TREN
28 Juli 2019

Ingin Beli Smartwatch untuk Anak? Pertimbangkan 3 Hal Berikut Ini!

Penting untuk mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum menuruti keinginan anak
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Di zaman serba modern ini, semua benda beralih fungsi menjadi serba modern. Bahkan jam tangan konvensional pun mulai berubah bentuk menjadi berbasis teknologi, smartwatch namanya.

Selain karena segala kecanggihan yang ditawarkan, tampilannya yang keren pun mampu merebut perhatian Si Kecil. Makanya banyak anak-anak merengek, minta dibelikan smartwatch.

Bagi orang tua, mungkin jam ini akan sangat berfungsi, karena dapat membantu mereka memantau posisi anak di mana, juga melakukan panggilan telepon, hingga video dengan Si Kecil.

Namun, Moms jangan terburu-buru membelikan anak smartwatch. Dikutp dari wearabletechnologyadvisor.com, ada beberapa hal yang perlu Moms pertimbangkan.

Apa saja pertimbangan yang harus orang tua pikirkan sebelum membelikan anak smartwatch?

Baca Juga: 3 Tips Agar Anak Aman Bermain di Luar

1. Pertimbangkan Usia Anak

kids-smart-watches-670x335.jpg

Foto: Makeuseof.com

Sebelum membelikan anak smartwatch, kita sebagai orang tua harus mempertimbangkan dulu usia anak sebelum membelikannya smartwatch. Jika masih terlalu kecil, rasanya tidak tepat membelikan anak smartwatch.

Si Kecil yang masih balita atau berada di usia TK, rasanya belum cocok bila dibelikan smartwatch. Kebutuhan akan bermain dengan teman-teman masih sangat diperlukan.

Bahkan bermain bersama teman baik di lingkungan outdoor maupun indoor sangat mereka butuhkan, karena sangat membantu dalam proses tumbuh kembang anak nantinya.

2. Memperhatikan Kebutuhan Anak

32660-original.jpg

Foto: Wareable.com

Jangan karena hanya ingin mengikuti tren, Moms menuruti keinginan anak untuk punya smartwatch. Fungsi utama smartwatch berfokus pada komunikasi, ada baiknya Moms pertimbangkan apakah komunikasi antara anak dan orang tua kini agak sulit?

Jika jawabannya tidak, maka Moms tahu apa yang harus dilakukan. Jika jawabannya benar, maka membelikan anak smartwatch bisa menjadi solusi yang tepat, namun orang tua harus tetap mengawasi penggunaannya pada anak, ya.

Baca Juga: Tak Disangka, Ini 5 Keuntungan Jika Anak Sering Bermain di Luar Rumah

3. Pertimbangkan Masalah Privasi

29729-original.jpg

Foto: Wareable.com

Beberapa dari kita mungkin mempertimbangkan masalah privasi dan keamanan di sekitar anak saat akan membelikan smartwatch.

Misalnya Norwegian Consumer Council (NCC), telah menganalisis hak-hak konsumen dalam empat jam tangan pintar untuk anak-anak dan menarik kesimpulan bahwa tiga dari empat jam tangan yang dianalisis gagal dalam aspek keamanan dan privasi.

Itulah beberapa hal yang harus orang tua pertimbangkan sebelum membelikan Si Kecil. Ingatlah untuk membelikan anak smartwatch, kita juga harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Jadi apa keputusan Moms?

Artikel Terkait