TREN
29 Mei 2019

Ini 4 Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Ssst, ternyata keduanya serupa tapi tak sama!
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Baking soda atau yang juga dikenal sebagai soda kue dan Baking Powder kerap tertukar karena memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Namun salah menggunakan bahan dalam memasak kue, tentu saja akan berpengaruh pada hasil akhir kuenya.

Mama tak perlu bingung lagi, karena ada masing-masing bahan tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan menghasilkan kue yang berbeda pula. Meski keduanya sama sama pengembang yan bersifat kimiawi, yakni melepas gas karbondioksida sehingga tercipta gelembung, namun kedua bahan ini tidak bisa menggantikan satu sama lain.


Berikut adalah perbedaan antara baking soda dan baking powder

1. Kandungan baking soda dan baking powder berbeda

kandungan baking soda dan baking powder berbeda

Baking soda hanya mengandung natrium bikarbonat. Sedangkan baking powder merupakan campuran antara natrium bikarbonat dengan cream of tar tar dan pengemulsi.

2. Fungsi baking soda dan baking powder berbeda

fungsi baking soda dan baking powder berbeda

Kedua bahan ini sama sama berfungsi sebagai pengembang untuk kue, hanya saja soda kue cocok untuk panganan yang dipanggang atau kukus sedangkan baking powder seaiknya digunakan untuk kue yang tidak memiliki bahan asam.

Baca Juga : 4 Alat Memasak Kue Wajib Punya

3. Penggunaan baking soda dan baking powder pada kue yang berbeda

penggunaan baking soda dan baking powder pada kue yang berbeda

Baking soda sebaiknya dicampur dengan adonan yang mengandung bahan yang asam. Karena baking soda bersifat alkali dan aktif saat tercampur dengan bahan yang asam seperti buttermilk, cuka, sour ceam, air lemon bahkan madu.

Proses pengembangan adonan langsung terjadi saat soda kue bercampur dengan bahan asam tersebut, sehingga adonan sebaiknya langsung dibakar atau dikukus tanpa menunggu. Jika adonan sempat ‘menunggu’ dapat dipastikan kue yang dihasilkan akan bantat karena proses pengembangannya sudah lewat.

Adapun baking powder sebaiknya digunakan pada kue yang tidak mengandung bahan asam karena baking powder sudah mengandung cream of tar tar. Baking powder terdiri dari dua jenis yakni double acting dan single acting. Pada double acting, proses pengembangan terjadi dua kali, jadi adonan bisa dibiarkan sebentar.

4. Hasil akhir

hasil akhir

Kue dengan campuran baking soda, biasanya akan memiliki rasa akhir yang sedikit getir jika berlebihan. Maka disarankan untuk mencampurkan dengan bahan asam selain untuk mengaktifkan pengembangnya juga untuk menutupi rasa getir yang dihasilkan.

Adapun baking powder, cenderung netral atau tidak memberikan pengaruh rasa pada kue yang dihasilkan. Hal ini terjadi karena baking powder sudah memiliki campuran bahan asam.

Kini Mama sudah yakin dan tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan soda kue ataupun baking powder untuk memasak kue. Pastikan Mama gunakan kedua bahan ini sesuai dengan resep agar hasil kuenya bisa maksimal. Selamat baking Mama.

(DNY)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait