NEWBORN
5 September 2017

Ini Manfaat dan Cara Menyendawakan Bayi Setelah Menyusu

Jika si kecil tak kunjung sendawa setelah menyusu, Mama bisa mencoba cara ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh fitria.rahmadianti
Disunting oleh fitria.rahmadianti

Setiap ibu pasti merasa sangat bahagia akan kelahiran buah hatinya. Namun, di balik kebahagiaan itu, tersimpan berbagai kekhawatiran, khususnya bagi ibu muda yang kurang berpengalaman merawat bayi. Salah satu hal yang sering memicu rasa takut para ibu adalah saat si kecil bersendawa selepas minum susu.

Benarkah bersendawa setelah minum susu merupakan salah satu ciri-ciri buah hati mengalami gangguan kesehatan? Eits, tak perlu khawatir dulu! Burping alias bersendawa justru merupakan sinyal positif yang diberikan oleh buah hati dan menandakan bahwa tubuhnya dalam keadaan sehat. Malah, saat bayi bersendawa dengan diiringi gumoh (mengeluarkan kembali sebagian makanan yang masuk ke dalam tubuh) sistem pencernaannya justru mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Manfaat Bersendawa untuk Bayi

Nah, berikut ini beberapa manfaat bersendawa untuk kesehatan buah hati yang perlu Mama ketahui:

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Saat si kecil minum susu dari botol, tentunya banyak udara yang turut masuk ke dalam tubuhnya. Jika angin tersebut tidak kunjung dikeluarkan, maka bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti masuk angin. Bukan hanya itu, angin yang tak bisa keluar dari tubuh juga akan mengganggu sistem pencernaan buah hati tersayang. Oleh karena itu, sendawa justru baik untuk mengeluarkan angin dari dalam tubuh bayi.

  1. Mencegah Kolik

Kolik merupakan gangguan kesehatan di mana perut terasa penuh dan sakit akibat ada angin yang terperangkap di dalamnya. Tak hanya banyak menyerang orang dewasa, penyakit ini juga sering dialami si kecil akibat posisi menyusu yang kurang tepat.

Kolik memang tidak memiliki efek berbahaya, namun buah hati yang merasakan sakit pada perutnya akan menjadi rewel dan tidak nafsu makan. Nah, sendawa bisa membantu mengeluarkan angin dari dalam perut dan menghindarkannya dari kolik.

Baca juga: Kenali Lebih Jauh tentang Kolik pada Bayi
  1. Upaya agar Si Kecil Bisa Tidur Lebih Nyenyak

Saat terlalu banyak angin atau udara yang masuk ke dalam tubuh, si kecil jadi terus menangis akibat rasa tak nyaman yang menyiksa. Hal ini tentu akan membuat si kecil sulit tidur dan bisa berakibat buruk pada kesehatannya. Dengan bersendawa, si kecil bisa tidur lebih pulas dan Mamapun terbebas dari masalah bayi rewel.

  1. Agar Bayi Lebih Sehat dan Aktif

Bukan hanya angin berlebihan yang masuk ke dalam tubuh saja yang membuat perut terasa sakit. Gas yang ada di lambung sebagai hasil sampingan proses pencernaan juga bisa memicu kolik. Jika gas ini sudah dikeluarkan saat buah hati buang angin dan bersendawa, maka iapun akan merasa lebih nyaman dan bebas bergerak.

Nah, sekarang Mama sudah tahu, ‘kan, pentingnya sendawa untuk buah hati tersayang? Mama tak perlu khawatir lagi jika si kecil bersendawa selepas menyusu. Malah, sangat dianjurkan untuk memastikan atau bahkan menyendawakan bayi tiap 10 ml susu yang dikonsumsinya.

Cara Menyendawakan Bayi Setelah Menyusu

Jika si kecil tak kunjung sendawa, Mama bisa mencoba cara menyendawakan bayi setelah menyusu berikut ini:

  1. Siapkan sapu tangan atau handuk kecil. Letakkan pada bahu Mama untuk menahan muntahan susu.
  2. Gendong si kecil menghadap belakang dengan bertopang pada bahu Mama.
  3. Tegakkan tubuhnya dan biarkan kepalanya bersandar pada bahu Mama.
  4. Elus-elus lembut punggung si kecil dengan menggunakan satu tangan, sementara tangan yang lain menahan tengkuk dan bokongnya.
  5. Lakukan hingga si kecil bisa bersendawa.

Selain itu, Mama juga bisa melakukan cara menyendawakan bayi dengan posisi tengkurap. Berikut caranya:

  1. Telungkupkan si kecil di pangkuan Mama.
  2. Topang dadanya dengan tangan agar kepala si kecil lebih tinggi dari tubuhnya.
  3. Elus-elus bagian punggungnya hingga ia bersendawa.

Saat melakukan gerakan tersebut, pastikan Mama berhati-hati, ya. Jangan sampai tubuh buah hati justru menjadi tidak nyaman dan membuatnya menangis. Selamat mencoba, Ma!

Artikel Terkait