GAYA HIDUP
6 Februari 2020

5 Cara Memilih Menstrual Cup yang Tepat, Jangan sampai Salah!

Kini pemakaian menstrual cup semakin marak. Bagaimana memilih menstrual cup yang tepat?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Menstrual cup dipercaya sangat ramah lingkungan dan menjadi alternatif yang dipakai banyak perempuan saat datang bulan. Dengan memakai menstrual cup, penggunaan pembalut sekali pakai yang pada akhirnya menjadi limbah pun dapat berkurang.

Di balik manfaatnya tersebut, masih banyak juga yang merasa khawatir untuk memakai menstrual cup.

“Memang memerlukan beberapa percobaan dan kesalahan untuk membiasakan diri agar nyaman. Kebanyakan orang tidak merasakan sedang memakai menstrual cup sama sekali jika benda itu berada di tempat yang tepat,” ujar Alyssa Dweck, MD, seorang obgyn di Westchester, New York.

Cara Memilih Menstrual Cup yang Tepat

Memilih menstrual cup yang tepat bermuara pada beberapa faktor penting. Jika Moms sedang berburu menstrual cup, berikut 5 cara memilih menstrual cup yang tepat!

1. Perhatikan Anatomi Tubuh

Cara memilih menstrual cup yang tepat.jpg

Cara memilih menstrual cup yang pertama adalah perhatikan anatomi tubuh. Apa hubungannya menstrual cup dengan anatomi tubuh? Untuk menemukan menstrual cup yang tepat, Moms harus terlebih dahulu mengenal anatomi tubuh sendiri.

Bagi Moms yang bertubuh kecil, sebaiknya memilih menstrual cup yang berukuran kecil pula. Pemilihan menstrual cup juga bisa didasarkan pada apakah seorang perempuan pernah melahirkan vaginal dan telah berhubungan seks aktif atau belum.

Ketika melahirkan otot vagina merenggang dan mengendur. Hal ini bisa menyebabkan vagina berubah bentuk. Sehingga untuk yang pernah melahirkan secara vaginal, lebih tepat memilih cup yang lebih besar sehingga menstrual cup akan berada di posisi yang tepat.

Dikutip dari Youngwomenshealth.org, cup dengan ukuran lebih besar direkomendasikan untuk perempuan berusia di atas 30 tahun yang pernah melahirkan normal.

Baca Juga: Mengenal Menstrual Cup, Apa Keuntungan dan Cara Menggunakannya?

2. Bahan Material Menstrual Cup

Cara memilih menstrual cup yang tepat 2.jpg

Cara memilih menstrual cup yang selanjutnya adalah mengecek bahan material menstrual cup. Moms juga harus memperhatikan bahan dasar material pembuatan menstrual cup yang dipilih.

Jika Moms memiliki alergi terhadap lateks atau bahan karet, ada baiknya Moms memilih menstrual cup bebas lateks dan hipoalergenik.

Selain itu, ada juga produsen menstrual cup yang membuat dengan bahan 100 persen medical grade silikon. Nah, mungkin menstrual cup ini cocok untuk Moms yang juga punya alergi dan kulit sensitif.

3. Ukuran Menstrual Cup

Cara memilih menstrual cup yang tepat 3.jpg

Cara memilih menstrual cup yang selanjutnya adalah perhatikan ukurannya. Menstrual cup yang ada di pasaran terdiri dari beragam ukuran, ada yang kecil, medium, hingga ukuran besar pada cup-nya. Kebutuhan tiap perempuan bisa saja berbeda dalam menentukan ukuran yang pas.

Penting juga untuk mengetahui berapa banyak darah yang bisa ditampung oleh menstrual cup yang Moms pilih. Pada beberapa perempuan, meski telah menggunakan kapasitas besar, tetap harus mengosongkannya lebih sering untuk mencegah kebocoran.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Perbedaan Pembalut, Tampon, Menstrual Cup, dan Panty Liner

4. Ketahui Cara Membersihkannya dengan Benar

Cara memilih menstrual cup yang tepat 4.jpg

Cara memilih menstrual cup yang selanjutnya adalah pahami cara membersihkannya. Memahami cara membersihkan menstrual cup yang Moms beli dengan benar dapat memastikannya tetap bebas bakteri dan kuman.

Selain itu dapat memperpanjang umur menstrual cup itu sendiri.

Pada umumnya sebagian besar menstrual cup dapat dicuci dengan sabun dan air saja. Namun ada juga beberapa produk yang mengharuskan untuk mensterilisasinya.

5. Merek Menstrual Cup

Cara memilih menstrual cup yang tepat 5.jpg

Cara memilih menstrual cup yang selanjutnya adalah perhatikan merek menstrual cup. Reputasi sebuah brand juga bisa berpengaruh dalam membeli suatu produk. Moms dapat mempertimbangkan merek yang punya kualitas terjamin sebelum membeli menstrual cup.

“Namun, sebaiknya tidak membeli menstrual cup berdasar apa yang ‘trendi’ atau hanya atas nama merek dan kemasannya. Ini benar-benar harus menjadi sesuatu yang spesifik untuk kebutuhan siklus menstruasi dan anatomi Anda,” saran dr. Jessica Shepherd, seorang doketr bedah ginekologi di Baylor University Medical Center.

Baca Juga: Cara Merawat Kebersihan Miss V Saat Menstruasi

Apakah Moms sudah mulai berpikir untuk beralih menggunakan menstrual cup? Semoga beberapa tips di atas bermanfaat sebelum memilih mentrual cup yang tepat, ya, Moms!

(DI/ERN)

Artikel Terkait