KESEHATAN
12 September 2019

Ini Dia 4 Cara Menghilangkan Ketombe yang Terbukti Ampuh

Salah satu fakta yang harus Moms tahu, ketombe tidak sama dengan kulit kering. Dan, ada beberapa cara ampuh untuk menghilangkan ketombe.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

"Ketombe dapat terjadi pada kedua jenis kulit kepala. Baik yang kering, maupun yang berminyak," kata Dr Stuart Kaplan dari KaplanMD.

"Sebenarnya, itu seperti jerawat. Bisa tumbuh di kulit yang sangat kering dan juga kulit yang sangat berminyak. Munculnya ketombe tak jauh dari keseimbangan pH kulit, dan gangguan pH kulit yang disebabkan oleh hormon, kondisi medis, produk rambut, dan kebersihan,” lanjut Dr Kaplan.

Menurut ahli dermatologi ini, ketombe tidak dapat disembuhkan. Namun, dapat dikendalikan dengan beberapa metode tertentu. Moms, yuk kita lihat ada metode apa saja yang bisa dicoba untuk menghilangkan ketombe!

Baca Juga: Rambut Berketombe, Kenali 5 Penyebabnya!

1. Detoks Kimia

Aloe-Vera-Gel.jpg

Foto: Moroccanarganoil

Pilihan bijak untuk setiap masalah kulit adalah melakukan detoks. Hindari semua bahan kimia dari kulit kepala. Gunakan bahan herbal, dan biarkan kulit kepala bernafas. Biasanya, hal ini bisa membuat perbedaan besar di kulit kepala kita.

2. Rajin Membilas Rambut

"Ketombe dapat disebabkan kita malas membilas rambut saat mandi. Hal ini bisa menimbulkan penumpukan sampo, kondisioner, dan produk rambut lainnya di kulit kepala," kata Dr. Kaplan.

Rajin menyisir rambut dengan sisir yang sesuai dengan rambut kita bisa jadi salah satu upaya membilas sisa-sisa produk perawatan rambut yang kita gunakan. Cara ini bisa membuat rambut terurai dengan sempurna, sekaligus menghilangkan ketombe gatal di kulit kepala.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ketombe Menggunakan Lemon, Yuk Dicoba!

3. Keringkan Rambut Sebelum Tidur

Saat tidur dengan rambut lembab, akan menyebabkan jamur tumbuh di kulit kepala. Pastikan rambut kita kering sebelum tidur agar kita bisa terbebas dari ketombe dan gatal-gatal di kepala.

4. Ekstrak Daun Teh

tea-leaf.jpg

Foto: upgro.com

Mengolesi rambut dan kulit kepala bisa jadi pilihan untuk menghilangkan ketombe. Minyak dari ekstrak daun teh adalah salah satu pilihan cerdas.

Ekstrak alami daun teh memiliki sifat anti-jamur dan antibakteri. Membantu mengurangi penumpukan pada kulit kepala. Moms bisa menggunakannya sebagai masker rambut, dan biarkan selama satu jam. Setelahnya, jangan lupa bersihkan di kamar mandi.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait