PROGRAM HAMIL
28 Maret 2019

Ingin Cepat Hamil? 5 Olahraga Ini Bisa Tingkatkan Peluang Kehamilan

Jalani usaha Moms agar cepat hamil dengan olahraga.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Olahraga memberi banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan, meningkatkan kebugaran, menurunkan berat badan, hingga membantu mempersiapkan kondisi tubuh untuk siap hamil.

Ya, ketika Moms mempersiapkan kehamilan, kondisi kesuburan bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan.

Kebiasaan makan, gaya hidup, kesehatan, termasuk tingkat kebugaran tubuh, juga ikut berpengaruh.

Menurut sebuah studi di Obstetrics & Gynecology, sebagaimana dikutip dari fitnessmagazine.com menyimpulkan bahwa perempuan yang berolahraga 30 menit atau lebih setiap hari memiliki pengurangan risiko infertilitas karena gangguan ovulasi.

Baca Juga : 5 Mitos dan Fakta tentang Program Hamil

Namun, jangan pula berolahraga terlalu berat ya, Moms. Menurut studi tahun 2009 di Human Reproduction, beberapa data mengaitkan latihan yang terlalu kuat dengan kesuburan yang lebih rendah.

Jadi, jika Moms saat ini sedang berupaya untuk hamil, tak ada salahnya melakukan 5 jenis olahraga yang disinyalir dapat meningkatkan peluang kehamilan. 

1. Jalan Kaki

Jangan anggap sepele jalan kaki. Meski mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja, jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang bisa membantu meningkatkan kebugaran.

Rasanya tak sulit buat Moms menyempatkan diri jalan kaki secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari.

Dengan jalan kaki, metabolisme dan sirkulasi darah akan semakin lancar, dan produksi hormon yang membantu pertumbuhan sel telur pun meningkat.

2. Jogging

shutterstock 359568020

Mirip dengan jalan kaki, hanya saja intensitasnya lebih tinggi. Jogging merupakan salah satu jenis latihan kardio yang meningkatkan detak jantung sehingga melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke organ reproduksi.

3.Yoga

Stres ternyata bisa menghambat kesuburan dengan cara memengaruhi ketidakseimbangan hormon dan mengundang datangnya berbagai penyakit.

Padahal, kehamilan haruslah didukung oleh kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Dengan yoga, Moms akan belajar fokus pada pikiran dengan cara mengontrol pernapasan, yang nantinya dapat meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, dan kesehatan secara keseluruhan.

Pose-pose dalam yoga juga diketahui dapat membantu mempercepat proses konsepsi dengan meningkatkan aliran darah di area panggul, merangsang kelenjar penghasil hormon kesuburan, dan melepaskan ketegangan otot.

Baca Juga : 10 Komentar Paling Menyebalkan yang Kita Dengar saat Program Hamil

4. Pilates

shutterstock 242603200

Pilates identik dengan latihan untuk membangun fleksibilitas, kekuatan, dan ketahanan tubuh.

Tapi, pilates juga membantu mempersiapkan fisik Moms sebelum hamil, seperti menguatkan otot panggul dan memperbaiki sirkulasi darah di dalam tubuh yang berperan membuat haid jadi lebih teratur.

Di samping itu, pilates juga memberi pengaruh positif pada pikiran, sehingga Moms akan merasa relaks dan jauh dari stres, yang merupakan salah satu faktor pemicu infertilitas.

5. Berenang

Berenang adalah salah satu jenis latihan kardio yang dapat meningkatkan kebugaran.

Berenang juga merupakan olahraga yang sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal, mengingat kegemukan dan obesitas diketahui sebagai salah satu faktor penyulit kehamilan.

(VAN)

Artikel Terkait