TRIMESTER 1
18 Desember 2019

Ini 5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda, Menjaga Nutrisi Saat Mengandung!

Dapat memberikan nutrisi cukup bagi Moms dan juga janin dalam kandungan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Pada trimester pertama kehamilan, Moms akan mengalami perubahan dan banyak hal yang dirasakan. Seperti morning sickness, perubahan mood, kulit kering, dan lain sebagainya.

"Secara fisik, tubuh mengalami lonjakan hormon kehamilan, khususnya estrogen dan progesteron, yang dapat menyebabkan perasaan mual di pagi hari," kata Crystal Karges, M.S., R.D.N., ahli diet dan konsultan laktasi di San Diego, mengutip Eating Well.

Terlepas dari perubahan ini, tentunya penting agar tetap mengonsumsi makanan untuk ibu hamil muda yang dapat memberikan nutrisi cukup bagi Moms dan juga janin dalam kandungan.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Mengatasi Maag Saat Hamil

Makanan untuk Ibu Hamil Muda

1. Produk Susu

makanan untuk ibu hamil muda-susu.webp

Foto: parenting.firstcry.com

Dalam jurnal Nutrition Reviews, selama kehamilan Moms perlu mengonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh, yaitu produk susu.

Susu adalah sumber kalsium terbaik, ditambah kandungan fosfor yang tinggi, vitamin B, magnesium, dan seng. Sehingga cocok menjadi makanan untuk ibu hamil muda.

Khususnya yogurt, yang mengandung lebih banyak kalsium daripada produk susu lainnya. Bahkan untuk orang-orang intoleran laktosa juga dapat mentolerir yogurt, terutama yogurt probiotik.

Studi dari jurnal Current Diabetes Reports menjelaskan bahwa mengonsumsi suplemen probiotik selama kehamilan dapat mengurangi risiko komplikasi seperti preeklampsia, diabetes gestasional, infeksi vagina dan alergi.

2. Ikan Salmon

makanan untuk ibu hamil muda-ikan salmon.jpg

Foto: todaysparent.com

Ikan salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3 esensial. Asam lemak omega-3 sangat penting selama kehamilan. Karena itu, pastikan memasukkan ikan salmon dalam menu makanan untuk ibu hamil muda.

Mengutip studi dari Reviews in Obstetircs & Gynecology, asam lemak omega-3 banyak ditemukan pada makanan laut, dan dapat membantu membangun otak dan mata janin.

Namun, disarankan Moms membatasi asupan makanan laut hingga dua kali seminggu, karena zat merkuri dan kontaminan lain yang ditemukan pada ikan berlemak.

Baca Juga: Begini Cara Mencegah Varises Saat Hamil yang Mudah Dilakukan

3. Sayuran Hijau Gelap

makanan untuk ibu hamil muda-sayur.jpg

Foto: parents.com

Brokoli dan sayuran hijau gelap, seperti kangkung dan bayam, mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan wanita hamil. Sayuran ini termasuk dalam makanan untuk ibu hamil muda .

Beberapa nutrisi dalam sayuran hijau gelap seperti serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat dan kalium.

Tak hanya itu, menurut jurnal Medicinal Chemistry, brokoli dan sayuran hijau gelap kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan pencernaan. Salah satunya mencegah sembelit, yang menjadi masalah sangat umum dialami wanita hamil.

Selain itu, sayuran berdaun hijau juga telah dikaitkan dengan pengurangan risiko berat badan lahir rendah.

4. Buah Beri

makanan untuk ibu hamil muda-buah beri.jpg

Foto: tobyamidornutrition.com

Selain susu dan sayuran, Moms juga disarankan mengonsumsi cukup buah sebagai makanan untuk ibu hamil muda, salah satunya buah beri. Buah beri punya kandungan air, karbohidrat sehat, vitamin C, serat, dan antioksidan.

Buah beri mengandung vitamin C jumlah tinggi, yang membantu tubuh menyerap zat besi. Mengutip jurnal Annals of Nutrition & Metabolism, vitamin C penting untuk kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh.

Buah beri memiliki nilai indeks glikemik yang relatif rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan besar dalam gula darah dan aman dikonsumsi ibu hamil.

Baca Juga: Kenali Gejala Depresi Saat Hamil dan 7 Cara Mudah Mengatasinya

5. Gandum Utuh

makanan untuk ibu hamil muda-gandum.jpg

Foto: mommabe.com

Mengonsumsi biji-bijian utuh dapat membantu wanita hamil memenuhi kebutuhan kalori, terutama pada kehamilan trimester kedua dan ketiga. Tetapi, tidak ada salahnya makan gandum sebagai makanan untuk ibu hamil muda.

Gandum utuh punya kandungan serat, vitamin, dan protein dalam jumlah yang cukup, sebagai nutrisi yang penting selama kehamilan. Selain itu, gandum utuh kaya akan vitamin B, serat dan magnesium, sebagai nutrisi yang kurang dimiliki oleh ibu hamil.

Nah, itu dia Moms beberapa makanan untuk ibu hamil muda yang bisa menjadi rekomendasi untuk asupan nutrisi penting bagi Moms dan janin dalam kandungan.

Artikel Terkait