KESEHATAN
15 Januari 2020

Ini Dia 3 Kelompok Makanan Penyebab Batu Ginjal yang Tanpa Sadar Sering Kita Konsumsi

Makanan di bawah ini meningkatkan risiko pembentuk batu ginjal.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Simak makanan penyebab batu ginjal di sini yuk, Moms.

Batu ginjal adalah material berbentuk padat yang terbentuk di ginjal. Dikutip dari jurnal Advances in Urology, batu ini berasal dari substansi yang seharusnya berada dalam urin dan konsentrasinya menjadi lebih tinggi sehingga membentuk gumpalan padat dan berbentuk kayak batu.

Batu ginjal bisa tetap berada dalam ginjal. Bisa juga turun menuju saluran kemih. Oh iya Moms, bentuk dan ukuran dari batu ginjal berbeda-beda.

“Batu yang kecil dapat dikeluarkan melalui urin, menyebabkan sedikit atau bahkan tidak ada rasa sakit sama sekali. Tetapi batu ginjal yang berukuran lebih besar dapat tersangkut di saluran kemih sehingga menyebabkan keluarnya urin terganggu serta menimbulkan rasa sakit bahkan perdarahan,” kata John C. Lieske, MD, seorang konsultan di divisi nefrologi dan hipertensi di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota.

Baca Juga: Moms, Ini Jenis Operasi Batu Ginjal yang Bisa Jadi Pilihan!

Tipe Batu Ginjal yang Disebabkan Oleh Makanan

nintchdbpict000270021938.jpg

Penyebab batu ginjal berbeda-beda. Berikut beberapa jenis batu ginjal yang sering ditemui dan beberapa jenisnya disebabkan oleh makanan berbahaya penyebab batu ginjal.

1. Batu Kalsium

Jenis batu ginjal yang paling sering terjadi. Biasanya muncul dalam dua bentuk yaitu kalsium oksalat dan kalsium fosfat.

Kalsium oksalat dipengaruhi oleh ekskresi kalsium dan oksalat yang tinggi. Sementara batu kalsium fosfat diakibatkan oleh kombinasi dari kadar kalsium yang tinggi dalam urin ditambah kadar pH urin yang juga tinggi.

Baca Juga: Keutamaan Terapi Laser Batu Ginjal

2. Batu Asam Urat

Terbentuk saat pH urin berada dalam keadaan asam untuk jangka waktu yang lama. Diet yang tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam urin.

Jika konsentrasi asam urat meningkat dalam urin maka asam urat bisa membentuk batu dari komponen asam urat itu sendiri atau membentuk batu bersamaan dengan kalsium.

3. Batu Struvite

Hasil infeksi pada ginjal. Cara penanganannya adalah membuang batu dari saluran kemih dan mencegah infeksi datang kembali agar tidak membentuk batu lagi.

4. Batu Cystine

Produk kelainan genetik yang menyebabkan cystine keluar dari ginjal menuju urin dan membentuk kristal yang lama kelamaan berakumulasi menjadi batu.

Makanan yang Berisiko Membentuk Batu Ginjal

Setelah membahas apa itu batu ginjal dan jenis batu ginjalnya, berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang bisa membentuk batu ginjal. Yuk, kita simak.

1. Makanan Tinggi Sodium

sausage-making-for-two-31111446.jpg

Foto: pixabay.com

Sodium, terdapat dalam garam dan makanan kemasan, merupakan salah satu komponen yang dapat meningkatkan risiko pembentuk batu ginjal. “Diet tinggi sodium cenderung memicu peningkatan kadar kalsium dalam urin,” ungkap Dr Lieske.

Beberapa contoh makanan yang mengandung sodium tinggi yaitu:

  • Makanan kaleng
  • Daging olahan (seperti bacon, nugget, ham, sosis)
  • Kecap atau saus
  • Kacang-kacangan yang sudah diasinkan
  • Makanan siap saji (seperti sereal instan, mie instan)

2. Protein Hewani

daging merah - foodmanufacture.co.uk.jpg

Foto: foodmanufacture.co.uk

Daging dan sumber protein hewani semisal telur dan seafood mengandung purin. Purin nantinya akan diubah menjadi asam urat di dalam urin.

Asam urat merupakan salah satu bahan pembentuk batu ginjal sehingga terlalu banyak konsumsi protein hewani dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal di kemudian hari. Selain daging, organ lain seperti hati dan jeroan juga mengandung purin yang tinggi. Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 170 gram daging per harinya.

Selain risiko menumpuknya asam urat, protein yang berasal dari hewan juga meningkatkan risiko terbentuknya batu kalsium dengan cara meningkatkan ekskresi kalsium tetapi mengurangi kadar sitrat dalam urin. Padahal sitrat dapat mencegah terbentuknya batu ginjal, tetapi asam dalam protein hewani mengurangi kadar sitrat tersebut

3. Makanan Tinggi Oksalat

Bayam

Foto: shutterstock.com

Sebagai salah satu pembentuk batu ginjal, oksalat sebenarnya dihasilkan juga oleh tubuh misalnya dari hasil sampingan pemecahan vitamin C.

Namun mengonsumsi makanan yang memiliki kadar oksalat tinggi dapat meningkatkan jumlah oksalat dalam urin di mana nantinya oksalat tersebut akan berikatan dengan kalsium membentuk batu kalsium oksalat.

Makanan-makanan yang mengandung oksalat adalah: bayam, okra, beet, kiwi, almond, kacang mede, kokoa, cokelat, dan makanan tinggi vitamin C.

Baca Juga: Segera Hindari, Ini 5 Kebiasaan Sehari-Hari yang Dapat Merusak Ginjal

Nah, itulah daftar makanan penyebab batu ginjal yang bisa Moms perhatikan konsumsinya. Selain itu, jangan lupa minum air putih yang banyak, ya.

Artikel Terkait