HIBURAN
1 Juli 2019

Ini 5 Permainan Anak Perempuan Era 90-an yang Beken, Apakah Moms Masih Ingat?

Permainan ini bikin masa kecil bahagia ya, Moms!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Carla Octama

Saat internet dan teknologi masih belum secanggih sekarang, anak-anak zaman dahulu menghabiskan waktunya untuk bermain bersama.

Karenanya, banyak aktivitas menyenangkan yang dilakukan anak-anak zaman 90an kala itu. Seperti bermain lompat tali, atau kegiatan sederhana seperti bertukar kertas binder, dan masih banyak lagi.

Berikut ini daftar mainan anak perempuan di era 90-an yang dijamin bikin Moms berasa nostalgia, apakah Moms masih mengingatnya?

1. Lompat Karet

mainan 90an-1.jpg

Foto: instagram.com/kuflet

Dengan menggunakan tali yang terbuat dari anyaman karet, permainan lompat tali nya dimainkan oleh anak-anak perempuan.

Permainan dengan melakukan gerakan melompat ini memang sangat populer pada era 90-an. Biasanya, ketinggiannya berkisar dari setinggi leher, kepala, sampai mengangkat tangan ke atas.

Baca Juga: Simak 6 Ide Permainan Untuk Membuat Bayi Tertawa Ini, Yuk

2. Bongkar Pasang Dress Kertas

mainan 90an-2.jpg

Foto: tokopedia.com

Permainan bongkar-pasang dress kertas ini juga tak kalah populer di era 90-an. Pada satu kertas karton, biasanya terdapat satu karakter dengan ragam baju yang bisa dipilih.

Tak hanya pakaian, permainan ini biasanya juga dilengkapi aksesoris lain seperti kasur, alat masak, dan lain-lain.

Cara bermainnya dengan memotong orang dan baju-baju yang hendak dikenakan, dan bermain dengan properti lain yang disediakan.

3. Tukar Kertas Binder

mainan 90an-3.jpg

Foto: kompascom.net

Ini mungkin menjadi kegiatan yang sangat sederhana namun tidak kalah menyenangkan. Dulu, anak-anak era 90-an berlomba-lomba memenuhi isi binder mereka dengan ragam kertas yang penuh warna dan bentuk.

Tak sedikit anak-anak 90-an saling bertukar kertas binder dengan apa yang menurut mereka paling lucu dan diinginkan di binder mereka.

4. Bermain Congklak

mainan 90an-4.jpg

Foto: instagram.com/r_ohhhashi

Congklak mungkin menjadi salah satu permainan tradisional yang juga tidak kalah beken di era 90-an. Permainan ini umumnya digemari anak perempuan.

Dan siapa sangka, permainan congklak juga punya manfaat lho! Yaitu untuk melatih fokus dan ketangkasan.

Baca Juga: Permainan yang Merangsang Calistung pada Anak

5. Bermain Bekel

mainan 90an-5.jpg

Foto: instagram.com/franto3373

Permainan bola bekel menjadi kegiatan yang kala itu membuat banyak pemainnya merasa gemas. Kesabaran pun akan diuji ketika bermain bola bekel.

Pasalnya, Moms harus tetap fokus dengan permainan, dan tentu saja tidak sedikit dari lawan main yang mencoba mengganggu.

Bola-bola bekel juga mempunyai berbagai macam warna dan corak yang lucu. Jadi semakin sulit untuk menolak permainan tersebut kala itu ya, Moms?

Nah, itu dia lima permainan anak perempuan era 90-an. Apakah Moms ingin mengajari permainan berikut kepada Si Kecil nanti?

Artikel Terkait