dan Unggas

Daging merah adalah sumber protein hewani terbaik karena mengandung leusin (asam amino) dan kreatin yang merangsang sintesis protein, untuk membentuk otot tanpa lemak.

Daging merah juga kaya vitamin B12, yang dibutuhkan untuk sintesis protein, hormon, DNA, dan sel darah, serta fungsi neurologis.

Moms bisa mengonsumsi ragam jenis daging merah, seperti daging sapi, bebek, kalkun, dendeng. Namun, jaga asupan daging agar tidak berlebihan ya.

4. Pisang

pisang.jpg

Buah pisang adalah buah untuk menambah berat badan yang tentunya menyehatkan lho, Moms! Pisang mengandung serat, kalium, protein, vitamin A, C, dan folat, dan lemak sehat.

Konsumsi 1-2 pisang per hari akan membuat tingkat energi dan stamina meningkat, meningkatkan stamina, dan membuat tulang lebih kuat.

Dengan 200 kalori/100 gramnya, Moms bisa makan pisang dengan secangkir susu, atau sekadar dijadikan smoothie dicampur yogurt yang lezat.

5. Alpukat

Ini Dia, Makanan yang  Membantu Mengendurkan Saraf dan Pikiran Anda 03 alpukat freepik com.jpg

Alpukat menjadi buah 'wajib' yang dikonsumsi agar berat badan naik dengan sehat. Alpukat mengandung 160 Kalori/100 gram, atau 156 Kalori per ½ buah.

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin K, E, A, C, dan B6, magnesium, kalium, dan natrium.

Mengkonsumsi satu alpukat per hari dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh, menaikkan tingkat energi, dan membuat kulit lebih bercahaya.

Baca Juga: 5 Resep MPASI Bayi 6 Bulan dengan Buah Alpukat

6. Paha Ayam

ayam kecap.jpg

Paha ayam merupakan jenis daging yang bisa menaikkan berat badan. Mulai konsumsi paha ayam ketimbang dada ayam, karena paha ayam sarat dengan protein, vitamin, dan mineral.

Tetap jaga asupan daging ayam agar tidak berlebihan, karena paha ayam mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi.

7. Cokelat Hitam

dark-chocolate-and-cocoa-beans-on-a-table.jpg

Sebagai camilan sehat untuk menaikkan berat badan, coba makan cokelat hitam yang mengandung 546 Kalori/100 gram, atau 884 kalori per barnya.

Cokelat hitam adalah sumber antioksidan dan antidepresan yang baik. Moms bisa menambahkan cokelat hitam ke dalam smoothie, roti lapis, segelas susu, atau biskuit gandum.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Cokelat Untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Preeklamsia Juga Lho!

8. Ikan yang Berlemak

Salmon

Terakhir, makan ikan berlemak atau berminyak seperti salmon, mackerel, tuna, dan cod kaya akan asam lemak omega-3 dan protein tanpa lemak.

Asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda, yang melindungi tubuh dari penyakit jantung, obesitas, diabetes, peradangan, neurodegenerasi, dan mencegah hilangnya otot karena usia.

Sebuah studi menemukan bahwa makan ikan berlemak dengan sayuran dapat membantu meningkatkan massa otot, yang tentu saja membantu berat badan naik.

Makan 1-2 potong ikan berlemak per hari, dengan sayuran dan kacang hijau. Ikan berlemak mengandung 206 Kalori/100 gram, atau setara 367 Kalori per ½ fillet.

Nah, itu dia Moms 8 makanan yang bisa menambah berat badan. Jangan lupa kombinasikan dengan menjalani pola hidup yang sehat ya, Moms!

(AP)

Artikel Terkait