KESEHATAN
31 Juli 2019

5 Tips untuk Suami Agar Cepat Punya Anak, Baca Berdua Yuk Moms!

Lima tips punya anak ini bisa bantu Dads agar cepat punya momongan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat pasangan sedang menjalani program hamil, terkadang langkah-langkah yang dilakukan lebih banyak berfokus pada Moms. Padahal, Dads juga punya peran yang tak kalah penting, lho, untuk mendukung keberhasilan program hamil.

Moms, yuk, ajak Dads untuk mengintip lima tips agar cepat punya anak untuk suami berikut.

1. Jaga Berat Badan Ideal

Faktor berat badan memang cukup berpengaruh dalam upaya punya momongan. Selain Moms, Dads juga harus mempunyai berat badan ideal sebelum maupun saat sedang menjalani program hamil.

Berbagai studi menyebutkan, calon Dads yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih sulit agar cepat punya anak dibandingkan calon Dads yang memiliki berat badan ideal. Berat badan berlebih dapat menurunkan kualitas sperma, jumlah sperma, serta kemampuan berenang sperma.

Lebih dari itu, American Society for Reproductive Medicine juga menyebutkan bahwa berat badan berlebih dapat memperbesar kemungkinan kerusakan materi genetik (DNA) pada sperma.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Kesuburan Pria

healthy eating mean amarillo

2. Konsumsi Multivitamin Harian

Dr. Jared Robins, kepala bidang endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Northwestern Medicine's Fertility and Reproductive Medicine di Chicago membagi salah satu tips agar cepat punya anak yang dapat Dads lakukan yaitu mengonsumsi multivitamin setiap hari.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara umum, konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan E, serta mineral seperti selenium dan zinc juga ternyata baik bagi kesuburan.

Menurut Robins, kandungan antioksidan dalam multivitamin dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak DNA dalam sel sperma.

3. Stop Merokok dan Jauhi Asap Rokok

Dads, ini adalah tips agar cepat punya anak untuk suami yang tidak bisa ditawar lagi. Pasalnya, kebiasaan merokok dapat memengaruhi berbagai aspek kesehatan sperma sehingga membuat Dads sulit untuk agar cepat punya anak.

Hal ini juga berlaku bagi Dads yang menjalani program bayi tabung, lho. Jadi, stop kebiasaan merokok sekarang juga, termasuk jangan jadi perokok pasif.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Masalah Kesuburan Pria Berikut Ini Yuk, Moms

4. Hindari “Berpanas-panasan”

Untuk menjaga kualitas sperma, Dads perlu memastikan organ reproduksinya senantiasa berada dalam suhu normal (sekitar 37 derajat Celsius, sesuai suhu normal tubuh). Suhu yang terlalu panas di sekitar organ reproduksi Dads akan menurunkan jumlah dan kualitas sperma.

Oleh karena itu, saat sedang menjalani program hamil, Dads disarankan untuk menghentikan dulu kebiasaan berendam di air panas dan mandi uap (sauna).

Tips agar cepat punya anak yang lain untuk Dads adalah tidak melakukan tindakan yang dipercaya dapat meningkatkan suhu di sekitar skrotum. Di antaranya memangku laptop, memakai celana (panjang atau pendek) terlalu ketat, dan duduk terlalu lama.

Baca Juga: Layak Dicoba, 7 Essential Oil Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kesuburan Pria

shutterstock 275090003 850x400

5. Tangani Masalah Kesehatan yang Sudah Ada

Bila Dads mempuyai masalah kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter mengenai cara penanganannya. Masalah kesehatan seperti diabetes, gangguan tiroid, anemia, hingga penyakit menular seksual, bila tidak ditangani dengan benar, dapat memengaruhi kualitas sperma dan membuat Dads susah punya anak.

Terkadang, penyakit-penyakit tersebut muncul tanpa gejala khusus. Oleh karena itu, idealnya, Dads menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sebelum memulai program hamil.

Bila ternyata ditemukan kondisi kesehatan tertentu pada Dads, langkah selanjutnya adalah menangani masalah tersebut sebelum Moms dan Dads memulai program hamil.

(AAN)

Artikel Terkait