KESEHATAN
10 Oktober 2019

Jangan Remehkan Luka Tergores: Ini Jenis, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Bagaimana merawatnya?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Luka tergores atau lecet tidak hanya terasa perih, namun juga mengganggu penampilan.

Ya, benar! Kadang luka lecet memang merepotkan. Apalagi, kalau goresannya cukup lebar. Selain perihnya menyebar, juga tak nyaman dipandang mata.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya yang tepat? Adakah pilihan obat luka tergores yang bisa mempercepat penyembuhannya?

Baca Juga: 7 Tips Merawat Luka Bekas Operasi Caesar

Aneka Jenis Luka Tergores

Unknown.jpeg

Foto: ajp.com.au

Kulit, organ terbesar pada tubuh manusia, penting untuk melindungi tubuh dari lingkungan sekitar. Semisal kuman, bakteri, panas, bahaya fisik, dan lain-lain. “Namun, saat kulit mengalami goresan yang banyak dan sering, atau Anda terjatuh dan kulit tergores aspal atau benda keras lainnya, iritasi di kulit akan menyebabkan luka gores,” kata Dr Chelsea Mann, dokter keluarga dari Mayo Clinic.

Bicara luka gores, keparahannya bisa berbeda-beda. Tergantung dalamnya luka, atau bagian kulit mana saja yang terkena goresan. Namun, luka gores paling sering terjadi di paha, ketiak, selangkangan, dan puting susu.

Lecet berawal dari iritasi kecil pada kulit dan pada akhirnya berkembang menjadi goresan. Goresan akan bertambah besar dan dalam, masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam.

“Lapisan kulit ini terbentuk atas jaringan hidup, kapiler, ujung saraf, dan lain-lain. Jika lapisan ini rusak, kulit akan terasa sakit,” ucap Dr Mann.

Baca Juga: Ini 5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka

Apa Saja Penyebab Luka Gores di Kulit?

benarkah ludah bisa sembuhkan luka hero

  • Bersepeda dan lari dapat menyebabkan lecet di selangkangan karena gesekan antara kulit yang lembap berkeringat dan pakaian akibat gerakan yang berulang.
  • Obesitas.
  • Menyusui dapat menyebabkan lecet pada puting.
  • Penggunaan popok.
  • Memakai pakaian yang terlalu ketat ketika udara dan cuaca sedang panas dan lembap.

Cara Mengobati Luka Tergores

kaki lecet

Meski awalnya kecil, luka tergores bisa makin memburuk dan mengganggu jika tidak diobati. Jadi, jangan mengabaikannya. Bersihkan area yang lecet dengan lembut dengan air dan keringkan secara menyeluruh. Setelah area tersebut dibersihkan, oleskan petroleum jelly.

Baca Juga: Luka Lecet Karena Bra Berkawat, Ini Cara Mengobatinya

Nah, Moms. Itulah serba-serbi luka tergores yang sangat mengganggu. Rawat dengan lebih seksama, ya, agar tidak memburuk.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait